Peringatan Kemerdekaan HUT ke-76 Republik Indones...
Read MoreNah, teman-teman berikut rangkuman 5 YouTube Chan...
Read MorePada TKK 1 PENABUR, pada term 1 kelas TK A memili...
Read More
Scratchrobo adalah tempat dimana saya bisa berkreasi dan belajar bersama teman-teman dengan menggunakan berbagai macam teknologi. Saya tertarik dengan ekstrakurikuler ini karena memiliki minat di bidang teknologi, terlebih yang berhubungan dengan robot dan mesin.
Pada ekstrakurikuler ini saya diajarkan untuk menggunakan micro:bit dan Scratch For Arduino. Saya juga diberi petunjuk pada buku untuk membuat suatu project, seperti bagaimana merakit struktur robot ataupun alat yang telah didesain. Lalu, saya diberi petunjuk mengenai kode program agar tujuan dari alat tersebut dapat dijalankan dengan lancar.
Saya dan teman-teman tentu pernah mengalami masalah dan keputusasaan dalam menjalankan project scratchrobo. Seperti ketidaksesuaian alat dan bahan, hasil tidak sesuai dengan desain, kode yang bermasalah, mesin tidak berfungsi dengan baik, dan misi yang dijalankan tidak dapat tercapai. Untungnya, ada guru pendamping yang siap membantu untuk memecahkan masalah, mencari solusi bersama, dan mengkaji ulang kesalahan yang terjadi, sehingga menjadikan hal tersebut sebagai refleksi untuk membua project ke depannya.
Untuk menghasilkan sebuah karya yang maksimal, tentu dibutuhkan kerja sama dan komunikasi antar teman dan juga guru. Kami akan membagi tugas sesuai dengan bakat yang dimiliki masing-masing pribadi, lalu mulai berkomunikasi bagaimana menyelesaikan project ini yang memacu kemampuan berpikir kritis. Setelah selesai, kami akan menguji coba hasilnya bersama-sama. Komunikasi dalam kelompok sangatlah penting dalam membuat project. Maka, saya dan teman-teman terus membangun relasi yang positif dan selalu menghargai pendapat satu sama lain.
Menurut Susan Riley, pendiri Institute for Arts Integration and STEAM, STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) adalah pendekatan pendidikan untuk pembelajaran yang menggunakan Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika sebagai titik akses untuk memandu penyelidikan, komunikasi, dan pemikiran kritis siswa.
Pada ekstrakurikuler scratchrobo juga diterapkan STEAM, seperti pengertian rangkaian mesin dan alat block, kode pemrograman blok ataupun javascript, perhitungan dan pemecahan masalah saat membuat project, dan juga desain luar bagian robot agar dapat menarik perhatian audience.
Saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dan pengetahuan setelah mengikuti ekstrakurikuler scratchrobo. Saya belajar bagaimana memecahkan suatu masalah yang berhubungan dengan mesin, pemrograman, logika, dan komunikasi. Selain itu, saya juga mendapat pengalaman seru dan menyenangkan karena membuat banyak alat dan kreasi unik, seperti alat detektor metal, mobil dengan berbagai tambahan sensor, laba-laba robot, berbagai gim interaktif yang juga bisa dipakai untuk pembelajaran, sensor suara untuk kode morse, hewan robot tiruan dengan fungsi seperti hewan, menyirami tanaman secara otomatis, serta mendeteksi tanaman tersebut, dan masih banyak lagi project-project menarik lainnya yang dapat diciptakan lewat ekstrakurikuler scratchrobo.
Kimberly Sidharta Lie – SMPK 2 PENABUR
***
Mari bergabung di BPK PENABUR Jakarta https://psbjakarta.bpkpenabur.or.id/
Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur
© 2019 YAYASAN BPK PENABUR