Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan HETS (Help, Excuse me, Thank you, Sorry)

KEGIATAN SMPK 5 DALAM BERITA - 03 August 2020

Senin, 3 Agustus 2020 dilaksanakan kegiatan HETS (Help, Excuse me, Thank you dan Sorry) bagi siswa-siswi kelas 7 SMPK 5 PENABUR Jakarta. Kegiatan ini adalah program rutin  SMPK 5 PENABUR Jakarta yang bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus menanamkan karakter kesopanan dengan mengucapkan empat kata, yaitu Tolong, Permisi, Terima Kasih, dan Maaf  (Help, Excuse me, Thank you dan Sorry) dalam keseharian mereka.

Kegiatan HETS ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom yang dimulai  pukul 11.30 - 13.00 WIB. Pembicara dalam kegiatan ini adalah Ibu Rieke (Guru Bimbingan Konseling), Miss Olivia (Guru Bimbingan Konseling) dan Bapak Marthin (Guru Pendidikan Agama Kristen). Kegiatan  diawali dengan doa  sekaligus membuka secara resmi kegiatan  oleh  Ibu Febri selaku Ketua Panitia Kegiatan  HETS. Selanjutnya, penjelasan awal dari Ibu Rieke mengenai kondisi saat ini dimana keempat kata tersebut  sering kita lupakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pemateri pertama, yaitu Miss Olivia memaparkan  tentang Help.  Miss Olivia mengatakan pentingnya kata “tolong” karena pada dasarnya kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu, kita harus menggunakan kata “tolong” ketika kita ingin meminta bantuan dari orang lain. Untuk menarik antusiame anak-anak, sesi ini dilengkapi dengan learning activities, dimana anak-anak membuat satu kalimat dengan kata “tolong” di dalamnya. Terlihat antusiasme anak-anak dalam kegiatan ini.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Bapak Marthin mengenai “Excuse me dan Thank you”. Bapak Martin menekankan pentingnya kita mengucapkan kata permisi. Contoh sederhana  dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat ini, kita pun wajib mengucapkan kata permisi ketika ingin meminta izin minum ataupun ke toilet. Dalam pemaparan materi kata “Thank you” ,  Bapak Marthin mengangkat cerita dari alkitab tentang sepuluh orang kusta, dimana dari semua orang kusta yang disembuhkan tersebut, hanya satu orang saja yang mengucapkan terima kasih. Melalui cerita ini, kita diajarkan untuk tidak lupa berterima kasih ketika mendapatkan sesuatu  atau  sudah dibantu,  dan lain-lain.

Pemaparan terakhir adalah kata “Sorry” atau maaf. Di dalam penjelasan ini, Ibu Rieke menekankan pentingnya  kita mengatakan kata “maaf” ketika kita melakukan suatu kesalahan, memotong pembicaraan orang lain, dan lain-lain.

Setelah penjelasan dari ketiga pembicara tersebut, dilaksanakanlah quiziz secara online. Dalam permainan ini, pertanyaan-pertanyaan diberikan dan siapa yang tercepat dalam menjawab akan mendapat skor tertinggi dan  berhak menjadi juara. Setelah mendapat satu pemenang quiziz, Miss Olivia menjelaskan tentang HETS project, dimana anak-anak akan mengirim suatu chat, voice note (rekaman) atau video berkaitan dengan penerapan keempat kata tersebut dalam pembicaraan dengan orang tua masing-masing. Tugas tersebut dikumpulkan bersamaan dengan form evaluasi yang telah  disediakan. Dari project tersebut dipilih satu orang pemenang yang berhak mendapatkan hadiah menarik. Selama kegiatan berlangsung, keaktifan dan keterlibatan peserta juga dinilai oleh panitia. Satu peserta teraktif pun akan mendapatkan reward .  Kegiatan ditutup dengan refleksi dari dua orang murid dan diiakhiri  dengan doa penutup kegiatan  oleh Miss Novi.

 

                                                                                                   Ditulis dan dilaporkan oleh :

                                                                                                   Nofri (NN) dan Febri (FI)

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

IBADAH ONLINE - 18 May 2020
Ibadah Online 2019
IBADAH ONLINE - 27 August 2020
IBADAH GURU DAN KARYAWAN "DOA YANG SEDERHANA"
IBADAH ONLINE - 27 July 2020
IBADAH SYUKUR HUT 7 DASAWARSA BPK PENABUR
IBADAH ONLINE - 10 August 2020
4G (GOD, GROWTH, GENTLE, GENEROSITY) IBADAH ONLIN...
INFORMASI SEKOLAH - 21 August 2020
GLADIAN PEMIMPIN REGU
IBADAH ONLINE - 10 August 2020
4G (GOD, GROWTH, GENTLE, GENEROSITY) IBADAH ONLIN...
INFORMASI SEKOLAH - 21 August 2020
GLADIAN PEMIMPIN REGU
ARTIKEL GURU - 01 October 2020
Kesaktian Pancasila Bukti Kokohnya Persatuan Anak...
UPACARA BENDERA DARING - 03 August 2020
UPACARA DARING "TATA TERTIB" 03 Agustus 2020
KEGIATAN SMPK 5 DALAM BERITA - 10 July 2020
PRA-PLS "SERAH TERIMA SISWA DARI ORANG TUA DARI O...
UPACARA BENDERA DARING - 03 August 2020
UPACARA DARING "TATA TERTIB" 03 Agustus 2020
KEGIATAN SMPK 5 DALAM BERITA - 10 July 2020
PRA-PLS "SERAH TERIMA SISWA DARI ORANG TUA DARI O...
KEGIATAN SMPK 5 DALAM BERITA - 13 July 2020
PLS "MENJADI REKAN SEKERJA ALLAH" 13-16 JULI 2020
KEGIATAN SMPK 5 DALAM BERITA - 03 August 2020
Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan HETS...
KEGIATAN SMPK 5 DALAM BERITA - 10 August 2020
PELANTIKAN MAJELIS PERWAKILAN KELAS (MPK) PERIODE...

Choose Your School