LIVE IN 2019

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 20 March 2019

20 Maret 2019 lalu, SMPK 7 PENABUR mengadakan kegiatan Live In untuk siswa-siswi kelas 8. Kegiatan Live In dilakukan selama 3 hari mulai dari tanggal 20 – 22 Maret 2019. Kegiatan ini dilakukan di desa Sindangjaya, Cianjur, Jawa Barat. Dalam kegiatan ini, SMPK 7 PENABUR bekerja sama dengan pihak Kampoeng Sakola yang merupakan warga jemaat Gereja Kerasulan Pusaka.

Pada hari pertama, siswa-siswi kelas 8 berangkat dari SMPK 7 PENABUR pukul 06.00 dengan menggunakan 2 bus berukuran sedang. Perjalanan dari Jakarta ke Cianjur ditempuh dalam waktu 5 jam perjalanan. Setibanya di Gereja Kerasulan Pusaka, siswa-siswi kelas 8 disambut dengan welcoming drink ala penduduk desa Sindangjaya. Teh manis, kopi, singkong goreng dan pisang goreng menjadi sajian dalam welcoming drink waktu itu.

 

Setelah menikmati welcoming drink yang disiapkan, siswa-siswi kemudian melanjutkan kegiatan dengan ibadah pembuka. Sebelum ibadah dimulai pihak Kampoeng Sakola melalukan prosesi penyambutan tamu ala desa Sindanjaya. Dalam prosesi ini, pihak Kampoeng Sakola menampilkan kesenian khas Sunda berupa tarian Bajidor. Tarian ini diiringi oleh instrumen musik gamelan yang dimainkan oleh siswa-siswi SMP PUSAKA.

 

Ibadah pembukaan dibawa oleh pihak Kampoeng Sakola. Dengan mengambil tema “Yang Mudah Yang Menjadi Teladan”, ibadah pembukaan berlangsung dengan hikmat. Selepas ibadah pembukaan, siswa-siswi SMPK 7 PENABUR melakukan pertandingan persahabatan dengan siswa-siswi SMP PUSAKA. Ada beberapa pertandingan yang dilakukan saat itu, yaitu basket putra, basket putri dan futsal putra. Petandingan berlangsung seru dan menyenangkan. Baik SMPK 7 PENABUR maupun SMP PUSAKA mengeluarkan tenaga dan semangat mereka dalam pertandingan persahabatan itu.

Setelah pertandingan persahabatan selesai, siswa-siswi SMPK 7 PENABUR dipersilahkan kembali ke rumah induk semang mereka. Di sisa hari pertama, siswa-siswi SMPK 7 PENABUR menghabiskan waktu mereka bersama dengan orang tua asuh di rumah masing-masing.

 

Hari kedua dimulai. siswa-siswi SMPK 7 PENABUR berkumpul di aula Gereja Kerasulan Pusaka pukul 8 pagi. Ketika di aula siswa-siswi SMPK 7 PENABUR dibagi ke dalam 5 kelompok besar. Mereka diminta untuk membagikan pengalaman belajar mereka kepada siswa-siswi SMP PUSAKA. SMP PUSAKA terdiri dari 5 kelas mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Masing-masing kelas mendapatkan materi pelajaran yang beda-beda. Ada kelas yang mendapatkan pelajaran bahasa Mandarin, ada yang diajari Matematika dan ada juga yang diajari Bahasa Inggris. Keseruan dan antusias tampak dari wajah SMPK 7 PENABUR dan SMP PUSAKA. Selama kurang lebih 1 jam, siswa-siswi dari kedua sekolah menikmati momen sharing belajar dengan baik.

 

Setelah selesai melakukan sharing pelajaran, siswa-siswi SMPK 7 PENABUR melanjutkan kegiatannya dengan wisata ala Kampoeng Sakola. Ada 3 wisata yang akan dinikmati oleh siswa-siswi SMPK 7 PENABUR, yaitu wisata kuliner, wisata pertanian dan wisata kerajinan. Ketika berada di wisata kuliner, siswa-siswi SMPK 7 PENABUR diajari cara pembuatan dodol Kamsa, dodol khas desa Sindangjaya. Ketika berada di wisata pertanian, siswa-siswi SMPK 7 PENABUR diajari cara membuat petakan sawah dan menanam benih padi di sebuah petakan sawah yang telah disediakan. Pada saat di wisata kerajinan, siswa-siswi SMPK 7 PENABUR diajari cara pembuatan kerajinan dengan menggunakan bahan baku bambu. Kali ini siswa-siswi SMPK 7 PENABUR diajarkan cara pembuatan kotak pensil dari bambu.

