Yayasan

Catatan dari Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2019

NEWS - 02 May 2019

Read More
Yayasan

Ibadah Syukur dan Perayaan HUT 7 DASAWARSA BPK PENABUR

NEWS - 18 July 2020

Read More
Yayasan

Kumpulan Artikel dan Video Inspiratif BPK PENABUR

NEWS - 11 December 2020

Read More

RETREAT NASIONAL PENGURUS YAYASAN BPK PENABUR

NEWS - 16 April 2021

Jakarta, 17 April 2021 –  Retret adalah sebuah upaya  'menepi sejenak' dari berbagai rutinitas untuk memunculkan atau menumbuhkan semangat yang baru.

 

Yayasan BPK PENABUR memandang bahwa pengurus BPK PENABUR perlu juga kembali menumbuhkan  semangat baru dalam pelayanan di dunia pendidikan di tengah-tengah jadwal pelayanan yang sangat padat. Diiringi dengan penuh ungkapan syukur, Yayasan BPK PENABUR mengadakan Retreat Nasional Pengurus Yayasan BPK PENABUR, yang dilaksanakan pada tanggal 16 - 17 April 2021 secara daring.

BPK PENABUR tidak hanya mengundang pengurus dari 15 kota, tetapi juga turut serta pengurus dari Unit Bea Siswa (UBS) BPK PENABUR, Yayasan KAUM, Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) Maranatha dan Dana Pensiun BPK PENABUR.

 

Mengangkat tema “Bangunlah, Angkat Tilammu dan Berjalanlah”, yang dikutip dari Injil Yohanes 5 : 8, memiliki makna yang mendalam bagi Pengurus BPK PENABUR dalam melakukan pelayanannya. Dalam sambutannya, Adri Lazuardi, S.H. (Ketua Umum BPK PENABUR) menyebutkan bahwa tema tersebut memiliki arti bahwa langkah pro aktif diperlukan para pengurus untuk menerjemahkan iman dalam sebuah tindakan nyata, dan Pengurus bisa menjadi contoh perubahan untuk menyatakan kemuliaan Tuhan di tempat kita melayani.

 

Momen retreat ini bisa mengikat Pengurus sebagai keluarga Kristus yang memulihkan di tengah tatanan baru dan belajar menjadi saluran berkat Tuhan yang lebih nyata dari sekadar berkata-kata dan mewujudkannya dalam tindakan pro aktif.

 

Diawali dengan rangkaian ibadah pembuka, yang dilayani oleh Pdt. Cordelia Gunawan (Sekretaris Umum BPMSW GKI SW Jabar), dalam khotbahnya yang diambil dari Injil Yohanes 5:5-8,  menceritakan seorang yang lumpuh mengalami mujizat kesembuhan dari Tuhan Yesus. Ada satu hal yang harus dipahami (ayat 8), “Bangunlah, angkat tilammu dan berjalanlah,” bahwa yang Tuhan lakukan adalah sebuah intervensi dalam kehidupan kita, dan bagaimana kita merespon dengan tindakan untuk keluar dari kenyamanan. 

Dalam pelayanan Pengurus, intervensi bisa diibaratkan sebagai sebuah kritikan, masukan bahkan ejekan, dan ketika menghadapi hal tersebut, apa reaksi kita? Seringkali kita menjadi marah dan kecewa, namun melalui retreat ini, mari membangun pelayanan kita dan jadikan sebuah “intervensi” (gangguan, kritik pedas, dsbnya) untuk membangunkan iman kita agar bertindak nyata dan keluar dari zona nyaman.  Tanggapi intervensi tersebut secara positif, jangan menjadi sensitif yang justru akan membiarkan diri kita stuck dan tidak melakukan apa-apa.

Ibadah diakhiri dengan persembahan pujian oleh siswa/i SMPK BPK PENABUR Bandung, berjudul Bangunlah, Angkat Tilammu dan Berjalanlah, karya Santoso Gondowidjojo.

