WASTRA (Wonderful In Aspiration and STRAtegies)

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 19 July 2021

Menjadi siswa baru, berarti memasuki lingkungan sekolah yang baru dan bertemu dengan orang-orang yang baru. Agar tidak mengalami kecanggungan dan kekuatiran serta dapat mengenal lingkungan baru dengan baik , maka MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi siswa baru perlu diadakan. MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk mengenal program sekolah,  sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri dan pembinaan awal kultur sekolah. Dengan mengenal lingkungan sekolah secara baik, diharapkan siswa baru siap memasuki proses pembelajaran dapat  memaksimalkan potensi dan mengukir prestasi belajar baik dalam bidang akademik maupun non akademik serta mengembangkan kepemimpinan dan karakter.

 

MPLS SMA Kristen 6 PENABUR Jakarta berlangsung dari tanggal 12 Juli hingga 15 Juli 2021. Karena kondisi pandemi yang masih berlangsung, maka acara MPLS dilakukan secara online melalui media zoom. Jumlah siswa kelas X yang mengikuti adalah 181 siswa. Tema MPLS tahun ini adalah WASTRA (Wonderful In Aspiration and STRAtegies). “WASTRA” merupakan kata serapan dari bahasa sansekerta yang artinya selembar kain. Setiap siswa baru (peserta MPLS) yang masuk di SMA Kristen 6 diibaratkan seperti selembar kain yang akan dhias, digambar sehingga pada lulus nanti akan menghasilkan kain dengan gambar yang berkualitas. Untuk menjadikan kain yang berkualitas maka diperlukan proses yang cukup panjang. Proses itu dimulai saat ini ketika mereka mengikuti MPLS. Peserta MPLS dibagi menjadi 4 kelompok kain (Lurik, Kebat, Ulos, Tenun). Setiap kain mewakili daerah di Indonesia. Lurik berasal dari daerah Yogjakarta, Kebat dari Kalimantana Barat, Ulos dari Sumatra Utara, Tenun dari Nusa Tenggara Timur.

 

Setiap hari peserta MPLS bergabung di zoom pkl. 06.30 mengikuti renungan pagi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Visi Misi PENABUR dan menyanyikan mars PENABUR. Hari pertama peserta mengikuti Ibadah Awal Tahun Pelajaran bersama dengan siswa kelas XI dan XII, pembukaan acara MPLS ditandai dengan pemberian name tag oleh kepala sekolah pada salah satu peserta secara simbolik. Tak kenal maka tak sayang, demikian pepatah mengatakan,  supaya dapat kenal dan sayang, maka peserta dikenalkan  dengan guru dan karyawan, profil BPK PENABUR, BEST dan SMA Kristen 6 yang dibawakan oleh kepala sekolah dan wakil kesiswaan. Yang tidak kalah pentingnya adalah informasi tentang kurikulum SMA Kristen 6 dibawakan oleh wakil kurikulum. Acara diakhiri pkl.13.00 dengan menyanyikan lagu wajib dan doa penutup.

 

Hari kedua, peserta MPLS dibekali dengan informasi tentang PKBN2K, Penerapan Prokes dan Peningkatan Imunitas dalam Menjalani Hybrid Learning, DofEIA, Pengenalan Upacara Bendera dan baris Berbaris, Wawasan Wiyata Mandala. Semua materi disampaikan oleh wakil kepala sekolah dan guru-guru. Acara diakhiri pkl.13.00 dengan menyanyikan lagu wajib dan doa penutup.

 

Hari ketiga, diisi dengan materi mempelajari beberapa lagu wajib nasional dan daerah, Leadership yang dibawakan oleh Bpk. Untung Subroto, M.Psi., Psikolog, Time Management disampaikan oleh Bpk. Dr. Christian Fredy Naa, M.Si.,M.Sc.. Acara dilanjutkan materi Penegak dan Bantara, lalu upacara penerimaan tamu penegak. Kegiatan diakhiri pkl.13.00 dengan menyanyikan lagu wajib dan dan doa penutup.

 

Hari keempat, peserta dilengkapi dengan bagian perpustakaan SMA Kristen 6 PENABUR yang menerangkan bagaimana cara meminjam buku, penggunaan e-Lib dll, acara dilanjutkan dengan pemberian informasi tentang Ciri Khas Sekolah (Entrepreneurship) dan Program serta Demo Ekstrakurikuler. Peserta juga dibekali dengan pengetahuan bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak dibawakan oleh Bpk. Dedy Budiman, M.Pd., CMA. Kebersamaan dalam kelompok yang dipimpin oleh kakak-kakak turut menambah meriah kegiatan MPLS. Acara MPLS ditutup pkl.13.30 secara simbolik dengan melepaskan name tag dan pemberian serta pemakaian seragam kepada salah satu peserta.

 

Acara MPLS sudah selesai dilaksanakan. Biarlah acara ini dapat memperlengkapi setiap siswa kelas X untuk belajar di SMA Kristen 6 PENABUR. Doa kami panitia MPLS,  biarlah benih yang sudah ditabur jatuh di tanah yang subur sehingga benih itu tumbuh dan menghasilkan buah pada waktuNya. Soli Deo Gloria.

 

 

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 09 August 2023
H-3 PENABUR SPECTACULAR
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 03 August 2023
KEBAKTIAN BULANAN SMAK 6 PENABUR
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 07 August 2023
BEKAL SEHAT 7 AGUSTUS 2023
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 04 August 2023
TIK TOK A-SIX 4 AGUSTUS 2023
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 03 August 2023
PENERIMAAN SISWA BARU TP 2024 - 2025
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 07 July 2023
Flying Car
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 07 July 2023
Keandalan Gen-Z Dalam Menggunakan Medsos
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 10 July 2023
Kecanduan Gadget pada Masa Kini
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 10 July 2023
Kegunaan Neuralink microchip otak di kehidupan se...
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 11 July 2023
Kemajuan ChatGPT dalam dunia
-
Berita Lainnya - 12 November 2021
Menyambut Malaikat
Berita Lainnya - 15 November 2021
Merdeka! (1)
-
Berita Lainnya - 16 November 2021
Ragi di Adonan
-
Berita Lainnya - 17 November 2021
Merdeka Dan Mengasihi
-
Berita Lainnya - 18 November 2021
Dipimpin Roh
-
Berita Lainnya - 02 October 2023
Diary of a Wimpy Kid DOG DAYS
Berita Lainnya - 02 October 2023
Artemis Fowl dan Koloni yang Hilang
-
Berita Lainnya - 02 October 2023
Rasa
-
Berita Lainnya - 02 October 2023
Chicken Soup for the College Soul
-
Berita Lainnya - 02 October 2023
Membalas Jasa
-
Berita Lainnya - 26 January 2024
POW GISELLE
Berita Lainnya - 26 January 2024
POW JEAN
-
Berita Lainnya - 26 January 2024
POW JEANNETE
-
Berita Lainnya - 26 January 2024
POW KENJIRO
-
Berita Lainnya - 26 January 2024
POW LIONEL
-

Choose Your School

GO