Yayasan

Catatan dari Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2019

NEWS - 02 May 2019

Read More
Yayasan

Ibadah Syukur dan Perayaan HUT 7 DASAWARSA BPK PENABUR

NEWS - 18 July 2020

Read More
Yayasan

Pesan Yayasan BPK PENABUR

NEWS - 13 July 2020

Read More

Sudahkah Memilih Sekolah Ideal untuk Anak

BLOG - 19 June 2020

Sudahkah Memilih Sekolah Ideal untuk Anak

Bagi sebagian orang tua, memilih sekolah ideal untuk buah hati bukanlah perkara mudah. Tentunya banyak sekali pertimbangan yang dilakukan untuk memasukkan anak ke sekolah ideal. Namun, tak jarang orang tua lupa, apa yang disebut sekolah ideal itu sendiri. Pada hakikatnya tidak ada sekolah yang ideal. Sekolah manapun memiliki kelebihan dan kekurangan yang senantiasa berbenturan dengan keinginan dan kemauan anak atau pun orang tua. Bahkan setiap sekolah memiliki ciri tersendiri, memiliki khas dalam pola ajar dan penerapan ketentuan sekolah. Dengan demikian orang tualah yang harus mempetimbangkan berbagia hal untuk memberikan sekolah ideal terbaik bagi putra putrinya.

Selain itu, peranan sekolah menjadi amat penting sebab pada institusi inilah orangtua berharap agar anak mereka tidak hanya berkembang kecerdasannya, namun juga terpenuhinya kebutuhan tumbuh-kembang anak yang seimbang. Dengan kata lain, anak tumbuh sehat dan berkembang secara fisik, mental, emosional, sosial, artistic dan moral.

Keseimbangan ini hanya bisa kita peroleh bila kita memahami hal-hal yang berkaitan dengan proses tumbuh kembang anak. Bahkan menurut Dr. Goh, Psikolog Kognitif ada beberapa kunci program belajar yang seimbang untuk buah hati yakni:

1.Membatasi waktu belajar hanya 5 jam per hari

Membatasi waktu belajar maksimal 5 jam per hari, hal ini dikarenakan belajar melibatkan dua hal, yakni menyerap dan mengolah. Belajar di sekolah merupakan proses menyerap ide-ide dan informasi, maka anak memerlukan waktu untuk mengolah dan menyajikan informasi yang diterimanya. Informasi ini secara perlahan akan dimengerti oleh anak ketika ia bermain dan bersosialisasi baik dengan teman maupun dengan keluarganya. Maka selain belajar, beri kesempatan bagi anak untuk bermain dan bersosialisasi.

2.Gunakan pendekatan yang seimbang dan menyeluruh

Pendekatan yang seimbang dan menyeluruh berarti kita tidak bisa hanya menitikberatkan pada perkembangan intelektual anak semata, melainkan harus mengembangkan mental, emosional, sosial, kemampuan artistik serta moral anak.

3.Memilih lingkungan yang mendukung secara emosional

Biasanya anak selalu memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap segala hal. Sehingga lingkungan yang baik akan mengembangkan rasa ingin tahunya ini dan mengarahkan pada hal-hal posiitf yang baik bagi tumbuh kembng anak.  Sebaliknya lingkungan yang kaku dan terlalu memaksa akan mematahkan rasa ingin tahu anak. Hal ini akan menghambat perkembangan anak, baik secara mental maupun intelektual.

Ketika kita sudah memahami hal-hal diatas, kita sudah memiliki gambaran sekolah seperti apa yang akan menjadi sekolah paling ideal bagi buah hati kita. Namun, dalam proses memilih sekolah kita kembali akan mengalami beberapa benturan kecil. Untuk itu, tips berikut ini bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih sekolah ideal untuk anak anda.

 

Tips memilih sekolah ideal untuk anak

1.Reputasi

Nama baik sekolah biasanya menjadi daya tarik utama bagi orang tua untuk menitipkan buah hatinya. Sekolah dengan reputasi yang baik, artinya sekolah yang memiliki sejumlah prestasi dibidang akademik maupun non akademik, namun bisa juga karena sekolah tersebut memiliki suasana yang kondusif, aman, dan nyaman bagi buah hati kita.

2.Kurikulum

Setiap sekolah mempunyai kurikulum yang berbeda satu sama lain, kecuali sekolah negeri yang mengacu pada kurikulum yang dikeluarkan Diknas. Di sekolah-sekolah swasta kurikulum disesuaikan dengan kebijakan dari yayasan.  

