SMA Kristen PENABUR Summarecon Bekasi adalah sekolah menengah Kristen di Kota Bekasi yang bernaung di bawah Yayasan Badan Pendidikan Kristen PENABUR Jakarta. Yayasan Badan Pendidikan Kristen (BPK) PENABUR merupakan yayasan pendidikan yang didirikan pada tanggal 19 Juli 1950 di Bandung dan berada di bawah naungan Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Barat.

 

Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat terutama generasi muda Kota Bekasi agar dapat memperoleh pendidikan menengah yang baik, berkualitas dan sarat dengan pendidikan karakter Kristiani maka pada bulan Juli, Tahun Pelajaran 2013/2014, Yayasan BPK PENABUR Jakarta mendirikan SMA Kristen PENABUR Summarecon Bekasi atau yang biasa disingkat dengan ASB, yang awalnya berlokasi di Kompleks PENABUR Agus Salim Bekasi, Jl. H. Agus Salim Gg. Inpres No.37 A, Kota Bekasi, Jawa Barat. Dimana jenjang SMP dan SMA masih dipimpin oleh satu orang kepala sekolah, yaitu Bapak Hendro S. Lumbanraja, S.Th., M.Pd.

 

Pada waktu itu jenjang SMA terdiri dari satu kelas MIPA dan satu kelas IPS. Kegiatan pembelajaran masih berada dalam situasi keterbatasan sarana dan prasarana yang digunakan secara bersama dengan jenjang TK, SD dan SMP. Tahun 2015, Kompleks PENABUR Summarecon Bekasi akhirnya pindah ke Jalan Bulevar Utara No.001, RT.006/RW.002, Marga Mulya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat, dengan menempati gedung baru yang sangat memadai serta fasilitas penunjang pendidikan yang lengkap untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

 

Keberadaan SMA Kristen PENABUR Summarecon Bekasi yang memperoleh Akreditasi A pada Oktober 2016, melengkapi jenjang pendidikan TK, SD dan SMP di Kompleks PENABUR Summarecon Bekasi, dimana setiap jenjang memiliki kepala sekolah yang berbeda.  

 

Adapun kepala SMA Kristen PENABUR Summarecon Bekasi yang menjabat hingga kini adalah sebagai berikut :

 

Periode

Nama Kepala Sekolah

2013-2018

Hendro S. Lumbanraja, S.Th., M.Pd.

2018-Sekarang

Rugun DS. Tampubolon, M.Pd.

 

Membentuk generasi BEST (Be Tough, Excel Worldwide, Share with Society, Trust in God), merupakan tujuan dari pendidikan yang dilakukan sekolah, dimana hal ini akan dicapai melalui pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Kristiani, yang mengusung motto "Menjadi Manusia bagi Sesama" sebagai ciri khas pendidikan karakter sekolah. Oleh karena itu, seluruh program dan kegiatan yang ada ditujukan untuk membentuk manusia yang tangguh yaitu memiliki semangat pantang menyerah, berwawasan luas, peduli kepada sesama, dan mengandalkan Tuhan dalam setiap aspek kehidupan, memacu perkembangan akademis dan non akademis siswa agar mampu " Menjadi Manusia bagi Sesama", seperti yang tercantum dalam visi dan misi sekolah.

 

Kurikulum yang digunakan SMA Kristen PENABUR Summarecon Bekasi adalah Kurikulum Nasional, yaitu pada tahun 2013-2014 menerapkan kurikulum 2006, dan pada bulan Juli 2014 hingga saat ini menerapkan Kurikulum 2013.

 

SMA Kristen PENABUR Summarecon Bekasi dibimbing oleh tenaga pendidik yang baik dan profesional. Berbagai prestasi telah diraih oleh para peserta didik, mulai dari tingkat PENABUR setempat, Kota Bekasi, Jabodetabek, hingga tingkat Provinsi baik secara akademik maupun non akademik. Beberapa prestasi yang telah dicapai oleh peserta didik adalah sebagai berikut:

  • Pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi, meraih juara 2 (dua) untuk lomba Poster Desain.
  • Tahun 2016, meraih peringkat 5 (lima), pada seleksi Olimpiade Sains Kota (OSK), untuk mata pelajaran Kimia
  • Tahun 2017, meraih peringkat 2 (dua), pada seleksi Olimpiade Sains Kota (OSK), untuk mata pelajaran Ekonomi
  • Tahun 2016, salah satu peserta didik meraih nilai UN tertinggi se-Kota Bekasi dan nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi peringkat 2 (dua) se-Jawa Barat.
  • Pada UN tahun pelajaran 2016/2017: Jurusan IPA, dengan rata-rata UN peringkat 3 (tiga) se-Kota Bekasi ; Jurusan IPS, rata-rata UN peringkat 5 (lima) se-Kota Bekasi

Para lulusan SMA Kristen PENABUR Summarecon Bekasi, melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), sekolah kedinasan, beasiswa di Perguruan Tinggi Swasta (PTS), maupun beasiswa luar negeri.

 

Saat pandemi Covid-19, Senin, 2 Maret 2020, Bapak Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa 2 (dua) warga negara Indonesia terinfeksi Covid-19, maka pada tanggal 18 Maret 2020, sesuai dengan arahan pemerintah, SMA Kristen  PENABUR Summarecon Bekasi mulai menjalani pembelajaran dari rumah sampai selesai T.P. 2019-2020, serta Penilaian Akhir Semester (PAS) ditiadakan.

 

Memasuki T.P. 2020-2021, karena pandemi Covid-19 masih berlanjut, Home learning yang kemudian disebut Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tetap berlangsung, hingga saat ini. Walaupun pembelajaran dilakukan dari rumah masing-masing, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan selalu mengupayakan pelayanan yang optimal agar kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan baik.

 

 

Choose Your School