Yayasan

Catatan dari Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2019

NEWS - 02 May 2019

Read More
Yayasan

Ibadah Syukur dan Perayaan HUT 7 DASAWARSA BPK PENABUR

NEWS - 18 July 2020

Read More
Yayasan

Pesan Yayasan BPK PENABUR

NEWS - 13 July 2020

Read More

Seberapa Siap BPK PENABUR Menghadapi Revolusi Industri 4.0?

BLOG - 27 October 2020

Seberapa Siap BPK PENABUR Menghadapi Revolusi Industri 4.0?

Revolusi Industri 4.0 sudah ada di depan mata, tinggal bagaimana kita menyikapinya. Sekolah terbaik BPK PENABUR juga mengatakan bahwa mereka siap menghadapi Revolusi Industri 4.0. Revolusi Industri sudah pernah dibahas oleh ekonom asal Jerman, Prof. Klaus Schwab di dalam bukunya yang berjudul “Die Vierte Industrielle Revolution” atau yang berarti “The Fourth Industrial Revolution”.

 

Dampak dari Revolusi Industri 4.0 juga sudah masuk ke dalam segi kehidupan di Indonesia, tak terkecuali di dunia Pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, keberadaan revolusi industri generasi keempat ini harus disikapi keberadaannya. Sebagai bentuk mengenal dan membahas lebih dalam tentang tantangan dan dampak revolusi industri 4.0 di dunia Pendidikan, BPK PENABUR juga mengadakan acara yang bertajuk  “Education 4.0: Challenges and Opportunities in Diversity”.  

 

Acara ini pun mengundang berbagai macam narasumber yang memang memiliki pemahaman yang baik tentang dunia Pendidikan Indonesia. Para narasumber yang diundang di antaranya adalah Tokoh Perempuan, Nahdilin dan Akademisi, Ibu Prof. Dr. Siti Musdah Mulia, CEO Anantara International Resource, Bapak AC Mahendra K. Datu, Staf Ahli Bidang Inovasi dan Daya Saing Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Prof. Ananto Kusuma Seta, M.Sc, Ph.D., 21th Century Learning Expert, Education Consultant, Bapak Indra Charismiadji, Ketua Umum BPK PENABUR, Bapak Adri Lazuardi, dan Deputi Direktur Pelaksana BPK PENABUR Jakarta, Elika Dwi Murwani.

 

Dalam acara ini pun para peserta didik memberikan penampilan terbaik mereka. Di mulai dari SMAK  BPK PENABUR Bintaro Jaya yang menyambut dengan tarian, pidato yang dibacakan oleh Amadeus Arsha Harijanto dari SPK SMPK 8  BPK PENABUR, penampilan solois dari SDK  BPK PENABUR Kota Modern, penampilan paduan suara SDK  BPK PENABUR Gading Serpong, penampilan solois dari SMAK  BPK PENABUR Kota Modern, penampilan tarian dari SMAK  BPK PENABUR Kota Modern, serta penampilan Vokal Grup dan Modern Dance dari SMAK  BPK PENABUR Gading Serpong.

 

Sejak didirikan pada 19 Juli 1950, BPK PENABUR telah memilih lebih dari 140 sekolah dari jenjang TK hingga SMA yang sudah tersebar di 15 kota di Pulau Jawa dan Lampung. Sementara itu, BPK PENABUR Jakarta yang sudah menjadi BPK PENABUR inti telah mengelola 80 sekolah yang tersebar di 26 kompleks wilayah di Jakarta, Depok Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

 

Seperti yang terdapat dalam analisis Mckinsey Global Institute, Revolusi Industri 4.0 akan memberikan dampak yang sangat besar dan luas, apalagi dalam sektor lapangan kerja. Penggunaan teknologi pun akan menggeser bahkan menghilangkan banyak lapangan pekerjaan saat ini. Robot dan mesin pun akan banyak diciptakan untuk menggantikan pekerjaan manusia.

 

Temuan dari analisis Mckinsey Global Institute ini juga berbanding lurus dari temuan unik lainnya yang menyatakan bahwa 65 persen siswa SD saat ini akan bekerja dengan jenis pekerjaan yang saat ini bahkan belum ada. Oleh karena itu, kreativitas dan inovasi perlu dikembangkan untuk masa depan oleh Generasi Z (1996-2010) dan Generasi Alpha (2011-sekarang).

