Yayasan

Catatan dari Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2019

NEWS - 02 May 2019

Read More
Yayasan

Ibadah Syukur dan Perayaan HUT 7 DASAWARSA BPK PENABUR

NEWS - 18 July 2020

Read More
Yayasan

Pesan Yayasan BPK PENABUR

NEWS - 13 July 2020

Read More

Sekolah TKK Favorit BPK PENABUR Bandung dengan Program Pembelajaran Terbaiknya

BLOG - 21 August 2020

Sekolah TKK Favorit BPK PENABUR Bandung dengan Program Pembelajaran Terbaiknya

Taman kanak-kanak atau TK adalah jenjang pendidikan anak usia dini yaitu usia 6 tahun atau dibawahnya dalam bentuk pendidikan formal. Kurikulum TKK sendiri ditekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Lama masa belajar di TK sendiri biasanya tergantung pada tingkat kecerdasannya yang dinilai dari rapor per semester.

 

Namun secara umum untuk lulusan dari tingkat program TK adalah selama 2 tahun yakni TK 0 kecil selama satu tahun dan TK nol besar selama 1 tahun. Di Indonesia sendiri sekolah TKK sudah tersebar luas di berbagai daerah. Dan salah satunya yang akan kita bahas adalah TKK BPK PENABUR 240 Bandung. Dimana sekolah ini menjadi sekolah TK Kristen favorit. Hal itu tentunya tidak terlepas dari program-program pembelajaran yang bermutu.

 

Sejarah TKK BPK PENABUR 246 Bandung

 

Jika dilihat dari sejarah sekolah ini berdiri sejak tahun 1955. Awalnya tanggal 19 Juli 1950 dimana Badan Pendidikan THKTKHKH baru berdiri dan mengelola sekolah kompleks SDK pagi (Eerste Zending School, yang kemudian menjadi SDK 1 sampai sekarang) tepatnya di Jl. Sudirman 246. Pada saat itu taman kanak-kanak belum didirikan. Namun pada tahun 1951 Belanda menghibahkan TKK dan SDK pagi ke BP THKTKHKH, TKK dan SDK ini menjadi TKK-SDK 2 pagi. Kemudian pada tahun 1955 pengurus membuka TKK dan SDK 3 dan SDK 4 Petang di jalan Jend. Sudirman 246.

 

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan dunia pendidikan maka semua TK yang berada di lokasi 246 bergabung menjadi satu TK. TKK BPK PENABUR 246 pun resmi terdaftar di Bidang pendidikan Dasar yang ditandatangani oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen pendidikan dan Kebudayaan provinsi Jawa Barat pada tahun 1989.

 

Program unggulan TKK BPK PENABUR

 

Sebagai sekolah TKK favorit, TKK BPK PENABUR ini pun dilengkapi dengan beragam program-program unggulan, yang bertujuan untuk memberikan bekal ilmu dan pengetahuan sebagai bekal dasar menuju tingkat pendidikan berikutnya. Berikut ini daftar program pembelajaran TKK BPK PENABUR Bandung.

 

Bilingual program

 

Program ini telah dimulai sejak tahun 2007, dimana program ini bertujuan menyiapkan anak menguasai bahasa asing untuk menyongsong era globalisasi. Program ini sendiri telah didukung oleh native speaker local english teacher dan seluruh guru. Hasilnya mempermudah anak menyerap Bahasa Inggris di tingkat selanjutnya.

 

Moving Class

 

Dalam program ini anak-anak akan belajar dengan cara berpindah kelas/sentra seperti ruang perpustakaan, ruang komputer, ruang UKGS, ruang Indoor, ruang motorik, kolam renang. Kegiatan pembelajaran di TKK BPK PENABUR 246 dikemas dalam kegiatan yang menarik melalui bermain sambil belajar dan sesuai dengan minat perkembangan dan kemampuan anak.

 

Bina Karakter

 

Program ini sudah dimulai pada tahun 1900 dan telah diikuti oleh seluruh guru, staf, karyawan dan anak-anak TK. Tujuan dari program ini sendiri adalah menanamkan dan membentuk karakter dan nilai-nilai Kristiani pada anak sejak dini sehingga akan terbentuk karakter anak yang baik di kemudian hari. Program ini dibantu oleh orang tua dan guru yang mendapat pengarahan melalui character book. Selain itu untuk anak-anak dan orang tua diadakan kegiatan Character Camp, dimana para orang tua dan anak-anak akan menginap dalam secara terpisah satu malam dan mengikuti sesi yang berbeda. Orang tua mendapatkan pembekalan dalam kegiatan parenting dan anak-anak mengikuti kegiatan bina iman. Kegiatan ini diharapkan orang tua dapat menjadi teladan bagi anak-anaknya, dan anak-anak dapat menjadi anak yang taat serta hormat pada orang tua.

 

Family Day

 

Program ini dimulai tahun 2006 dan masih berjalan sampai saat ini. Tujuan dari program ini adalah menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua. Hasilnya adanya kerjasama dan komunikasi yang baik dengan orang tua.

