Bina Iman SMA 2022 “Dari Best Alumni untuk B.E.S.T. Alumni "

Kegiatan Osis SMAK - 31 March 2022

Dipenghujung tahun pelajaran sebelum para siswa kelas XII menghadapi Ujian Nasional atau Ujian Sekolah, sekolah mengadakan retreat dan dilaksanakan di luar sekolah. Kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu oleh para siswa karena mereka dapat melakukan kegiatan bersama teman satu angkatan beserta guru dan menginap di suatu tempat. Sejak pandemik melanda, kegiatan di luar sekolah, seperti retreat tidak dapat dilakukan. Alternatif pembinaan yang dilakukan oleh SMA Kristen BPK PENABUR Sukabumi dalam mempersiapkan para calon lulusan adalah melalui Bina Iman yang dilakukan secara daring.

Bina Iman yang bertajuk “Dari Best Alumni untuk B.E.S.T. Alumni ini dilaksanakan pada 31 Maret – 1 April 2022. Para pembicara pada Bina Iman tersebut adalah para alumni dari SMA Kristen BPK PENABUR Sukabumi yaitu Pdt. Christina Febri Untari, S.Si.(Teol.), Pdt. Audra Stivani Rumsayor, S.Si.(Teol.), Pdt. Darwin Darmawan, S.Si.(Teol.), M.A. dan Pnt. Alex Sardo Cesario Saragih, S.Si.(Teol). Setiap pembicara membagikan pengalaman hidup mereka dan kebenaran Firman Tuhan untuk para peserta Bina Iman menjadi lulusan yang B.E.S.T.

Di sesi pertama, Pdt. Christina Febri Untari membawakan tema “Be Tough”. Beliau membagikan pengalaman hidupnya dalam berjuang di tengah tantangan berdasarkan Yosua 1:1- 18. Dalam sesi ini para calon lulusan diajak untuk memahami bahwa tantangan itu ada, terlebih para calon lulusan akan memasuki babak baru dalam kehidupan mereka, tantangan kehidupan pasti akan lebih besar. Kemudian tahap selanjutnya yang harus dilakukan oleh para calon lulusan adalah membangun relasi dengan Tuhan dan senantiasa berjalan bersamaNya. Sebagai pribadi yang akan terjun ke masyarakat, para lulusan pun diingatkan untuk senantiasa hadir bagi sesama untuk dapat saling memberikan kekuatan dalam menghadapi tantangan.

Pdt. Audra Stivasi Rumsayor, S.Si.(Teol.) menyampaikan tema “Excel Worldwide” pada sesi kedua. Dalam pemaparannya, Pdt. Audra menyampaikan bahwa berharganya seorang pribadi diukur dari “isi” yang dimiliki pribadi tersebut, bukan semata – mata tampilan luar yang kasat mata. Tokoh Alkitab yang diambil sebagai teladan adalah Timotius. Timotius adalah teladan yang telah menunjukkan kualitas hidupnya sekalipun ia masih muda. Untuk menjadi pribadi yang Excel Worldwide, tidak hanya penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan bahasa serta kemampuan beradaptasi yang harus dikedepankan,  para calon lulusan pun dalam kemudaannya diajak untuk menjadi teladan dalam perkataan, tingkah laku, kasih, iman dan kemurnian hidup serta menjadikannya sebagai gaya hidup.

Para peserta Bina Iman pun mendapatkan pembelajaran bermakna mengenai “Share with Society” dari Pdt. Darwin Darmawan, S.Si.(Teol.), M.A.. Di sesi ini, para calon lulusan diperhadapkan dengan fakta keberagaman sebagai kekayaan bangsa dan konflik yang terjadi oleh karena keberagaman tersebut. Yeremia 29:7 mengingatkan para calon lulusan untuk senantiasa berkontribusi untuk masyarakat dan lingkungan di mana mereka berada. Langkah awal yang perlu dilakukan oleh para calon lulusan adalah love yourself first dan terus berproses untuk menjadi the best of me. Kesadaran akan anugerah Tuhan atas hidup kita, memampukan kita untuk dapat berbagi dengan sesama.

Sesi terakhir yang tidak kalah penting bertemakan “Trust in God” disampaikan oleh Pnt. Alex Sardo Cesario Saragih, S.Si.(Teol.) Dalam perjalanan spiritual kita, tidak dapat dipungkiri bahwa ada waktu saat kita meragukan keberadaan Tuhan dengan alasan Tuhan tidak berwujud atau Tuhan tidak mengabulkan doa kita. Pnt. Alex menegaskan bahwa keraguan tersebut bukanlah ancaman bagi iman melainkan iman itu sendiri sedang menunjukkan wajahnya yang sejati. Untuk membangun iman kepada Tuhan, para calon lulusan diajak melakukan langkah praktis yaitu untuk mencatat setiap kebaikan Tuhan yang dialami di sepanjang hidupnya. Penegasan dari Trust in God bukanlah semata – mata mengenai menjalankan ritual keagamaan melainkan tindakan iman dan kehidupan yang berdampak.

Ms. Florence Rienta Roma Hasibuan, S.Si. (Teol.) sebagai pengajar P.A.K. di SMA Kristen BPK PENABUR menutup Bina Iman ini dengan menyampaikan renungan Firman Tuhan yang merangkum keseluruhan sesi sekaligus menegaskan kembali akan profil B.E.S.T untuk para calon lulusan SMA Kristen BPK PENABUR Sukabumi.

 

 

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Seminar - 30 October 2019
Seminar SMAK BPK Penabur Sukabumi dengan Universi...
Kegiatan Osis SMAK - 24 October 2019
Social Activity LDK OSIS 2019.
Kegiatan Osis SMAK - 15 July 2020
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun A...
Kegiatan Osis SMAK - 16 December 2019
classmeeting 2019
Kegiatan Osis SMAK - 08 November 2021
Sosialisasi Program Aku Bangga Aku Tahu (ABAT)
Dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV-AID...
Kegiatan Osis SMAK - 15 July 2020
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun A...
Kegiatan Osis SMAK - 16 December 2019
classmeeting 2019
Kegiatan Osis SMAK - 08 November 2021
Sosialisasi Program Aku Bangga Aku Tahu (ABAT)
Dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV-AID...
Kegiatan Osis SMAK - 31 March 2022
Bina Iman SMA 2022 “Dari Best Alumni untuk B.E.S....
Sejak pandemik melanda, kegiatan di luar sekolah,...
PERAYAAN - 20 April 2022
Perayaan Paskah SMAK BPK PENABUR Sukabumi 2022
SMAK BPK PENABUR Sukabumi merayakan paskah bersam...

Choose Your School