Yayasan

Kunjungan Pengurus Harian Ke Cimahi

NEWS - 26 January 2022

Kunjungan Pengurus Harian Ke Cimahi

Read More
Yayasan

BPK PENABUR Kunjungi Kepala Badan Standar, Kurikulum & Asesmen Pendidikan

NEWS - 06 January 2022

BPK PENABUR Kunjungi Kepala Badan Standar, Kuriku...

Read More
Yayasan

BPK PENABUR Kunjungi Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan

NEWS - 05 January 2022

BPK PENABUR Kunjungi Direktur Kepala Sekolah, Pen...

Read More

6 Tips Mendidik Anak Agar Membiasakan Diri Tepat Waktu

BLOG - 05 May 2021

6 Tips Mendidik Anak Agar Membiasakan Diri Tepat Waktu

Anak-anak usia 5 sampai 11 tahun sering kali merasa malas ketika dibangunkan di pagi hari untuk bersiap ke sekolah. Apakah anak-anak anda demikian? Jika iya, hal ini memang wajar saja, akan tetapi inilah waktu yang tepat sebagai orang tua maupun guru untuk mengajarkan kedisiplinan. 

 

Ketepatan waktu merupakan salah satu hal positif yang perlu anak-anak memiliki sebagai bekal mereka di masa depan. Sebagai contoh ketika berhadapan dengan tugas yang meminta mereka mengumpulkannya tepat waktu atau bahkan dengan janji yang mereka berikan pada teman-temannya. Sebagai orang tua, Anda dapat mengajarkan hal tersebut pada si kecil. Seperti memulainya dari hal-hal yang sederhana seperti meminta mereka untuk makan siang tepat waktu di jam 12 siang dan masuk ke kamar tepat di jam 9 malam.

 

Hal-hal seperti itu akan menjadi kebiasaan ketika dilakukan setiap hari. Oleh karena itu ada baiknya orang tua mengenalkan dan mengajarkan hal ini sebelum mereka memasuki usia remaja. Karena nantinya masalah akan jauh lebih sulit dihadapi dan tentunya ini akan membuat mereka kesulitan jika tidak dapat mengatur waktu dengan baik. Nah, mengingat pentingnya hal ini, maka BPK PENABUR akan membagikan beberapa tips mendidik anak belajar tepat waktu di usianya yang masih sekolah.

 

1.Bantulah anak melatih kebiasaan taat waktu

Di Usianya yang masih kecil anak-anak belum sepenuhnya memahami mengenai waktu, seberapa lama kah itu dan mengapa mereka perlu melakukan semuanya tepat waktu. Di sinilah mereka membutuhkan peranan orang tua untuk mengajarkan mereka hal penting tersebut. Untuk itu jadilah seperti seorang pelatih yang memperhatikan perkembangan anak dalam memahami ketepatan waktu sekecil apapun prosesnya. Berikan juga mereka tuntunan dan support melalui nasehat ketika mereka salah atau bahkan lalai.

 

2.Tunjukan pada anak bagaimana menghitung waktu yang baik

Dilansir dari verywelfamily.com, anak-anak mungkin tahu mengenai waktu dan jam. Namun tidak sepenuhnya tahu bagaimana menghitungnya. Mereka mengenal konsep menit dan jam tetapi mereka tidak sepenuhnya tahu berapa lama 15 menit itu. Maka dari itu Anda bisa mencoba mengenalkan cara menghitung waktu dengan menentukan timer ketika anak melakukan tugasnya. Biarkan waktu terus berbunyi di dekat mereka sambil Anda menghitung mundur agar membuat anak merasakan waktu yang berlalu.

 

Ingat, tugas Anda bukanlah untuk membuat anak hidup tertekan oleh waktu. Melainkan agar mereka mengerti seberapa lama 1 jam itu, 15 menit, atau bahkan 5 menit. Itu akan membantu membuat mereka lebih tepat waktu dan tentunya dapat menghargai waktu.

