PLS "MENJADI REKAN SEKERJA ALLAH" 13-16 JULI 2020

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 13 July 2020

Kegiatan PLS diadakan selama 4 hari dari Senin 13 Juli s.d. Kamis 16 Juli 2020.

a. Senin, 13 Juli 2020

  1. Kegiatan PLS diawali dengan mendata kehadiran siswa oleh masing-masing mentor kelompok.

Kemudian siswa/i bersama dengan para mentor dan pendamping OSIS bersama-sama menyaksikan penayangan video serentak. Lalu, dilanjutkan dengan pengisian angket dari Lapendik.

  1. Kemudian siswa istirahat dan dilanjutkan pengerjaan aktvitas. Anak mengerjakan berbagai aktivitas, yakni: melengkapi logo PENABUR, B.E.S.T, dan alamat sekolah. Aktivitas didampingi dan diawasi oleh mentor kelompok dan OSIS. Tugas dikumpulkan melalui Google Classroom masing-masing kelompok.
  2. Anak istirahat  dan  makan  siang,  kemudian  anak  mendengarkan  lagu  Mars  PENABUR  untuk memperkenalkan Mars PENABUR kepada anak-anak yang baru mengenal BPK PENABUR.
  3. Siswa kemudian melanjutkan aktivitas yakni: membuat video mencuci tangan dan merancang menu sehat. Tugas dikumpulkan melalui Google Classroom masing-masing kelompok.
  4. Siswa/i di kelompok masing-masing, menyanyikan lagu nasional: “Bangun Pemudi Pemuda” dan lagu daerah: “Hei Yamko Rambe Yamko”
  5. Di akhir, siswa mendapatkan pengarahan tentang upacara daring yang akan dilaksanakan pada hari

Selasa. Pengarahan dipimpin oleh mentor masing-masing kelompok

 

Selasa, 14 Juli 2020

  1. Kegiatan diawali dengan mendata kehadiran siswa/i oleh mentor kemudian dilanjutkan dengan renungan yang dipimpin oleh mentor.
  2. Seluruh siswa kemudian bergabung dalam Google Meet gabungan dan bersama-sama menyaksikan video tentang profil sekolah. Video profil sekolah berupa narasi komunikatif disampaikan oleh Ibu Ester Junianti, selaku Kepala Sekolah SMPK 5 PENABUR Jakarta. Dalam video ini dipaparkan tentang Visi dan Misi sekolah, formasi guru pengajar kelas 7, ciri khas SMPK 5 PENABUR Jakarta, 5S, peta sekolah, prestasi akamedik, prestasi nonakademik, prestasi olahraga, penjelasan PKBN2Kyang diwakili oleh Ibu Debora Sitompul, dan testimoni siswa.
  3. Siswa mengerjakan tugas tentang Visi dan Misi BPK PENABUR dan SMPK 5 PENABUR Jakarta. Pengerjaan dikumpulkan melalui Google Classroom kelompok masing-masing.
  4. Siswa menyaksikan bersama video tentang Wiyata Mandala. Materi Wiyata Mandala dibagi dalam dua bagian  dan  diselingi  oleh  istirahat.    Pemaparan  Wiyata  Mandala  diwakili  oleh  Bu  Vivi Soewondo (Wakamin). Dalam video tersebut, Bu Vivi Soewondo menjelaskan tentang protokol kesehatan memasuki gedung SMPK 5 PENABUR Jakarta. Selanjutnya, Bu Vivi Soewondo menjelaskan tentang fasilitas-fasilitas yang ada di SMPK 5 PENABUR Jakarta, yang ada di lantai 1 hingga 4. Dalam materi ini juga dijelaskan tentang perpustakaan yang diwakili oleh Pak Priyo Cahyo Sambodo dan Ibu Felomena Dwi Irwany Gagola.
  5. Setelah menyaksikan video Wiyata Mandala, siswa mengerjakan tugas tentang fasilitas sekolah. Kemudian dikumpulkan di Google Classroom.
  6. Siswa menyaksikan pemutaran video kurikulum yang disampaikan oleh Pak Kasman Tampubolon (Wakakur). Siswa diberitahukan tentang kurikulum yang berlaku di SMPK 5 PENABUR Jakarta, KKM untuk setiap mata pelajaran, rumusan perhitungan nilai, dan kriteria kenaikan kelas.
  7. Siswa menyanyikan lagu daerah: “Jali-jali”.
  8. Siswa bermain Games Virtual melalui bookwidgets.com pertanyaan TTS seputar materi di hari 1 dan materi di hari 2.
  9. Siswa menyaksikan video tentang ciri khas SMPK 5 PENABUR Jakarta dan kegiatan apa saja yang sudah terlaksana.
  10. Siswa menikmati istirahat dan makan siang
  11. Siswa menyanyikan lagu daerah: “Injit-injit Semut”.
  12. Siswa mengikuti upacara daring. Amanat upacara disampaikan oleh Ibu Novyani Dian Satyaningsih