 

Kegiatan retreat ini terdiri dari empat sesi dengan  berbagi materi, antara lain : (1) Sukses dan Menang dari Perspektif Bisnis, Olahraga dan Pelayanan, (2)  Kesaksian dan Pelayanan, (3) Prediksi Ekonomi dan Bisnis di Indonesia, (4)  Digitalisasi dan  Pendidikan.

Pada sesi pertama, hadir tiga orang narasumber, yang memiliki latar belakang dunia bisnis, olahraga dan kerohanian, yaitu Jahja Setiaatmadja (Presdir BCA), Ir. Eka Putra Wirya (Presdir PT. Ekatama Putra Prakarsa) dan Pdt. Darwin Darmawan, M.Th. (Wakil Sekum BPMSW GKI Jabar dan Ketua Gerakan Kemanusiaan Indonesia).

Masing-masing narasumber menyampaikan sudut pandang tentang makna sukses dan menang dari pengalaman yang dialaminya.

 

Jahja Setiaatmadja (Presdir BCA), menyampaikan arti sukses dengan melihat lambang salib, yang terdiri dari empat bagian (atas, kanan, kiri dan bawah),  berarti yang utama adalah melihat bagaimana hubungan kita dengan Tuhan dan menjadikan Tuhan sebagai kepala yang berada di atas. Namun juga perlu memperhatikan hubungan dengan orang-orang di sekitar kita, keluarga, teman, kerabat dan  juga menjaga kesehatan kita serta kondisi financial yang sedikit banyak mempengaruhi kehidupan, semuanya itu harus seimbang.

Dari sudut pandangnya, kesuksesan adalah rangkaian kegiatan yang harus dijamin sejak lama, dari satu keberhasilan ke keberhasilan lain, bagaimana mengajak tim untuk bekerjasama dengan baik , berkelanjutan dan berhasil, itu juga merupakan bagian dari kesuksesan.  Kita harus terus menatap ke depan sampai bisa memenangkan pertandingan terakhir.

 

Menurut Ir. Eka Putra Wirya (Presdir PT. Ekatama Putra Prakarsa), arti menang dari perspektif olahraga , yaitu hasil yang didapat dengan melalui suatu proses, yang tidak bisa diraih begitu saja.  Dalam keluarga, bisnis maupun dunia catur, kita harus menjaga semuanya dalam kesimbangan. Dalam dunia olahraga, kemenangan membawa dampak dalam kehidupan seseorang, di antaranya materi, penghargaan, apresiasi publik, memiliki daya tarik emosional dan berpengaruh besar pada citra diri seseorang. Dalam pertandingan untuk meraih kemenangan, kita tidak boleh mengabaikan sisi humanis dan sportivitas , karakter menjadi yang utama  dan perlu dibentuk. Ketika mengalami kekalahan, tidak perlu bersedih berkepanjangan dan ketika menang, jangan sampai menjadi ego berlebihan sehingga terbuai dengan kemenangan.

 

Pdt. Darwin Darmawan, M.Th. (Wakil Sekum BPMSW GKI Jabar dan Ketua Gerakan Kemanusiaan Indonesia), menyampakan kesuksesan orang Kristen secara rohani bukan hanya dalam pelayanan.  Ketika seseorang diselamatkan, disertai Roh Kudus, diberi jamin untuk masuk dalam kekekalan, seharusnya orang tersebut bisa mendemonstrasikan kuasa Tuhan. Orang yang baik secara spiritual adalah orang yang melakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan, bukan untuk manusia.

Segala sesuatu yang sudah kita terima dari Kristus, maka kita mempersembahkannya kembali untuk Dia, bekerja seperti untuk Dia bukan untuk manusia, ini adalah aspek yang perlu dibangun jikalau ingin menjalankan hidup berkemenangan.