3.Fasilitas

Fasilitas sekolah yang dimaksud tidak hanya sarana berupa bangunan dan ruang terbuka yang layak dan nyaman, namun juga ruangan khusus seperti ruang musik lengkap dengan alat musiknya, ruang laboratorium, yang disesuaikan dengan minat dan bakat anak.

4.Lokasi

Alangkah baiknya bila lokasi sekolah tersebut mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh, sehingga kita bisa menghindari kemacetan dan stres yang timbul pada anak akibat mengalami kelelahan di jalan. Selain itu juga, bila memungkinkan bisa melatih kemandirian anak ketika harus berangkat dan pulang sekolah sendiri.

5.Biaya dan iuran sekolah

Sekalipun sebagian orang tua menganggap biaya bukan persoalan penting, namun alangkah bijak bila orangtua melakukan kalkulasi terlebih dahulu antara besaran biaya sekolah dan pendapatan. Hal ini untuk menghindari stres yang berkepanjangan dan menimbulkan tekanan berat pada anak.

Jadi, sudah tahu kan apa itu sekolah ideal? Mungkin hal ini terkesan sederhana namun bagaimanapun memilih sekolah yang tepat untuk anak merupakan langkah awal yang baik. Itulah informasi tentang sekolah ideal yang mungkin bisa untuk menambah wawasan anda sebagai orang tua dalam memilih sekolah untuk anak.

 

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Yayasan

NEWS - 02 May 2019
Catatan dari Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR dalam...

Yayasan

NEWS - 18 July 2020
Ibadah Syukur dan Perayaan HUT 7 DASAWARSA BPK PE...

Yayasan

NEWS - 13 July 2020
Pesan Yayasan BPK PENABUR

Yayasan

NEWS - 26 October 2020
DIGITAL LIBRARY BPK PENABUR

Yayasan

NEWS - 27 October 2020
Launching Buku BERANI BERUBAH

Yayasan

BLOG - 17 June 2020
Menumbuhkan Minat Baca Anak dengan Metode Read al...

Yayasan

BLOG - 18 June 2020
Seberapa Banyak Kata yang Harus Dikuasai untuk Bi...

Yayasan

BLOG - 19 June 2020
Sudahkah Memilih Sekolah Ideal untuk Anak

Yayasan

BLOG - 20 June 2020
Tips Agar Anak Tidak Bosan saat Libur Sekolah di ...

Yayasan

BLOG - 22 June 2020
Beragam Aroma Alami Ini Dapat Meningkatkan Konsen...

Yayasan

BLOG - 24 August 2020
Peranan Penting Kepala Sekolah dan Efektivitas Pe...

Yayasan

BLOG - 25 August 2020
Mengetahui Tahap Perkembangan Sosial Emosional pa...

Yayasan

BLOG - 26 August 2020
3 Hal yang Harus Disiapkan Pelajar untuk Menyambu...

Yayasan

BLOG - 27 August 2020
Cara Mendidik Anak Agar Mampu Memecahkan Masalah

Yayasan

BLOG - 28 August 2020
Inilah Pendapat Ahli Epidemiologi tentang Pembuka...

Yayasan

BLOG - 30 June 2020
Sebelum masuk sekolah sebaiknya kenalkan dulu 5 f...

Yayasan

BLOG - 01 July 2020
Menuju New Normal, Bagaimana proses Pembelajaran ...

Yayasan

BLOG - 02 July 2020
Menjadi Sekolah Kristen Terbaik! Inilah Sejarah B...

Yayasan

BLOG - 03 July 2020
Masihkah Sekolah Favorit Menjadi Pilihan orang Tu...

Yayasan

BLOG - 04 July 2020
Sudahkah anak siap untuk masuk sekolah dasar? Per...

Yayasan

BLOG - 30 September 2020
Pentingnya Mengajarkan Anak Membaca Sejak Dini

Yayasan

BLOG - 01 October 2020
BPK Penabur Bekali Orang Tua Ilmu Untuk Mendampin...

Yayasan

BLOG - 02 October 2020
TKK 2 Penabur Bina Karakter dan Talenta Seni Gene...

Yayasan

BLOG - 03 October 2020
Sarana Prasarana Sekolah Menjadi Penunjang Kegiat...

Yayasan

BLOG - 05 October 2020
Carilah Sekolah yang Nyaman, Bukan Sekolah Favorit