Chinese New Year Celebration 2022 : “Let’s Gong Xi and Learn About Shio“

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 16 February 2022

        

Imlek adalah tahun baru dalam sistem penanggalan China yang kerap diperingati dengan tradisi yang unik. Perayaan Imlek 2022 sendiri, nantinya akan bertepatan dengan tanggal 1 Februari 2022. Berbeda dengan kalender Masehi, perhitungan kalender lunar atau Imlek didasarkan pada siklus bulan. Sebab itulah, ketetapan tanggal Imlek sedikit berbeda dari tahun ke tahun.Setiap tahun dalam kalender lunar diwakili oleh salah satu 12 hewan, yakni anjing, babi/babi hutan, tikus, lembu, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, domba, monyet, dan ayam jago. Adapun berdasarkan penanggalan China, tahun 2022 ini merupakan tahun Harimau.

 

Pada hari Kamis, 3 Februari 2022, SMA Kristen 6 PENABUR Jakarta menyelenggarakan kembali acara Chinese New Year Celebration secara online tanpa mengurangi makna atas perayaan dan kebersamaan acara CNY 2022 ini. Selain itu, siswa juga lebih mengenal mengenai perayaan dan budaya Imlek, termasuk sejarah Shio dan penanggalan tahun baru Imlek ini, sehingga diharapkan melalui acara ini, tumbuh rasa menghargai budaya Tionghoa dan sikap menghormati sesamanya.

 

Acara dimulai pada pukul 09.30 yang dipandu oleh Bapak Benny Sjahlan untuk mempersiapkan semua peserta siap mengikuti jalannya acara melalui membuka dan memposisikan diri di kamera secara benar. Acara secara resmi dibuka melalui doa pembuka yang dipimpin oleh Bapak Anggi Wibawanto agar acara CNY 2022 dapat berlangsung dengan baik dan makna kebersamaan dapat dirasakan oleh semua yang hadir di zoom. Setelah itu, dilanjutkan dengan acara foto bersama, yang diarahkan oleh Bapak Richard Losando.

     

                          Gambar 1. Sapaan Imlek 2022 oleh Bapak Hendro Wibowo

     

Pelaksanaan rangkaian acara CNY 2022 dipandu oleh MC siswa, yaitu Jonathan kelas X MIPA 2 dan Aurelia kelas XI MIPA 2. Sebelumnya, Bapak Hendro Wibowo mewakili wali penghubung, menyampaikan salam pembuka dan sapaan Imlek 2022 kepada seluruh peserta. Untuk menambah semangat dan meningkatkan suasana menyenangkan, acara dilanjutkan dengan permainan platform Kahoot. MC  membacakan teknis pelaksanaan dan mengajak seluruh peserta yang hadir di zoom agar terlibat mengikuti permainan ini. Pertanyaan yang diberikan adalah seputar Imlek. Selain mudah diikuti, ternyata kuis ini berhadiah untuk lima orang peraih nilai tertinggi, yang menambah antusias seluruh peserta terlibat kuis ini. Suasana tambah menyenangkan.

Gambar 2. Drama tentang History of Shio oleh siswa-siswi LM Mandarin XI

     

                              Gambar 3. Performance oleh Blue Band kelas XI

Untuk menambah suasana lebih seru, acara dimeriahkan oleh Blue Band, yang terdiri dari siswa kelas XI yaitu Nicholas, Seivelyn, dan Josh. Keseruan ditingkatkan lagi melalui drama tentang History of Shio yang diperankan oleh beberapa siswa-siswi yang mengikuti Lintas Minat Mandari kelas X dan XI. Banyak pengetahuan yang diperoleh mengenai Shio terutama dalam urutan Shio. Agar pengetahuan sejarah shio tidak dilupakan begitu saja, acara dilanjutkan dengan talk show yang dipandu oleh Ibu Damaris Neny untuk mendampingi pembawa materi, yaitu Laoshi Cindy mengenai Shio dan Budaya Imlek. Pengetahuan yang diperoleh selama kita menyimak talk show ini dan menambah semangat untuk mengikuti acara CNY 2022, diadakan kembali kuis tanya jawab berhadiah yang masih dipandu oleh Ibu Damaris Neny.

