Yayasan

Kunjungan Pengurus Harian Ke Cimahi

NEWS - 26 January 2022

Kunjungan Pengurus Harian Ke Cimahi

Read More
Yayasan

BPK PENABUR Kunjungi Kepala Badan Standar, Kurikulum & Asesmen Pendidikan

NEWS - 06 January 2022

BPK PENABUR Kunjungi Kepala Badan Standar, Kuriku...

Read More
Yayasan

BPK PENABUR Kunjungi Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan

NEWS - 05 January 2022

BPK PENABUR Kunjungi Direktur Kepala Sekolah, Pen...

Read More

5 Tanda Anak Siap Belajar Menulis, Sudahkah Si Kecil Menunjukkannya?

BLOG - 19 May 2021

5 Tanda Anak Siap Belajar Menulis, Sudahkah Si Kecil Menunjukkannya?

Menulis merupakan salah satu tahap perkembangan yang akan dilalui si kecil. Biasanya anak-anak akan mulai tertarik menulis ketika usia prasekolah. Meski pada saat itu ia belum benar-benar paham bagaimana cara menulis dengan tepat. Saat melihat anak yang mulai tertarik menulis, membuat sejumlah orang tua tergoda untuk membantu mengajarkan cara menulis yang tepat. Namun, ada pula orang tua yang membiarkan buah hatinya mengeksplor sendiri dengan tidak mengajarkan apapun diluar tingkat kedewasaan.

 

Dari kedua hal itu tentunya sah-sah saja jika orang tua lakukan. Namun, ada baiknya kalau orang tua bisa mengetahui atau melihat tanda-tanda si kecil sudah siap atau belum untuk belajar menulis. Lantas, jika demikian apa sajakah yang perlu diperhatikan? Nah, berikut ini tanda-tanda anak mulai siap belajar menulis yang bisa Anda ketahui.

 

1.Kemampuan motorik kasar anak

Tanda pertama bahwa anak Anda memungkinkan siap untuk belajar menulis adalah dia percaya diri dengan kemampuan motorik kasarnya. Keterampilan motorik kasar melibatkan kontrol postur tubuh, gerakan otot-otot besar, serta melakukan tugas-tugas seperti bermain, berdiri, duduk, tegak, berlari, dan berjalan.

 

Sebelum anak dapat mulai menulis, ia perlu menunjukan kendali postur tubuhnya, seperti mampu melakukan gerakan melompat atau menikmati latihan fisik lain yang serupa. Untuk membangun kekuatan otot motorik kasar, orang tua bisa melatih anak dengan menguasai keterampilan bermain bola khususnya melempar, dan menangkap. Langkah ini merupakan aktivitas koordinasi tangan dan mata yang baik untuk melenturkan otot motorik kasar pada anak. Kemampuan si kecil untuk melakukan tugas-tugas yang dapat memperkuat otot motorik kasarnya adalah indikator bahwa dia mungkin sudah siap untuk mengeksplorasi tulisan.

 

2.Perkembangan otot motorik halus

Perkembangan keterampilan motorik halus adalah tanda selanjutnya apakah si kecil sudah siap untuk mulai menulis. Asosiasi Nasional untuk pendidikan anak muda menyatakan bahwa, perkembangan otot untuk menulis adalah proses komprehensif yang dimulai dengan gerakan seluruh lengan dan berlanjut ke kontrol motorik harus yang sangat detail di ujung hari. otot besar berkembanga sebelum otot kecil, jadi penting bagi anak untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar sebelum membangun otot di tangan untuk keterampilan motorik halusnya. 

 

Tentu saja anak perlu memperkuat otot-otot ini dengan berbagai aktivitas. Di antaranya seperti bermain adonan lilin mainan atau tanah liat, memungut barang dengan pinset, meraut pensil, menggunting kertas, menyusun balok, merangkai manik-manik, memegang krayon dan berbagai aktivitas lain yang berfokus pada otot-otot kecil di tangannya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa setiap anak memiliki kemampuan dan kecepatan yang berbeda beda untuk mengembangkan keterampilan motorik halusnya.

 

3.Membaca sebelum menulis

Tanda lain bahwa anak siap mulai belajar menulis adalah perkembangan keterampilan membacanya. Menurut NAEYC yang bekerja sama dengan Asosiasi Membaca Internasional, beberapa pengalaman yang sesuai dengan perkembangan anak untuk mendukung pembelajaran keaksaraan (pengenalan huruf) meliputi;

 

  • Bacaan harian tentang buku-buku berkualitas tinggi untuk setiap anak, termasuk buku yang secara positif mencerminkan identitas, bahasa rumah, dan budaya anak-anak

 

  • Strategi pengajaran dan pengalaman yang mengembangkan kesadaran fonemik, seperti lagu, permainan jari, puisi, dan cerita dimana pola fonemik seperti rima dan literasi tampak menonjol

 

  • Keterlibatan dalam permainan yang menggabungkan alat literasi, seperti menulis daftar belanjaan dalam permainan drama, membuat papan tanda dalam pembuatan balok, dan menggunakan ikon dan kata-kata dalam menjelajah permainan komputer.

 

Bagi anak yang sudah terbiasa dibacakan dongeng setiap hari sejak ia masih bayi, ini merupakan langkah yang sangat baik. Dengan mendengarkan cerita yang dibacakan untuknya, anak bisa mulai mengenali huruf yang dapat menciptakan kata-kata di sekitarnya. Contohnya, saat melihat tanda "STOP" di dekatnya, anak bisa lebih cepat menunjukan ke tanda tersebut dan membaca kata STOP.



4.Dapat mengekspresikan bentuk-bentuk artistik (seni)

Seni dan keterampilan menulis awal adalah satu hal yang sama. Ketika anak mulai dengan sengaja menggambar bentuk-bentuk yang melambangkan dunia di sekitarnya, maka ia telah menguasai pemikiran simbolik. Jika anak menguasai hal-hal simbolik itu berarti anak mampu memahami garis-garis atau bentuk-bentuk yang memiliki arti. Ia akan dapat menciptakan kembali apa yang dilihatnya  di sekitar, seperti kata-kata atau gambar melalui caranya sendiri. 

 

Bentuk-bentuk seperti itu juga disebut sebagai bentuk pratulis. Perkembangan bentuk pratulis yang harus dikuasai anak-anak sebelum menulis huruf-huruf abjad meliputi garis vertikal, garis horizontal, lingkaran, silang, persegi, garis diagonal ke kiri, garis diagonal ke kanan, X, dan segitiga.

 

Menurut The Official Journal of American Academy of Pediatrics, anak-anak berusia prasekolah sebaiknya diutamakan untuk fokus terlebih dahulu pada perkembangan sosial emosional. Sebab anak pada usia ini belum siap secara fisik untuk mulai menulis. Jangan terlalu memaksa anak, karena orang tua adalah yang paling mengenal anak. Pada waktunya anak akan menunjukan kepada orang tua kapan ia siap mulai menulis.

 

5.Inilah saatnya anak menulis

Memasuki usia ke 5 tahun, anak-anak sudah patut belajar menulis. Kebanyakan anak mulai belajar dengan menulis nama mereka terlebih dahulu. Untuk tahap-tahap selanjutnya, anak sudah mulai bisa memahami beberapa kata yang lebih panjang. Meskipun huruf-huruf yang diciptakannya mungkin belum sepenuhnya akurat, itu bukanlah masalah. Hal yang harus orang tua lakukan adalah terus memberi apresiasi dan dukungan kepada anak agar ia semangat untuk belajar menulis.

 

Bagaimana cara menstimulasi anak belajar menulis

Sebagai orang tua tentunya Anda ingin memberikan dukungan kepada si kecil untuk mempelajari apa yang ada di sekitarnya. bukan? Jika si kecil sudah mulai tertarik dengan dunia corat-coret, orang tua bisa melakukan beberapa hal di bawah ini. Beberapa kiat berikut sangat bagus untuk menstimulasi anak belajar menulis.