 

3.Bantulah mereka menentukan prioritas

Tentunya semua hal harus dikerjakan dengan baik dan tepat waktu. Namun ada skala prioritas yang perlu anak Anda perhatikan dan menentukan alur kerja mereka. Anda dapat mengenalkan pada mereka mengenai prioritas. Itulah hal-hal penting yang perlu dipenuhi atau dikerjakan terlebih dahulu di atas hal-hal lainnya. Prioritas anak umumnya berputar di sekitar pekerjaan sekolah dan kewajiban mereka membantu orang tua.

 

Bantulah mereka untuk mengetahui apa yang menjadi prioritas mereka, entah itu dalam skala mingguan, ataupun harian. Anak sebaiknya berpikir apa yang perlu mereka prioritaskan seperti tugas yang harus dikumpulkan di siang hari misalnya. Orang tua juga dapat mengajarkan anak-anak untuk mengatur rencana dan strategi berlandaskan pada prioritas mereka. Semisal mereka harus bersekolah di pagi hari, maka agar dapat bangun tepat waktu sebaiknya anak-anak tidak tidur larut malam.

 

4.Buatlah manajemen waktu menjadi menyenangkan

Ada kemungkinan seorang anak membayangkan manajemen waktu merupakan hal yang kaku yang membuat mereka harus terburu-buru menyelesaikan sesuatu jika tidak mereka akan dikenai hukuman. Sehingga bayangan tersebut membuat si kecil menganggap manajemen waktu menjadi hal yang membosankan. Padahal itu sebenarnya dapat dibuat menjadi salah satu hal yang menyenangkan.

 

Untuk mensiasati hal tersebut, Anda dan anak dapat membuat poster penanda keberhasilan mereka memenuhi tanggung jawab tepat waktu. Hiaslah dengan pensil warna, spidol, ataupun crayon. Jika si kecil berhasil melakukannya dengan baik, Anda dapat menempelkan stiker sebagai bentuk reward atau penghargaan.

 

Mendidik anak tepat waktu dengan cara tersebut akan terasa seperti memainkan permainan yang menyenangkan bagi mereka. Semakin menarik anda mendidik anak ketepatan waktu, maka akan semakin mudah pula mereka memahaminya.

 

5.Berikan hukuman yang wajar ketika anak lalai

Tentunya anak-anak membenci hukuman, akan tetapi ini merupakan satu cara efektif yang dapat membuat mereka jera. Khususnya ketika mereka lalai dalam mengerjakan aktivitasnya sesuai dengan waktu yang diminta. Sebagai orang tua sebaiknya tidak memberikan hukuman yang terlalu berat, seperti memarahinya dengan penuh emosi atau bahkan memukuli mereka. Tindakan negatif seperti itu tidak akan pernah membantu.

 

Berikan hukuman yang membuat anak jera namun tidak melukai mereka, seperti mengurangi waktu bermain, meminta mereka membantu membersihkan rumah, atau bahkan menyita mainan kesayangan mereka selama satu malam. Hukuman-hukuman seperti ini masih wajar dan efektif untuk membuat anak jera, sehingga anak akan selalu memikirkan konsekuensinya jika melakukan kesalahan di kemudian hari.

 

6.Atur kegiatan dengan baik

Bagi anak yang baru saja mengenal ketepatan waktu, sebaiknya Anda tidak membuat jadwal yang padat dan menuntut tingkat ketepatan waktu yang tinggi. Hal tersebut malah akan membuat si kecil merasa lelah dan malas mentaatinya. Cobalah mulai hal ini secara perlahan. Ajari mereka cara mengatur waktu dan menjalankannya dengan tepat pada beberapa hal penting dahulu. Ketika mereka nanti sudah terbiasa melakukannya, barulah Anda dapat menambahkan kegiatan lainnya yang perlu diselesaikan dengan baik. 

 

Jangan lupa tentukan juga jangka waktu dengan baik seperti misalnya membiasakan anak belajar dalam waktu 1-2 jam setiap harinya tidak lebih atau kurang dari itu. Selain itu, sebaiknya anda juga selalu menyelipkan waktu-waktu istirahat di tengah-tengah tugas yang perlu mereka kerjakan dengan tepat waktu.

