Organisasi Intra Sekolah (OSIS)

 

OSIS adalah kepanjangan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Organisasi ini berada di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam strukturnya, pengurus dipilih sendiri oleh siswa dalam lingkup sekolah dengan tujuan untuk mencapai tujuan dan keterampilan tertentu serta memupuk nilai organisasi dan musyawarah dalam sebuah kelompok.
Kepengurusan OSIS memiliki seorang pembimbing yakni para guru yang dipilih dari pihak sekolah yang memang memiliki keterampilan dalam bidang tertentu.

 

Pengertian logo OSIS :

  1. Warna kuning sendiri diartikan sebagai warna kehormatan yang agung.
  2. Bunga bintang sudut 5 & 5 kelopak daun bunga sebagai simbol dari generasi muda dan kemurnian jiwa yang berintikan Pancasila.
  3. Lambang buku terbuka identik dengan belajar keras menuntut ilmu.
  4. Kunci pas melambangkan i kemauan bekerja keras dan rasa percaya diri pada kemampuan diri sendiri.
  5. Biduk diartikan sebagai masa depan yang lebih baik sedang pelangi merah putih melambangkan tujuan nasional berupa cita-cita menuju masyarakat yang adil dan makmur.
  6. 17 butir padi, 8 lipatan pita dan 4 buah kapas serta 5 daun kapas menunjukkan angka keramat momen kemerdekaan Indonesia yakni 17 Agustus 1945.

 


Sejarah OSIS

Pada tahun 1970 s. d. tahun 1972, timbullah keinginan pemimpin organisasi siswa untuk menghindari perpecahan antarorganisasi di dalam dan luar sekolah melalui arahan dari pimpinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Pembentukan organisasi ini bertujuan untuk menyiapkan orang-orang terpilih di usia belia untuk usaha perjuangkan bangsa berupa pelatihan kepemimpinan, keterampilan, daya kreasi, kesegaran jasmani, patriotisme, dan idealisme.
Pemerintah dalam hal ini berperan besar menetapkan nama organisasi menjadi OSIS dengan empat jalur pembinaan siswa yakni; organisasi kesiswaan, latihan kepemimpinan, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan wawasan wiyatamandala.

 

Bidang Kerja OSIS

  • BPH (Badan Pengurus Harian) adalah suatu inti dari pengurus OSIS. Badan ini beranggotakan ketua OSIS, wakil ketua OSIS, sekretaris 1, sekretaris 2, bendahara 1, dan bendahara 2. Tugasnya adalah memastikan, mengarahkan, dan membantu para koordinator bidang dalam melaksanakan program kerja.Terdapat beneraoa bidang arahan kerja dalam organisasi ini.
  • Bidang 1 adalah seksi pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, salah satu tugasnya adalah memperingati hari-hari besar keagamaan dan membina toleransi kehidupan antar umat beragama. Beberapa program bidang 1 adalah mempersiapkan ibadah bulanan, kebaktian, dan story berisi ayat alkitab.
  • Bidang 2 adalah seksi Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia, tugasnya adalah melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah serta Menumbuhkembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap
    sesama. Program dari bidang ini salah satunya adalah spill the tea.
  • Bidang 3 adalah seksi Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara. Tugasnya adalah mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan para pahlawan serta melaksanakan kegiatan bela negara. program-programnya adalah mengadakan quiz kebudayaan Indonesia, perayaan sumpah pemuda, dan menyanyikan lagu Indonesia raya/daerah.
  • Bidang 4 adalah seksi pembinaan prestasi akademik, seni, atau olahraga sesuai bakat dan minat. Tugasnya adalah mengadakan seminar dan mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian. Program valentine, quote of the week, dan juga motivation training adalah program bidang ini.
  • Bidang 5 adalah seksi pembinaan demoksrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural. Tugasnya adalah melaksanakan latihan kepemimpinan siswa dan melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru(pls). Programnya adalah Leadership camp, mpls2b, dan seleksi wawancara osis.
  • Bidang 6 adalah seksi pembinaan kreativitas, keterampilan, dan kewirausahaan. Tugasnya adalah melaksanakan praktek kerja nyata dan meningkatkan keterampilan siswa. Programnya adalah secret admirer, koperasi, dan foodpreneur day.
  • Bidang 7 adalah seksi pembinaan kualitas jasmani, kesehatan, dan gizi yang berdasarkan sumber gizi yang terdiversifikasi. Tugasnya untuk melaksanakan hidup aktif, perilaku hidup bersih, dan pencegahan penyalahgunaan narkotika serta narkoba. Programnya adalah penyuluhan napza, world aids day, dan mental health matters.
  • Bidang 8 adalah seksi pembinaan sastra dan budaya, tugasnya untuk meningkatkan daya cipta sastra dan apresiasi budaya. Programnya adalah intuisi literasi, bahtera, dan podcast generasi 8.
  • Bidang 9 adalah seksi pembinaan teknologi informasi dan komunikasi, tugasnya adalah menjadikan TIK sebagai wawasan kreativitas dan inovasi serta meningkatkan integritas kebangsaan. Programnya adalah lomba design banner chinese new year, PGS social media, dan website osis.
  • Bidang 10 adalah seksi pembinaan komunikasi dalam bahasa inggris, tugasnya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dengan mengadakan kegiatan ataupun lomba. Lomba story telling adalah salah satu programnya.

Choose Your School