Sekolah Kristen BPK PENABUR Terbaik & Favorit di Bogor

Pentingnya Memilih SMA yang Tepat

Article BPK PENABUR Bogor - 24 May 2022

Hai generasi BEST kelas 9! Tak terasa sebentar la...

Read More

Pentingnya Memilih SMA yang Tepat

Article BPK PENABUR Bogor - 24 May 2022

Hai generasi BEST kelas 9! Tak terasa sebentar lagi kalian akan beranjak dari seragam putih biru dan akan beralih mengenakan putih abu! Tentu di antara kalian ada yang sudah mendapatkan sekolah SMA impian bukan? Atau ada juga beberapa yang masih menimbang-nimbang dalam memilih SMA yang kalian atau orang tua inginkan. Nah, karena jenjang SMA merupakan jenjang terakhir di masa sekolah kalian, tentu kalian ingin memilih sekolah yang tepat yang dapat juga mengarahkan dan membantu kalian masuk ke perguruan tinggi impian nantinya. 

Simak yuk beberapa tips dalam memilih SMA yang tepat! 

1. Jarak atau lokasi yang Strategis 

Bukan hanya dalam membeli rumah loh untuk memilih lokasi strategis. Memilih sekolah juga perlu loh untuk riset terlebih dahulu jarak serta lokasinya. Kalian bisa cek sekolah-sekolah yang mungkin jaraknya masih terjangkau dari rumah kalian, dan aksesnya pun mudah. Hal ini supaya kalian dapat mengatur waktu perjalanan ke sekolah dengan baik, sehingga tetap disiplin waktu atau tidak terlambat ya!

2. Diskusi dengan orang tua

Jangan lupa ya, diskusi dengan orang tua juga penting dalam menentukan pilihan SMA kalian. Kalian bisa minta saran dan arahan dari orang tua, sehingga kalian tidak salah dalam melangkah. 

3. Pilih sekolah yang memiliki fasilitas penelusuran minat dan bakat 

Jenjang SMA merupakan jenjang terakhir di sekolah, dan nantinya kalian akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Tentu dalam menentukan perguruan tinggi, kalian tidak dapat melakukannya sendirian. Pasti membutuhkan bantuan dari guru, terkhusus dari guru BK yang biasanya akan membantu kalian untuk melihat lebih dalam passion serta bakat dan minat kalian di bidang apa. Nantinya, kalian dapat berkonsultasi dengan guru BK yang ada di SMA mengenai jurusan serta perguruan tingginya. 

4. Pilih SMA yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler 

Ekstrakurikuler juga menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam memilih SMA loh! Melalui kegiatan ekstrakurikuler, kalian dapat explore minat, bakat serta hobi kalian. Dan mungkin kalian bisa menorehkan prestasi dari ekstrakurikuler yang kalian ikuti. Hal ini bisa untuk membantu kalian mengembangkan hobi kalian loh! So, pilih SMA yang memiliki pilihan beragam kegiatan ekstrakurikuler ya!

5. Pilih SMA yang memiliki kerja sama dengan beberapa universitas atau perguruan tinggi 

Jangan lupa untuk memilih sekolah yang memiliki kerja sama atau rekomendasi universitas dan perguruan tinggi untuk nanti kalian melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

6. Pilih SMA yang memiliki program sekolah yang baik 

Setiap sekolah pasti memiliki program unggulan. Maka, hal ini perlu diperhatikan sebelum kalian memilih SMA ya! Kalian bisa tanyakan atau riset terlebih dahulu program unggulan yang dimiliki SMA tujuan kalian. 

7. Lingkungan belajar yang nyaman

Selama belajar 3 tahun di SMA, tentu kalian menginginkan lingkungan belajar yang baik dan nyaman. So, kalian bisa melakukan visit atau survey secara langsung ke sekolah tujuan kalian untuk melihat fasilitas dan lingkungannya. 

Nah, itu dia beberapa tips yang dapat kalian perhatikan dalam memilih SMA! So, jangan sampai salah pilih ya! 

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Bogor

Article BPK PENABUR Bogor - 24 May 2022
Pentingnya Memilih SMA yang Tepat