 

  • Menciptakan ruangan belajar yang nyaman untuk anak
  • Menyediakan alat tulis, meja belajar dan kursi kesukaan anak
  • Jangan menyediakan mainan di ruang belajar anak agar konsentrasinya untuk belajar tidak terpecah
  • Membuat jadwal latihan belajar menulis setiap hari
  • Agar anak tidak jenuh, orang tua bisa mencoba beberapa permainan menulis untuknya. Misalnya menebak gambar dengan menuliskan jawabannya atau membiasakan anak menulis cerita sehari-hari yang ia alami

 

Baca Juga: Menumbuhkan Minat Belajar Pada Anak dengan Metode Fun Learning (1)

 

Demikianlah beberapa tanda atau ciri-ciri anak siap belajar menulis. Selain mengandalkan metode belajar di sekolah terbaik, setiap orang tua juga perlu mengajarkan anak menulis. Dengan demikian, anak dapat belajar dari berbagai sudut, dan hal ini dapat mendukung proses belajar anak sesuai dengan perkembangan dan kemampuan yang ia miliki.

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Yayasan

NEWS - 26 January 2022
Kunjungan Pengurus Harian Ke Cimahi

Yayasan

NEWS - 06 January 2022
BPK PENABUR Kunjungi Kepala Badan Standar, Kuriku...
BPK PENABUR Kunjungi Kepala Badan Standar, Kuriku...

Yayasan

NEWS - 05 January 2022
BPK PENABUR Kunjungi Direktur Kepala Sekolah, Pen...
BPK PENABUR Kunjungi Direktur Kepala Sekolah, Pen...

Yayasan

NEWS - 23 November 2021
Pertemuan Yayasan BPK PENABUR dengan Dirjen Gur...
Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR, Adri Lazuardi S.H...

Yayasan

NEWS - 09 November 2021
PELANTIKAN PENGURUS BERSAMA TIRTAMARTA & BPK PENA...
Jakarta, 09 November 2021

Yayasan

NEWS - 27 January 2022
VAKSINASI Usia 6-11 Tahun Tahap 2 BPK PENABUR Ba...

Yayasan

NEWS - 18 February 2022
TOP 10 LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi)
Apa itu LTMPT

Yayasan

NEWS - 20 February 2022
PENABUR TALENT DAY
Hey #penabursmartgen

Yayasan

NEWS - 27 April 2022
Bantu penderita DBD, SMAK 1 PENABUR gelar aksi do...
SMAK 1 PENABUR bekerja sama dengan Palang Merah I...

Yayasan

NEWS - 12 May 2022
Siapakah Florence Nightingale ?
Sejarah keperawatan dan Florence Nightingale

Yayasan

Artikel - 10 November 2021
SEJARAH HARI PAHLAWAN NASIONAL

Yayasan

Artikel - 31 October 2019
Spiritualitas Guru Kristiani

Yayasan

Artikel - 10 February 2022
Sejarah Perayaan Cap Go Meh
Cap-Go-Meh adalah lafal dialek Tio Ciu dan Hokkia...

Yayasan

Artikel - 14 February 2022
SEJARAH HARI VALENTINE
menceritakan satu sejarah yang berkaitan dengan m...

Yayasan

Artikel - 15 February 2022
Hari Kanker Anak Sedunia
Hari Kanker anak sedunia  jatuh setiap 15 Februar...

Yayasan

Artikel - 17 February 2022
ANTROPOLOGI

Yayasan

Artikel - 22 February 2022
Hari Berpikir Sedunia
Tahukah kamu, tanggal 22 Februari diperingati seb...

Yayasan

Artikel - 22 February 2022
HARI BADEN POWELL
Siapakah Robert Stephenson Smyth Baden-Powell?

Yayasan

Artikel - 10 May 2022
Apa itu Lupus?
bpkpenabur.or.id, - Hari in

Yayasan

Press Release - 01 December 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Bandar Lampung da...

Yayasan

Press Release - 24 November 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Cirebon, Indramay...

Yayasan

Press Release - 10 November 2018
Pelantikan Pengurus PENABUR Bandung, Tasikmalaya,...