Akhirnya waktu makan siang pun datang. Kali ini suguhan makan siang yang ditawarkan oleh pihak Kampoeng Sakola cukup unik. Makan bersama dengan gaya liwetan. Siswa-siswi SMPK 7 PENABUR dipersilahkan duduk secara berdampingan dengan cara bersila. Di hadapan mereka diletakkan daun pisang yang telah diatur secara memanjang. Di atas daun pisang itu disediakan nasi, ikan mujair goreng, tempe goreng, sayur lalapan dan sambal. Pengalaman makan bersama ala liwetan membawa pengalaman menyenangkan dan keseruan bagi siswa-siswi.

Pada malam harinya siswa-siswi SMPK 7 PENABUR mengadakan kebersamaan dengan remaja dan pemuda dari Gereja Kerasulan Pusaka. SMPK 7 PENABUR menampilkan keterampilan dalam bernanyi, bermain musik dan ngerap. Dari pihak Gereja Kerasulan Pusaka menampilkan paduan suara, musikalisasi puisi dan pembacaan puisi. Malam di hari kedua ditutup dengan doa bersama. Kemudian siswa-siswi kembali ke rumah induk semang untuk beristirahat.

Pada hari ketiga kegiatan siswa-siswi ditutup dengan kebaktian penutup. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pesan dan kesan dari siswa-siswi SMPK 7 PENABUR tentang pengalaman Live In selama di Kampoeng Sakola. Setelah semua acara selesai, siswa-siswi kembali ke Jakarta.

By: Osvaldo Herri Bangun

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 15 January 2020
BINA IMAN
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 15 February 2021
Perayaan Chinesse New Year dan Valentine’s Day 20...
Perayaan Chinesse New Year dan Valentine’s Day 20...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 22 March 2021
KEGIATAN HEALTHY DAY DAN CLASSMEETING KELAS 7 DAN...
KEGIATAN HEALTHY DAY DAN CLASSMEETING KELAS 7 DAN...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 04 November 2020
K7 CUP "EUNOIA"
K7 CUP "EUNOIA"
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 14 April 2021
Ibadah dan Perayaan PASKAH "Kebangkitan-Nya memul...
Selain melaksanakan ibadah dan perayaan paskah, k...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 22 March 2021
Pumping of Achievement "Champion Mentality”
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 25 October 2020
SUMPAH PEMUDA “Bersatu dan Bangkit”
Kegiatan peringatan Sumpah Pemuda merupakan salah...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 04 March 2020
Simulasi UNBK Guru
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 16 May 2020
Berbagi Pandemi
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 05 June 2020
Ibadah Syukur dan Pengumuman Kelulusan Kelas IX
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 26 September 2019
Open House SMPK 7 PENABUR
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 20 March 2019
LIVE IN 2019
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 11 March 2020
Streching
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 15 August 2019
Upacara Bendera & Pelantikan MPK, Tahun Pelajaran...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 04 September 2019
PENABUR INTERNATIONAL PICF CHOIR FESTIVAL
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 28 July 2020
Antusiasme Orang Tua Mengikuti POT via Daring
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 17 August 2020
HUT ke-75 RI di SMPK 7 PENABUR Jakarta
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 10 January 2020
Perjusa kelas 7
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 28 August 2019
Ibadah Bulanan SMPK 7 PENABUR
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 17 August 2019
Dirgahayu Republik Indonesia Ke-74
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 20 February 2020
Literasi "MEMBACA"
BERITA LAIN - 01 September 2020
P7 E-MAGZ VOL 1.1
BERITA LAIN - 10 November 2020
P7 E-MAGZ VOL 1.2
BERITA LAIN - 22 December 2020
Peringatan Hari Ibu "Kekuatan Doa"
BERITA LAIN - 25 December 2020
NATAL 2021 "Memaknai adalah Mensyukuri"

Choose Your School