(Wakasis)

  1. Kegiatan ditutup dengan pengarahan dari mentor kelompok dan doa di masing-masing kelompok.

 

Rabu, 15 Juli 2020

  1. Kegiatan diawali dengan mentor mendata kehadiran siswa/i dan dilanjutkan dengan renungan.
  2. Siswa kemudian mengikuti upacara daring dengan pembina mentor di tiap-tiap kelompok.
  3. Siswa menyanyikan lagu nasional: “Satu Nusa, Satu Bangsa”.
  4. Siswa mendengarkan penjelasan tentang cara belajar yang disampaikan oleh Bu Oliva Kristanti kemudian mengerjakan tugas tentang cara belajar dan dikumpulkan di  Google Classroom. Ibu Olivia Kristanti menjelaskan definisi dari belajar serta tiga pembagian cara belajar. Auditori, tipe belajar yang mengandalkan indra pendengaran. Visual, tipe belajar yang mudah dilakukan jika banyak membaca dan melihat. Serta Kinetik, tipe belajar paling dinamis yang mencakup banyak gerakan tubuh. Ibu Olivia Kristanti memotivasi anak agar belajar dengan cara belajar yang paling cocok dengan dirinya serta berkreasi menemukan cara-cara belajar yang membuat dirinya menyukai proses belajar itu sendiri.
  5. Siswa menyaksikan video tentang Bullying, kemudian istirahat, dan mengerjakan tugas tentang pengalaman mereka terkait bullying.
  6. Siswa menyayikan lagu nasional: “Garuda Pancasila”
  7. Siswa menyaksikan video tentang penjelasan “Tata Krama”. Video berisikan tentang penjelasan terkait etika baik di media sosial, baik di sekolah, di rumah, di tempat umum, dll. Kemudian siswa merekam kegiatan mereka yang berkaitan dengan tata krama bersama dengan keluarga mereka di rumah.
  8. Kemudian siswa bersama dengan para mentor di kelompok masing-masing, melakukan review untuk materi di hari pertama, kedua, dan ketiga. Kegiatan ini diselingi dengan istirahat. Review ini bertujuan untuk  menguji  apakah  mereka  menyimak  atau  tidak.  Dengan  review  ini  kita  bisa mengukur tingkat pemahaman siswa akan materi-materi sesi.
  9. Kegiatan ditutup dengan pengarahan dari mentor dan dilanjutkan dengan doa penutup.

 