 

Go Green

 

Program ini sudah dijalankan sejak tahun 2011 sampai saat ini. Tujuannya agar lingkungan sekolah menjadi lebih indah dan hijau. Kegiatan yang dilakukan dalam penghijauan ini adalah anak-anak belajar untuk menyiram dan memelihara tanaman di sekitar sekolah sehingga lingkungan sekolah menjadi lebih indah dan segar, dan anak-anak pun dibiasakan untuk membuang sampah pada tempatnya. Selain itu ada program kelas terbersih yang dipilih sebulan sekali.

 

Farewell Celebration

 

Kegiatan ini sudah berjalan sejak tahun 1988. Dahulu kegiatan ini disebut pagi Gembira. Farewell Celebration adalah momen indah bagi murid guru dan orang tua sebagai rasa syukur dan tanda perpisahan setelah siswa bermain sambil belajar selama 3 tahun di TKK BPK PENABUR 246.

 

Learn in Faith

 

Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan iman Kristiani pada anak. Sejak dini anak-anak perlu memiliki dasar iman yang baik. Morning assembly sudah menjadi pembiasaan yang dilakukan di TKK 246. Sebelum melakukan aktivitas didahului dengan berdoa, memuji Tuhan dan mendengarkan renungan. Sekolah juga mengadakan jam khusus untuk belajar agama Kristen di kelas serta mengadakan acara khusus seperti Natal, KPAI, Paskah yang menjadi momen besar yang menyenangkan sekaligus memperkuat iman anak.


Baca Juga: Cara Mendidik Anak Agar Mampu Memecahkan Masalah

 

Demikian ulasan tentang sekolah favorit TKK BPK PENABUR Bandung, dimana sekolah ini membekali para peserta didiknya dengan pendidikan karakter yakni bermain sambil belajar. Meski sudah berdiri lama, sekolah TKK BPK PENABUR ini masih menjadi sekolah pilihan oleh masyarakat setempat. Karena selain kualitas pendidikan yang bermutu dengan program-program unggulan, sekolah ini memiliki lokasi yang strategis dan mudah diakses. 

Tags:

Read More

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Yayasan

NEWS - 02 May 2019
Catatan dari Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR dalam...

Yayasan

NEWS - 18 July 2020
Ibadah Syukur dan Perayaan HUT 7 DASAWARSA BPK PE...

Yayasan

NEWS - 13 July 2020
Pesan Yayasan BPK PENABUR

Yayasan

Artikel - 31 October 2019
Spiritualitas Guru Kristiani

Yayasan

Press Release - 01 December 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Bandar Lampung da...

Yayasan

BLOG - 13 June 2020
Tips Menjadikan Belajar Online Menyenangkan untuk...

Yayasan

BLOG - 15 June 2020
5 Hal Seru yang Membantu Anak Makin Giat Belajar ...

Yayasan

BLOG - 16 June 2020
Meningkatkan Efektivitas dengan Mendengarkan Musik

Yayasan

BLOG - 17 June 2020
Menumbuhkan Minat Baca Anak dengan Metode Read al...

Yayasan

BLOG - 18 June 2020
Seberapa Banyak Kata yang Harus Dikuasai untuk Bi...

Yayasan

BLOG - 25 July 2020
5 Tips Melatih Anak Menjaga Kebersihan di Sekolah

Yayasan

BLOG - 01 August 2020
Tantangan Pendidikan di Era Disrupsi Teknologi

Yayasan

BLOG - 03 August 2020
5 Cara Menanamkan Rasa Nasionalisme Pada Anak

Yayasan

BLOG - 04 August 2020
Bagaimana Menjaga Efektivitas Belajar Saat Pembel...

Yayasan

BLOG - 05 August 2020
Belajar Cinta Tanah Air Bersama Siswa BPK PENABUR

Yayasan

BLOG - 08 June 2020
Tips Meningkatkan Konsentrasi Anak Saat Belajar O...

Yayasan

BLOG - 09 June 2020
Ini Dia Biaya Pendidikan Anak Dari SD hingga S1 y...

Yayasan

BLOG - 10 June 2020
5 Manfaat Pendidikan Karakter yang Penting untuk ...

Yayasan

BLOG - 25 June 2020
5 Tips Agar Anak Cerdas Dalam Berinternet. Orang ...

Yayasan

BLOG - 26 June 2020
3 Tipe Gaya Belajar! Mana Gaya Belajar yang Palin...

Yayasan

BLOG - 19 August 2020
Inilah Penjelasan Sekolah Satuan Pendidikan Kerja...

Yayasan

BLOG - 20 August 2020
Menguatkan Merdeka Belajar dan Prestasi Siswa di ...

Yayasan

BLOG - 21 August 2020
Sekolah TKK Favorit BPK PENABUR Bandung dengan Pr...

Yayasan

BLOG - 22 August 2020
Tips Agar bisa Fokus Belajar Home Learning saat P...

Yayasan

BLOG - 29 August 2020
Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Semua Ora...