Hidup kita bisa naik turun, maju mundur, tapi jika kita menjadikan salib Kristus dan kuasa kebangkitanNya sebagai paradigma kehidupan kita, apapun panggilan kita, pasti akan sukses bersama Tuhan, termasuk panggilan sebagai pengurus.

 

Materi yang disampaikan oleh para narasumber, bisa membangun, menguatkan dan memberikan wawasan serta sudut pandang baru bagi para pengurus dalam menjalankan pelayanannya di dunia pendidikan khususnya di BPK PENABUR.

 

 “Bangunlah, Angkat Tilammu dan Berjalanlah”. Tuhan memberkati!

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Yayasan

NEWS - 02 May 2019
Catatan dari Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR dalam...

Yayasan

NEWS - 18 July 2020
Ibadah Syukur dan Perayaan HUT 7 DASAWARSA BPK PE...

Yayasan

NEWS - 11 December 2020
Kumpulan Artikel dan Video Inspiratif BPK PENABUR

Yayasan

NEWS - 09 January 2021
PENABUR Online Chess Festival

Yayasan

NEWS - 09 January 2021
PEMBUKAAN DAN KUALIFIKASI PENABUR ONLINE CHESS FE...

Yayasan

NEWS - 16 April 2021
RETREAT NASIONAL PENGURUS YAYASAN BPK PENABUR

Yayasan

NEWS - 24 April 2021
Talk Show : "Let's Transform Children's Future"
Jakarta, 24 April 2021 - Talk show bertema “Let’s...

Yayasan

NEWS - 23 April 2021
PENGUMUMAN FINAL KOMPETISI SAINS NASIONAL (KSN) T...
BPK PENABUR menyelenggarakan Lomba Kompetisi Sain...

Yayasan

NEWS - 02 May 2021
Pesan Ketua Umum YAYASAN BPK PENABUR-HARI PENDIDI...
Bagi Yayasan BPK PENABUR Tema Hardiknas “Serentak...

Yayasan

NEWS - 02 July 2021
Pengumuman Pemenang Lomba Logo HUT ke-71 BPK PENA...
Pengumuman Pemenang Lomba Logo HUT ke-71 BPK PENA...

Yayasan

NEWS - 26 July 2021
BPK PENABUR Gelar Lagi Turnamen Catur Pelajar 2021

Yayasan

NEWS - 13 July 2020
Pesan Yayasan BPK PENABUR

Yayasan

NEWS - 26 October 2020
DIGITAL LIBRARY BPK PENABUR

Yayasan

NEWS - 27 October 2020
Launching Buku BERANI BERUBAH

Yayasan

NEWS - 06 January 2021
PERKENALAN dan PENGARAHAN PENGURUS dan DEWAN PENG...

Yayasan

NEWS - 02 July 2021
Festival Catur Pelajar

Yayasan

Artikel - 31 October 2019
Spiritualitas Guru Kristiani

Yayasan

Press Release - 01 December 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Bandar Lampung da...

Yayasan

Press Release - 24 November 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Cirebon, Indramay...

Yayasan

Press Release - 10 November 2018
Pelantikan Pengurus PENABUR Bandung, Tasikmalaya,...

Yayasan

Press Release - 04 November 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Cianjur 2018-2022

Yayasan

Press Release - 04 November 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Bogor 2018-2022

Yayasan

Press Release - 03 November 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Sukabumi 2018-2022

Yayasan

BLOG - 07 May 2020
5 Cara Agar Anak Lebih Produktif Dalam Belajar Se...
Bagaimana caranya agar anak tidak ketinggalan pel...

Yayasan

BLOG - 08 May 2020
Tips Menjadi Siswa Berprestasi Di Sekolah. Kamu P...
Bagi kamu yang ingin menjadi siswa berprestasi di...

Yayasan

BLOG - 12 May 2020
Tips Mempersiapkan Metode Belajar Anak yang Menye...

Yayasan

BLOG - 13 May 2020
Pentingnya Pendidikan Karakter Di Kalangan Sekolah
Pendidikan karakter akan mengantarkan seseorang k...

Yayasan

BLOG - 26 May 2020
4 Keterampilan Penting untuk Anak yang Bisa Diter...
Pentingnya membekali keterampilan dasar pada anak...

Yayasan

BLOG - 27 May 2020
Serunya Mengisi Liburan Sekolah dengan Kegiatan M...
Mengisi liburan sekolah dengan kegiatan menulis t...

Yayasan

BLOG - 28 May 2020
Memaksimalkan Liburan Sekolah Dengan Kegiatan Pos...
Yuk maksimalkan waktu liburan sekolah dengan mela...

Yayasan

BLOG - 29 May 2020
4 Manfaat Liburan di Rumah dengan Mengajak Anak M...

Yayasan

BLOG - 30 May 2020
Tips Agar Anak Tidak Bosan saat Libur Sekolah di ...
Berbagai tips ini mungkin bisa menjadi sarana aga...

Yayasan

BLOG - 01 June 2020
Yuk Menjelajah Wisata Malang Secara Virtual Saat ...
Menjelajah wisata Malang Jawa timur secara virtua...

Yayasan

BLOG - 02 June 2020
Beragam Perubahan Positif Pendidikan di Tengah Pa...
Di tengah pandemi virus corona, terdapat berbagai...

Yayasan

BLOG - 03 June 2020
Pentingnya Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak...
Mempersiapkan tabungan pendidikan anak harus dimu...

Yayasan

BLOG - 11 June 2020
5 Tips Investasi Pendidikan untuk Anak. Sebaiknya...

Yayasan

BLOG - 12 June 2020
5 Alasan Pentingnya Bersikap Tegas Soal Sekolah d...
Inilah alasan mengapa para orang tua harus tegas ...

Yayasan

BLOG - 13 June 2020
Tips Menjadikan Belajar Online Menyenangkan untuk...
Bagaimana agar anak bisa belajar online dengan me...

Yayasan

BLOG - 15 June 2020
5 Hal Seru yang Membantu Anak Makin Giat Belajar ...
Yuk lakukan lima hal ini untuk membantu anak bela...

Yayasan

BLOG - 16 June 2020
Meningkatkan Efektivitas dengan Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik tak hanya mengurangi tingkat s...

Yayasan

BLOG - 17 June 2020
Menumbuhkan Minat Baca Anak dengan Metode Read al...

Yayasan

BLOG - 18 June 2020
Seberapa Banyak Kata yang Harus Dikuasai untuk Bi...
Berapa banyak kosakata yang harus dikuasai untuk ...

Yayasan

BLOG - 19 June 2020
Sudahkah Memilih Sekolah Ideal untuk Anak
Pada hakikatnya tidak ada sekolah yang ideal. Sek...

Yayasan

BLOG - 20 June 2020
Tips Agar Anak Tidak Bosan saat Libur Sekolah di ...

Yayasan

BLOG - 22 June 2020
Beragam Aroma Alami Ini Dapat Meningkatkan Konsen...
Berbagai aroma terapi ini bermanfaat meningkatkan...

Yayasan

BLOG - 23 June 2020
6 Alasan Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak

Yayasan

BLOG - 24 June 2020
Menumbuhkan Minat Belajar pada anak dengan metode...
Pentingnya menerapkan metode fun learning untuk m...

Yayasan

BLOG - 09 July 2020
Era New Normal Sudah Dimulai, Siapkah Sekolah Mas...
Memasuki tahun ajaran baru di tengah new normal t...

Yayasan

BLOG - 10 July 2020
Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui program ...
Apa itu grupenggerak? Sekolah penggerak adalah se...

Yayasan

BLOG - 11 July 2020
Bagaimana Tahun Ajaran Baru Berlangsung di Masa P...
Menurut Kemendikbud tahun ajaran baru di masa pan...