 

Dunia Pendidikan Indonesia pun harus berbenah diri untuk dapat menghadapi tantangan dari Revolusi Industri 4.0 karena ada sistem pembelajaran yang berbasis teknologi untuk dapat menghadapi masa melek teknologi. Dikatakan belum terlalu siap jika hanya membuat materi pelajaran menjadi online dan hanya menggunakan komputer berspesifikasi tinggi dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

 

Dalam acara talkshow yang dihadirkan oleh sekolah terbaik BPK PENABUR, ada beberapa pembahasan yang menjadi kata kunci penting. Di antaranya adalah pembahasan mengenai cloud computing, artificial intelligent, data information technology (IT), internet of things (IoT), Operational Technologi (OT), pembahasan kurikulum yang tepat, Pendidikan karakter, hingga pembahasan mengenai big data analytic.

 

Baca Juga: Ketua Umum BPK PENABUR: Revolusi Industri 4.0 Tidak Dapat Dihindari

 

Dengan diadakannya talkshow ini, sekolah terbaik BPK PENABUR berharap dapat membantu dunia Pendidikan Indonesia untuk menghasilkan lulusan yang melek teknologi dan siap untuk bersaing. Karena persaingannya bukan hanya manusia, tapi juga dengan para robot dan mesin yang nantinya akan menggantikan pekerjaan manusia.

 

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Yayasan

NEWS - 02 May 2019
Catatan dari Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR dalam...

Yayasan

NEWS - 18 July 2020
Ibadah Syukur dan Perayaan HUT 7 DASAWARSA BPK PE...

Yayasan

NEWS - 13 July 2020
Pesan Yayasan BPK PENABUR

Yayasan

NEWS - 26 October 2020
DIGITAL LIBRARY BPK PENABUR

Yayasan

NEWS - 27 October 2020
Launching Buku BERANI BERUBAH

Yayasan

BLOG - 18 June 2020
Seberapa Banyak Kata yang Harus Dikuasai untuk Bi...

Yayasan

BLOG - 19 June 2020
Sudahkah Memilih Sekolah Ideal untuk Anak

Yayasan

BLOG - 20 June 2020
Tips Agar Anak Tidak Bosan saat Libur Sekolah di ...

Yayasan

BLOG - 22 June 2020
Beragam Aroma Alami Ini Dapat Meningkatkan Konsen...

Yayasan

BLOG - 23 June 2020
6 Alasan Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak

Yayasan

BLOG - 26 August 2020
3 Hal yang Harus Disiapkan Pelajar untuk Menyambu...

Yayasan

BLOG - 27 August 2020
Cara Mendidik Anak Agar Mampu Memecahkan Masalah

Yayasan

BLOG - 28 August 2020
Inilah Pendapat Ahli Epidemiologi tentang Pembuka...

Yayasan

BLOG - 31 August 2020
SMK PENABUR Bandung Sekolah Favorit dengan Berbag...

Yayasan

BLOG - 01 September 2020
Pilih Sekolah Terbaik untuk Masa Depan Anak, Apa ...

Yayasan

BLOG - 27 June 2020
Ini Alasan Pentingnya Musik untuk Dipelajari Anak...

Yayasan

BLOG - 29 June 2020
Ini Usia yang Tepat Mendaftarkan anak ke Sekolah

Yayasan

BLOG - 30 June 2020
Sebelum masuk sekolah sebaiknya kenalkan dulu 5 f...

Yayasan

BLOG - 01 July 2020
Menuju New Normal, Bagaimana proses Pembelajaran ...

Yayasan

BLOG - 02 July 2020
Menjadi Sekolah Kristen Terbaik! Inilah Sejarah B...

Yayasan

BLOG - 29 September 2020
Sekolah Kristen di Indonesia Perlu Berbenah Agar ...

Yayasan

BLOG - 30 September 2020
Pentingnya Mengajarkan Anak Membaca Sejak Dini
Mengajarkan anak membaca sejak dini perlu dilakuk...

Yayasan

BLOG - 01 October 2020
BPK Penabur Bekali Orang Tua Ilmu Untuk Mendampin...

Yayasan

BLOG - 02 October 2020
TKK 2 Penabur Bina Karakter dan Talenta Seni Gene...

Yayasan

BLOG - 03 October 2020
Sarana Prasarana Sekolah Menjadi Penunjang Kegiat...