  Gambar 4. Talk Show bersama Laoshi Cindy Fransisca dan dipandu oleh Damaris Neny

  

                      Gambar 5. Singing Performance : Bapak Anggi dan Laoshi Cindy

 

Setelah memeras pikiran dalam menjawab kuis, peserta dapat beristirahat sejenak sambil menikmati sajian lagu berbahasa Mandarin yang dibawakan oleh Bapak Anggi dan Laoshi Cindy. Jonathan dan Aurelia membantu untuk mencari tahu makna lagu dan proses persiapan yang dilakukan oleh Bapak Anggi dan Laoshi Cindy. Bakat-bakat lain juga terus ditampilkan. Salah satunya penampilan make up art oleh Jennibelle kelas XI IPA 2. Sekitar pukul 10.57, acara dilanjutkan dengan kesan para alumni yang kuliah di Singapura dan Taiwan mengenai perayaan Imlek di sana, yaitu Jennifer Jane, Kelvin Leo, dan Leticia Mayoshe. Kemeriahan acara terus meningkat, dengan penampilan bakat oleh Christabel Rusli dan Jessica Suryadi dalam duet Castle yang menyanyikan lagu yang sudah dikenal banyak orang dengan judul “Tong Hua”. Memang acara CNY 2022 tahun ini dipenuhi oleh penampilan bakat-bakat yang luar biasa oleh siswa-siswi SMAK 6 PENABUR Jakarta, yaitu performance Modern Dance oleh siswa-siswi Seni Tari kelas 11.

Gambar 6. Make Up Art Performance : Jennibelle

Gambar 7. Modern Dance Performance Siswa kelas XI

Gambar 8. Pemenang Juara Lomba Tik Tok

 

Setelah disuguhi oleh berbagai penampilan bakat yang bertaburan, MC mengajak kilas balik perayaan Imlek di sekolah kita secara onsite melalui pemutaran video rekap tahun sebelumnya. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba tik tok dengan tema seputar perayaan Imlek 2022, dan diikuti oleh pengisian form evaluasi serta beberapa pengumuman. Acara CNY2022 ditutup oleh doa yang dibawakan oleh Bapak Adhi Dharmasaputro. Demikianlah rangkaian acara CNY 2022 di SMA Kristen 6 PENABUR Jakarta yang sungguh diwarnai dengan  keseruan dan dikemas menarik karena kaya akan budaya Tionghoa dan sejarah Shio yang sungguh terasa dalam kemeriahan perayaan Imlek tahun ini, walau hanya dilakukan secara online. Sampai berjumpa di acara CNY untuk tahun berikutnya. Sukses selalu untuk seluruh keluarga besar SMA Kristen 6 PENABUR Jakarta di tahun baru ini.  

 

Penulis : Benny Sjahlan, S.T.

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 02 May 2020
Wisuda
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 21 May 2021
Jadwal Kegiatan Sekolah 24 - 28 Mei 2021
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 28 May 2021
Jadwal Kegiatan 31 Mei - 4 Juni 2021
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 04 June 2021
Jadwal Kegiatan SMA Kristen 6 PENABUR Juni 2021
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 11 June 2021
Jadwal Kegiatan Sekolah 14 - 18 Juni 2021
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 11 February 2022
Jadwal Kegiatan Sekolah 14 -18 Februari 2022
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 25 October 2021
Sixplosion 2021 Chapter 2 : Florescentia
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 16 February 2022
Chinese New Year Celebration 2022 : “Let’s Gong X...
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 13 September 2021
Belajar Nilai PKBN2K Melalui “PEACE” Melalui kegi...
-
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 17 February 2022
PERSELA Kelas XI 2022
-
Berita Lainnya - 24 March 2021
Kesetaraan
Berita Lainnya - 26 March 2021
Oleh Kuasa Roh Kudus
-
Berita Lainnya - 29 March 2021
Saling Melengkapi
-
Berita Lainnya - 30 March 2021
Rasa Saling Memiliki
-
Berita Lainnya - 31 March 2021
Itulah Kasih
-
Berita Lainnya - 01 November 2021
Berkenan kepada Siapa?
Berita Lainnya - 02 November 2021
Tak Mau Disesatkan
-
Berita Lainnya - 01 November 2021
Orangtua menjadi sahabat terbaik untuk anak-anakn...
-
Berita Lainnya - 01 November 2021
Peran Agama Dalam Membantu Mengurangi Tindakan Ko...
-
Berita Lainnya - 03 November 2021
Kelam Jadi Gemilang
-
Berita Lainnya - 24 February 2022
Kelompok Tumbuh Bersama Di Sekolah Sebagai Komuni...
Berita Lainnya - 25 February 2022
“Asix-nya Belajar Bahasa Jepang: Nihongo”
-
Berita Lainnya - 25 February 2022
Upload, Ah!
-
Berita Lainnya - 01 March 2022
IPA VS IPS: MANA YANG LEBIH BAIK?
-
Berita Lainnya - 01 March 2022
Tidak Sempurna
-

Choose Your School