Chinese New Year Celebration 2022 : “Let’s Gong Xi and Learn About Shio“

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 16 February 2022

        

Imlek adalah tahun baru dalam sistem penanggalan China yang kerap diperingati dengan tradisi yang unik. Perayaan Imlek 2022 sendiri, nantinya akan bertepatan dengan tanggal 1 Februari 2022. Berbeda dengan kalender Masehi, perhitungan kalender lunar atau Imlek didasarkan pada siklus bulan. Sebab itulah, ketetapan tanggal Imlek sedikit berbeda dari tahun ke tahun.Setiap tahun dalam kalender lunar diwakili oleh salah satu 12 hewan, yakni anjing, babi/babi hutan, tikus, lembu, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, domba, monyet, dan ayam jago. Adapun berdasarkan penanggalan China, tahun 2022 ini merupakan tahun Harimau.

 

Pada hari Kamis, 3 Februari 2022, SMA Kristen 6 PENABUR Jakarta menyelenggarakan kembali acara Chinese New Year Celebration secara online tanpa mengurangi makna atas perayaan dan kebersamaan acara CNY 2022 ini. Selain itu, siswa juga lebih mengenal mengenai perayaan dan budaya Imlek, termasuk sejarah Shio dan penanggalan tahun baru Imlek ini, sehingga diharapkan melalui acara ini, tumbuh rasa menghargai budaya Tionghoa dan sikap menghormati sesamanya.

 

Acara dimulai pada pukul 09.30 yang dipandu oleh Bapak Benny Sjahlan untuk mempersiapkan semua peserta siap mengikuti jalannya acara melalui membuka dan memposisikan diri di kamera secara benar. Acara secara resmi dibuka melalui doa pembuka yang dipimpin oleh Bapak Anggi Wibawanto agar acara CNY 2022 dapat berlangsung dengan baik dan makna kebersamaan dapat dirasakan oleh semua yang hadir di zoom. Setelah itu, dilanjutkan dengan acara foto bersama, yang diarahkan oleh Bapak Richard Losando.

     

                          Gambar 1. Sapaan Imlek 2022 oleh Bapak Hendro Wibowo

     

Pelaksanaan rangkaian acara CNY 2022 dipandu oleh MC siswa, yaitu Jonathan kelas X MIPA 2 dan Aurelia kelas XI MIPA 2. Sebelumnya, Bapak Hendro Wibowo mewakili wali penghubung, menyampaikan salam pembuka dan sapaan Imlek 2022 kepada seluruh peserta. Untuk menambah semangat dan meningkatkan suasana menyenangkan, acara dilanjutkan dengan permainan platform Kahoot. MC  membacakan teknis pelaksanaan dan mengajak seluruh peserta yang hadir di zoom agar terlibat mengikuti permainan ini. Pertanyaan yang diberikan adalah seputar Imlek. Selain mudah diikuti, ternyata kuis ini berhadiah untuk lima orang peraih nilai tertinggi, yang menambah antusias seluruh peserta terlibat kuis ini. Suasana tambah menyenangkan.

Gambar 2. Drama tentang History of Shio oleh siswa-siswi LM Mandarin XI

     

                              Gambar 3. Performance oleh Blue Band kelas XI

Untuk menambah suasana lebih seru, acara dimeriahkan oleh Blue Band, yang terdiri dari siswa kelas XI yaitu Nicholas, Seivelyn, dan Josh. Keseruan ditingkatkan lagi melalui drama tentang History of Shio yang diperankan oleh beberapa siswa-siswi yang mengikuti Lintas Minat Mandari kelas X dan XI. Banyak pengetahuan yang diperoleh mengenai Shio terutama dalam urutan Shio. Agar pengetahuan sejarah shio tidak dilupakan begitu saja, acara dilanjutkan dengan talk show yang dipandu oleh Ibu Damaris Neny untuk mendampingi pembawa materi, yaitu Laoshi Cindy mengenai Shio dan Budaya Imlek. Pengetahuan yang diperoleh selama kita menyimak talk show ini dan menambah semangat untuk mengikuti acara CNY 2022, diadakan kembali kuis tanya jawab berhadiah yang masih dipandu oleh Ibu Damaris Neny.

  Gambar 4. Talk Show bersama Laoshi Cindy Fransisca dan dipandu oleh Damaris Neny

  

                      Gambar 5. Singing Performance : Bapak Anggi dan Laoshi Cindy

 

Setelah memeras pikiran dalam menjawab kuis, peserta dapat beristirahat sejenak sambil menikmati sajian lagu berbahasa Mandarin yang dibawakan oleh Bapak Anggi dan Laoshi Cindy. Jonathan dan Aurelia membantu untuk mencari tahu makna lagu dan proses persiapan yang dilakukan oleh Bapak Anggi dan Laoshi Cindy. Bakat-bakat lain juga terus ditampilkan. Salah satunya penampilan make up art oleh Jennibelle kelas XI IPA 2. Sekitar pukul 10.57, acara dilanjutkan dengan kesan para alumni yang kuliah di Singapura dan Taiwan mengenai perayaan Imlek di sana, yaitu Jennifer Jane, Kelvin Leo, dan Leticia Mayoshe. Kemeriahan acara terus meningkat, dengan penampilan bakat oleh Christabel Rusli dan Jessica Suryadi dalam duet Castle yang menyanyikan lagu yang sudah dikenal banyak orang dengan judul “Tong Hua”. Memang acara CNY 2022 tahun ini dipenuhi oleh penampilan bakat-bakat yang luar biasa oleh siswa-siswi SMAK 6 PENABUR Jakarta, yaitu performance Modern Dance oleh siswa-siswi Seni Tari kelas 11.

Gambar 6. Make Up Art Performance : Jennibelle

Gambar 7. Modern Dance Performance Siswa kelas XI

Gambar 8. Pemenang Juara Lomba Tik Tok

 

Setelah disuguhi oleh berbagai penampilan bakat yang bertaburan, MC mengajak kilas balik perayaan Imlek di sekolah kita secara onsite melalui pemutaran video rekap tahun sebelumnya. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba tik tok dengan tema seputar perayaan Imlek 2022, dan diikuti oleh pengisian form evaluasi serta beberapa pengumuman. Acara CNY2022 ditutup oleh doa yang dibawakan oleh Bapak Adhi Dharmasaputro. Demikianlah rangkaian acara CNY 2022 di SMA Kristen 6 PENABUR Jakarta yang sungguh diwarnai dengan  keseruan dan dikemas menarik karena kaya akan budaya Tionghoa dan sejarah Shio yang sungguh terasa dalam kemeriahan perayaan Imlek tahun ini, walau hanya dilakukan secara online. Sampai berjumpa di acara CNY untuk tahun berikutnya. Sukses selalu untuk seluruh keluarga besar SMA Kristen 6 PENABUR Jakarta di tahun baru ini.  

 

Penulis : Benny Sjahlan, S.T.

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 09 August 2023
H-3 PENABUR SPECTACULAR
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 03 August 2023
KEBAKTIAN BULANAN SMAK 6 PENABUR
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 07 August 2023
BEKAL SEHAT 7 AGUSTUS 2023
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 04 August 2023
TIK TOK A-SIX 4 AGUSTUS 2023
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 03 August 2023
PENERIMAAN SISWA BARU TP 2024 - 2025
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 02 September 2023
EDUFAIR 2 SEPTEMBER 2023
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 30 August 2023
WHY YOU SHOULDN'T BE AFRAID OF AI
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 03 July 2023
Apakah Teknologi Dapat Menyebabkan Generasi Manja
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 03 July 2023
Augmented Reality
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 04 July 2023
Apakah Laptop Lebih Berguna dari Handphone di Mas...
-
Berita Lainnya - 03 February 2021
Hati Dan Makanan
Berita Lainnya - 10 February 2021
Rendah Hati Vs Rendah Diri
Berita Lainnya - 15 February 2021
Knowing Others
Berita Lainnya - 22 February 2021
Mindfulness
Berita Lainnya - 23 February 2021
Be Joyful!
Berita Lainnya - 27 September 2023
RESENSI BUKU ASIX Hate List
Berita Lainnya - 27 September 2023
RESENSI BUKU ASIX Why? Komputer
-
Berita Lainnya - 27 September 2023
RESENSI BUKU ASIX TELUK ALASKA
-
Berita Lainnya - 27 September 2023
RESENSI BUKU ASIK The Cashflow Quadrant
-
Berita Lainnya - 27 September 2023
RESENSI BUKU ASIX IN THE MIDST OF WINTER
-
Berita Lainnya - 09 January 2024
POW BIANCA
Berita Lainnya - 09 January 2024
POW CAITLYN
-
Berita Lainnya - 09 January 2024
POW CARSHENA
-
Berita Lainnya - 09 January 2024
POW CELIA
-
Berita Lainnya - 09 January 2024
POW CHELSEA
-

Choose Your School

GO