Workshop Pengembangan Refleksi dalam Pembelajaran Di Kelas Jenjang SMPK PENABUR
Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 May 2022
(1) Refleksi adalah bagian integral dari proses pembelajaran.
(2) Berefleksi mensyaratkan proses berpikir kritis (dari level yang sangat sederhana sampai yang kompleks) dari para siswa terhadap situasi pembelajaran (dhi. materi dan juga interaksi antara siswa dan guru dan antara siswa dengan siswa) dalam proses pembelajaran (Khodijah 2011, 184; Jarvis, Holford dan Griffin 1998, 207).
(3) Refleksi yang terjadi mencakup respons siswa terhadap apa yang baru saja dipelajari, apa yang sudah diketahui, apa yang sementara dipikirkan yang kesemuanya dihubungkan (terhubung) dengan sejumlah pengalaman yang dimiliki oleh siswa sebelumnya. Proses berefleksi ini juga mencakup apa yang ingin dilakukan oleh siswa di waktu mendatang sebagai bentuk tindak lanjut dari apa yang diharapkan bisa diperbaiki atau dikembangkan dalam kehidupannya.
(4) Menurut Donna Matthews dan Joanne Foster, “Kebiasaan berpikir reflektif menyediakan titik berangkat yang baik bagi perkembangan karakter dan kebijaksanaan” (Matthews dan Foster 2014, 236). Itu berarti, jika kemampuan berefleksi siswa diolah dan dilatih dengan baik, maka ini bisa menjadi “wadah” yang baik untuk penanaman sejumlah karakter. Dengan berefleksi, para siswa diajak untuk berdiam diri sejenak untuk berpikir, merasai dan memikirkan tindakan konkrit. Menurut Joanne Foster, “individu yang mengambil waktu sejenak untuk berpikir tentang tindakannya, sikap dan perilakunya, kata-katanya, serta perasaannya dan berbagai potensi konsekuensi yang bisa dihadapi adalah tipe orang yang mampu membuat keputusan dengan lebih tepat” (Foster 2020).
(5) Posisi Refleksi dalam Proses Pembelajaran. Jika mengacu pada desain kurikulum BPK PENABUR dengan empat model pembelajaran yang dikembangkan: problem based learning, project based learning, discovery learning dan inquiry learning, maka didapati bahwa posisi dari refleksi tidak sama. Pada model problem based learning dan project based learning, posisi refleksi ada di dalam pembelajaran, sementara pada model discovery learning dan inquiry learning, refleksi ada pada bagian akhir.
Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR
Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur