Artikel

Kecil Dan Sederhana (Penerapan PKBN2K dalam kehidupan sehari-hari)


 

Oleh: Ira yulianti, S.Psi., M.Psi.

 

Sesuatu yang kecil dan sederhana seringkali dianggap remeh, tidak berarti, tidak berguna dan diabaikan. Orang lebih suka berfokus pada yang besar, mewah, gemerlap dan “wow” karena lebih keren, lebih eye-catching, lebih tampil serta terkenal. Itulah kecenderungan manusia. Lebih suka yang besar daripada yang kecil, lebih suka yang mewah daripada yang sederhana. Tidak salah, namun hari ini justru kita akan belajar tentang sesuatu yang kecil, remeh dan sederhana.

Di dalam Alkitab dikatakan “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar” (Lukas 16:10a). Wah kok bisa ya? Justru Tuhan Yesus meminta kita bertanggung jawab pada hal-hal yang kecil dan sederhana. Betul sekali, ketika kita bisa setia, bisa tekun, bertanggung jawab, rajin, dan jujur pada hal-hal yang kecil maka sebetulnya kita sedang belajar untuk bersiap-siap. Jika suatu saat kita diberi tanggung jawab yang lebih besar, kita sudah terbiasa dan siap menghadapinya. Contohnya, ketika kita mendapat satu tugas apakah kita langsung mengerjakan atau menundanya hingga malam hari saat sudah mengantuk? Atau menunggu saat batas waktu pengumpulan sudah hampir habis? Bayangkan, bila kita diberikan satu pekerjaan dan tidak kita selesaikan dengan baik, bagaimana bila kita sudah lebih dewasa dan diberikan pekerjaan yang lebih banyak? Tentu kita akan kewalahan, tidak siap dan akhirnya menjadi stress.

            Nah, berikut ide-ide kegiatan kecil, sederhana dan terkadang dianggap remeh, namun bila dibiasakan maka akan membantu kita menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

  1. Mengerjakan tugas dengan segera, tidak banyak menunda dan mencari alasan.
  2. Melakukan tugas kita dengan sadar, tidak perlu banyak diingatkan atau ditagih-tagih.
  3. Membereskan peralatan pribadi setiap hari (tempat tidur, tas, pakaian, peralatan makan, kamar, dan barang pribadi lainnya).
  4. Meletakan barang-barang ditempatnya.
  5. Mengembalikan barang yang kita pinjam dari orang lain.
  6. Menyimak dengan baik ketika sedang dijelaskan dan mengingat apa yang sudah dijelaskan.
  7. Membaca dengan sungguh-sungguh penjelasan tugas atau pengumuman yang diberikan sehingga tidak salah mengerjakan tugas.
  8. Menyimpan dengan baik barang-barang/kertas kerja/dokumen/file yang penting.
  9. Menepati janji yang sudah kita ucapkan.
  10. Tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, kedatangan dalam suatu acara, hadir dalam kelas online maupun kelas onsite, hadir dalam kebaktian di gereja, hadir dalam rapat, dan lain-lain.

 

Yuk, para siswa, Bapak/Ibu guru maupun papa mama, kita bersama-sama belajar membiasakan diri untuk bertanggung jawab terhadap hal-hal kecil dan sederhana. Tuhan  Yesus memberkati!