Kamis, 16 Juli 2020

  1. Kegiatan diawali  dengan  pendataan  kehadiran  oleh  mentor  masing-masing  kelompok  dan dilanjutkan dengan renungan.
  2. Siswa  kemudian  diarahkan  ke  Gmeet  gabungan  dan  menyanyikan  lagu  nasional:  “Halo-halo Bandung”.
  3. Siswa menyaksikan video perkenalan OSIS SMPK 5 PENABUR Jakarta. Dalam video tersebut Bu Novi selaku Pembina OSIS memperkenalkan OSIS SMPK 5 PENABUR Jakarta secara umum. Kemudian, Gisela selaku ketua OSIS SMPK 5 PENABUR Jakarta memberitahu tugas-tugas OSIS, kemudian seksi bidang yang ada di OSIS, serta nama-nama pengurus OSIS. Video perkenalan OSIS diselingi oleh video kegiatan Leadership Camp. Kemudian OSIS yang bertugas mendampingi di hari Jumat diberikan kesempatan untuk menceritakan pengalamannya selama menjadi OSIS.
  4. Siswa menyaksikan video tentang perkenalan ektrakurikuler yang ada di SMPK 5 PENABUR Jakarta. Ada 7 eskur yang diperkenalkan di SMPK 5 PENABUR Jakarta.
  5. Siswa juga menyaksikan video kegiatan bersama yang dilakukan oleh PENABUR, diantaranya adalah: Spirit of Advanture (SOA) dan Jambore.
  6. Kemudian siswa mendengarkan penjelasan tentang Tata Tertib yang disampaikan oleh Ibu Novyani Dian Satyaningsih (Wakasis). Dalam penjelasannya, Ibu Novyani Dian Satyaningsih menjelaskan tentang Tata  Tertib  selama  PJJ  dan  juga  pemaparan  terkait  penggunaan  seragam  di  SMPK  5 PENABUR Jakarta.
  7. Kemudian siswa  melakukan  kebersamaan  kelompok.  Dalam  kebersamaan  kelompok  ini,  siswa diberitahu tentang kelasnya masing-masing.
  8. Siswa mengikuti upacara penutupan daring. Amanat pembina upacara disampaikan oleh Kepala Sekolah SMPK 5 PENABUR Jakarta.
  9. Siswa mengikuti pelatihan Zoom, Gmeet, dan Google Classroom bersama dengan Pak Sih Mirmo Widianto untuk mempersiapkan mereka dalam kegiatan PJJ.
Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA LAINNYA - 01 October 2020
Kesaktian Pancasila Bukti Kokohnya Persatuan Anak...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 10 July 2020
PRA-PLS "SERAH TERIMA SISWA DARI ORANG TUA DARI O...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 13 July 2020
PLS "MENJADI REKAN SEKERJA ALLAH" 13-16 JULI 2020
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 03 August 2020
Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan HETS...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 10 May 2021
TEMU PENGGALANG SMPK PENABUR JAKARTA
#BeGreatWithUs
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 19 March 2021
SEMINAR KESEHATAN "GAYA HIDUP SEHAT REMAJA DIMASA...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 10 August 2020
PELANTIKAN MAJELIS PERWAKILAN KELAS (MPK) PERIODE...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 03 August 2020
UPACARA DARING "TATA TERTIB" 03 Agustus 2020
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 21 August 2020
GLADIAN PEMIMPIN REGU
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 18 May 2020
Ibadah Online 2019
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 27 August 2020
IBADAH GURU DAN KARYAWAN "DOA YANG SEDERHANA"
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 27 July 2020
IBADAH SYUKUR HUT 7 DASAWARSA BPK PENABUR
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 10 August 2020
4G (GOD, GROWTH, GENTLE, GENEROSITY) IBADAH ONLIN...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 01 September 2020
SEMINAR "STOP BADWORDS & BULLYING"
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 08 March 2021
IBADAH ONLINE SISWA "MEWUJUDKAN RENCANA ALLAH"
#BeGreatWithUs
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 11 January 2021
UPACARA DARING "KEKELUARGAAN"
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 18 January 2021
IBADAH ONLINE "ANAK-ANAK BERPERAN DALAM KERAJAAN ...
#BeGreatWithUs
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 15 February 2021
IBADAH ONLINE SISWA "MENJADI PEMENANG"
#BeGreatWithUs
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 08 February 2021
UPACARA ONLINE "KESEHATAN
#BeGreatWithUs
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 26 February 2021
UJIAN PRAKTIK KELAS IX
#BeGreatWithUs
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 24 May 2021
IBADAH SISWA "GOLDEN RULES CHARACTER"

Choose Your School