 

Baca Juga: 5 Cara Efektif Mengajarkan Anak Sekolah Tentang Uang Saku

 

Nah, itulah cara mendidik anak untuk belajar tepat waktu. Tak hanya orang tua yang mengajarkan tepat waktu, di setiap sekolah terbaik pun para guru perlu mengajarkan kedisiplinan tepat waktu. Sehingga anak akan terbiasa melakukan hal ini, baik ketika di sekolah maupun di luar sekolah.

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Yayasan

NEWS - 26 January 2022
Kunjungan Pengurus Harian Ke Cimahi

Yayasan

NEWS - 06 January 2022
BPK PENABUR Kunjungi Kepala Badan Standar, Kuriku...
BPK PENABUR Kunjungi Kepala Badan Standar, Kuriku...

Yayasan

NEWS - 05 January 2022
BPK PENABUR Kunjungi Direktur Kepala Sekolah, Pen...
BPK PENABUR Kunjungi Direktur Kepala Sekolah, Pen...

Yayasan

NEWS - 23 November 2021
Pertemuan Yayasan BPK PENABUR dengan Dirjen Gur...
Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR, Adri Lazuardi S.H...

Yayasan

NEWS - 09 November 2021
PELANTIKAN PENGURUS BERSAMA TIRTAMARTA & BPK PENA...
Jakarta, 09 November 2021

Yayasan

NEWS - 27 January 2022
VAKSINASI Usia 6-11 Tahun Tahap 2 BPK PENABUR Ba...

Yayasan

NEWS - 18 February 2022
TOP 10 LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi)
Apa itu LTMPT

Yayasan

NEWS - 20 February 2022
PENABUR TALENT DAY
Hey #penabursmartgen

Yayasan

NEWS - 27 April 2022
Bantu penderita DBD, SMAK 1 PENABUR gelar aksi do...
SMAK 1 PENABUR bekerja sama dengan Palang Merah I...

Yayasan

NEWS - 12 May 2022
Siapakah Florence Nightingale ?
Sejarah keperawatan dan Florence Nightingale

Yayasan

Artikel - 10 November 2021
SEJARAH HARI PAHLAWAN NASIONAL

Yayasan

Artikel - 31 October 2019
Spiritualitas Guru Kristiani

Yayasan

Artikel - 10 February 2022
Sejarah Perayaan Cap Go Meh
Cap-Go-Meh adalah lafal dialek Tio Ciu dan Hokkia...

Yayasan

Artikel - 14 February 2022
SEJARAH HARI VALENTINE
menceritakan satu sejarah yang berkaitan dengan m...

Yayasan

Artikel - 15 February 2022
Hari Kanker Anak Sedunia
Hari Kanker anak sedunia  jatuh setiap 15 Februar...

Yayasan

Artikel - 17 February 2022
ANTROPOLOGI

Yayasan

Artikel - 22 February 2022
Hari Berpikir Sedunia
Tahukah kamu, tanggal 22 Februari diperingati seb...

Yayasan

Artikel - 22 February 2022
HARI BADEN POWELL
Siapakah Robert Stephenson Smyth Baden-Powell?

Yayasan

Artikel - 10 May 2022
Apa itu Lupus?
bpkpenabur.or.id, - Hari in

Yayasan

Press Release - 01 December 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Bandar Lampung da...

Yayasan

Press Release - 24 November 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Cirebon, Indramay...

Yayasan

Press Release - 10 November 2018
Pelantikan Pengurus PENABUR Bandung, Tasikmalaya,...