Yayasan

Press Release - 04 November 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Cianjur 2018-2022

Yayasan

Press Release - 04 November 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Bogor 2018-2022

Yayasan

Press Release - 03 November 2018
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Sukabumi 2018-2022

Yayasan

Press Release - 02 April 2022
Peresmian PLC Jakarta

Yayasan

Press Release - 02 April 2022
BPK PENABUR Resmikan Gedung SDK dan SMAK di Serang
JAKARTA,  - Ketua BPK PENABUR Serang

Yayasan

Press Release - 25 April 2022
PERESMIAN GEDUNG BPK PENABUR Bogor
Ketua BPK PENABUR Bogor, Aryawan Handoko

Yayasan

BLOG - 07 May 2020
5 Cara Agar Anak Lebih Produktif Dalam Belajar Se...
Bagaimana caranya agar anak tidak ketinggalan pel...

Yayasan

BLOG - 08 May 2020
Tips Menjadi Siswa Berprestasi Di Sekolah. Kamu P...
Bagi kamu yang ingin menjadi siswa berprestasi di...

Yayasan

BLOG - 12 May 2020
Tips Mempersiapkan Metode Belajar Anak yang Menye...

Yayasan

BLOG - 13 May 2020
Pentingnya Pendidikan Karakter Di Kalangan Sekolah
Pendidikan karakter akan mengantarkan seseorang k...

Yayasan

BLOG - 26 May 2020
4 Keterampilan Penting untuk Anak yang Bisa Diter...
Pentingnya membekali keterampilan dasar pada anak...

Yayasan

BLOG - 27 May 2020
Serunya Mengisi Liburan Sekolah dengan Kegiatan M...
Mengisi liburan sekolah dengan kegiatan menulis t...

Yayasan

BLOG - 28 May 2020
Memaksimalkan Liburan Sekolah Dengan Kegiatan Pos...
Yuk maksimalkan waktu liburan sekolah dengan mela...

Yayasan

BLOG - 29 May 2020
4 Manfaat Liburan di Rumah dengan Mengajak Anak M...

Yayasan

BLOG - 30 May 2020
Tips Agar Anak Tidak Bosan saat Libur Sekolah di ...
Berbagai tips ini mungkin bisa menjadi sarana aga...

Yayasan

BLOG - 01 June 2020
Yuk Menjelajah Wisata Malang Secara Virtual Saat ...
Menjelajah wisata Malang Jawa timur secara virtua...

Yayasan

BLOG - 02 June 2020
Beragam Perubahan Positif Pendidikan di Tengah Pa...
Di tengah pandemi virus corona, terdapat berbagai...

Yayasan

BLOG - 03 June 2020
Pentingnya Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak...
Mempersiapkan tabungan pendidikan anak harus dimu...

Yayasan

BLOG - 11 June 2020
5 Tips Investasi Pendidikan untuk Anak. Sebaiknya...

Yayasan

BLOG - 12 June 2020
5 Alasan Pentingnya Bersikap Tegas Soal Sekolah d...
Inilah alasan mengapa para orang tua harus tegas ...

Yayasan

BLOG - 13 June 2020
Tips Menjadikan Belajar Online Menyenangkan untuk...
Bagaimana agar anak bisa belajar online dengan me...

Yayasan

BLOG - 15 June 2020
5 Hal Seru yang Membantu Anak Makin Giat Belajar ...
Yuk lakukan lima hal ini untuk membantu anak bela...

Yayasan

BLOG - 16 June 2020
Meningkatkan Efektivitas dengan Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik tak hanya mengurangi tingkat s...

Yayasan

BLOG - 17 June 2020
Menumbuhkan Minat Baca Anak dengan Metode Read al...

Yayasan

BLOG - 18 June 2020
Seberapa Banyak Kata yang Harus Dikuasai untuk Bi...
Berapa banyak kosakata yang harus dikuasai untuk ...

Yayasan

BLOG - 19 June 2020
Sudahkah Memilih Sekolah Ideal untuk Anak
Pada hakikatnya tidak ada sekolah yang ideal. Sek...

Yayasan

BLOG - 20 June 2020
Tips Agar Anak Tidak Bosan saat Libur Sekolah di ...

Yayasan

BLOG - 22 June 2020
Beragam Aroma Alami Ini Dapat Meningkatkan Konsen...
Berbagai aroma terapi ini bermanfaat meningkatkan...