Yayasan

Press Release - 04 November 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Cianjur 2018-2022

Yayasan

Press Release - 04 November 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Bogor 2018-2022

Yayasan

Press Release - 03 November 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Sukabumi 2018-2022

Yayasan

Press Release - 02 April 2022
Peresmian PLC Jakarta

Yayasan

Press Release - 02 April 2022
BPK PENABUR Resmikan Gedung SDK dan SMAK di Serang
JAKARTA,  - Ketua BPK PENABUR Serang

Yayasan

Press Release - 25 April 2022
PERESMIAN GEDUNG BPK PENABUR Bogor
Ketua BPK PENABUR Bogor, Aryawan Handoko

Yayasan

BLOG - 07 May 2020
5 Cara Agar Anak Lebih Produktif Dalam Belajar Se...
Bagaimana caranya agar anak tidak ketinggalan pel...

Yayasan

BLOG - 08 May 2020
Tips Menjadi Siswa Berprestasi Di Sekolah. Kamu P...
Bagi kamu yang ingin menjadi siswa berprestasi di...

Yayasan

BLOG - 12 May 2020
Tips Mempersiapkan Metode Belajar Anak yang Menye...

Yayasan

BLOG - 13 May 2020
Pentingnya Pendidikan Karakter Di Kalangan Sekolah
Pendidikan karakter akan mengantarkan seseorang k...

Yayasan

BLOG - 26 May 2020
4 Keterampilan Penting untuk Anak yang Bisa Diter...
Pentingnya membekali keterampilan dasar pada anak...

Yayasan

BLOG - 27 May 2020
Serunya Mengisi Liburan Sekolah dengan Kegiatan M...
Mengisi liburan sekolah dengan kegiatan menulis t...

Yayasan

BLOG - 28 May 2020
Memaksimalkan Liburan Sekolah Dengan Kegiatan Pos...
Yuk maksimalkan waktu liburan sekolah dengan mela...

Yayasan

BLOG - 29 May 2020
4 Manfaat Liburan di Rumah dengan Mengajak Anak M...

Yayasan

BLOG - 30 May 2020
Tips Agar Anak Tidak Bosan saat Libur Sekolah di ...
Berbagai tips ini mungkin bisa menjadi sarana aga...

Yayasan

BLOG - 01 June 2020
Yuk Menjelajah Wisata Malang Secara Virtual Saat ...
Menjelajah wisata Malang Jawa timur secara virtua...

Yayasan

BLOG - 02 June 2020
Beragam Perubahan Positif Pendidikan di Tengah Pa...
Di tengah pandemi virus corona, terdapat berbagai...

Yayasan

BLOG - 03 June 2020
Pentingnya Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak...
Mempersiapkan tabungan pendidikan anak harus dimu...

Yayasan

BLOG - 11 June 2020
5 Tips Investasi Pendidikan untuk Anak. Sebaiknya...

Yayasan

BLOG - 12 June 2020
5 Alasan Pentingnya Bersikap Tegas Soal Sekolah d...
Inilah alasan mengapa para orang tua harus tegas ...

Yayasan

BLOG - 13 June 2020
Tips Menjadikan Belajar Online Menyenangkan untuk...
Bagaimana agar anak bisa belajar online dengan me...

Yayasan

BLOG - 15 June 2020
5 Hal Seru yang Membantu Anak Makin Giat Belajar ...
Yuk lakukan lima hal ini untuk membantu anak bela...

Yayasan

BLOG - 16 June 2020
Meningkatkan Efektivitas dengan Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik tak hanya mengurangi tingkat s...

Yayasan

BLOG - 17 June 2020
Menumbuhkan Minat Baca Anak dengan Metode Read al...

Yayasan

BLOG - 18 June 2020
Seberapa Banyak Kata yang Harus Dikuasai untuk Bi...
Berapa banyak kosakata yang harus dikuasai untuk ...

Yayasan

BLOG - 19 June 2020
Sudahkah Memilih Sekolah Ideal untuk Anak
Pada hakikatnya tidak ada sekolah yang ideal. Sek...

Yayasan

BLOG - 20 June 2020
Tips Agar Anak Tidak Bosan saat Libur Sekolah di ...

Yayasan

BLOG - 22 June 2020
Beragam Aroma Alami Ini Dapat Meningkatkan Konsen...
Berbagai aroma terapi ini bermanfaat meningkatkan...