Teknologi Internet sebagai Sahabat Pembelajaran Jarak Jauh
WEB CONTENT - 17 February 2022
Pembelajaran Jarak Jauh dengan Alat Bantu Teknologi
Pendidikan adalah salah satu aspek terpenting dalam pembentukan karakter anak bangsa. Dalam proses pendidikan, untuk mendapatkan hasil yang terbaik seorang pendidik harus menguasai berbagai media pembelajaran. Seiring berjalannya waktu, sektor pendidikan bergerak sesuai dengan perkembangan zaman. Di masa pandemi ini, sektor pendidikan juga mengalami perubahan dan dituntut untuk menyesuaikan diri dengan keadaan, terutama Lembaga Pendidikan harus mentransformasikan media Pembelajaran Jarak Jauh di masa pandemi ini.
Semenjak masa pandemi Covid-19, hampir seluruh sekolah di Indonesia mengambil kebijakan untuk pembelajaran daring atau yang biasa disebut Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Untuk melaksanakan kegiatan belajar di rumah, dibutuhkan fasilitas yang memadai seperti gawai, kuota, dan akses internet. Dengan adanya sistem Pembelajaran Jarak Jauh (daring) membuat pendidikan Indonesia lebih maju. Salah satu kemajuannya dengan memanfaatkan teknologi mutakhir kelas online dengan sarana yang variatif.
Kemajuan yang terjadi dalam dunia teknologi komunikasi dan informasi memunculkan peluang maupun tantangan baru dalam dunia pendidikan. Peluang baru yang muncul termasuk akses yang lebih luas terhadap konten multimedia yang lebih kaya, dan berkembangnya metode Pembelajaran Jarak Jauh yang baru serta tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Bagi peserta didik, kemajuan teknologi mampu menanamkan “daya kritis” kepada murid untuk menjadi orang revolusioner. Di sisi lain, kemajuan teknologi dengan beragam inovasi digital yang terus berkembang juga menghadirkan tantangan baru bagi guru.
Untuk mengatasi hal tersebut, guru diberikan pelatihan melalui webinar ataupun workshop agar para tenaga pendidik dapat meningkatkan kualitas Pembelajaran Jarak Jauh yang efektif dan menarik bagi para peserta didik. Sehingga diharapkan tenaga pendidik dapat memaksimalkan berbagai platform yang tersedia di internet untuk memberikan pengajaran yang menyenangkan, efektif, dan menarik, seperti penggunaan YouTube, Google Docs, Google Form, Canva, moodle, dan sebagainya.
Guru pun menerapkan hasil pelatihan yang diikuti dalam Pembelajaran Jarak Jauh sehingga menghasilkan pembelajaran yang efektif, kritis, dan inovatif. Selain menggunakan Zoom dan Google Meet, guru juga menggunakan platform Kahoot, Quizziz, Wordwall, Quizlet, dll sebagai pemecah suasana di kelas. Antusias peserta didik pun bertambah dengan adanya interaksi bersama guru menggunakan fitur breakout room pada Zoom dan menjadikan dorongan bagi peserta didik untuk lebih semangat mengikuti pembelajaran.
Bagi para guru, rangkaian pelatihan dan webinar yang diadakan dianggap sangat relevan, dimana para guru dapat mengetahui berbagai macam hal sekaligus, seperti cara membuat konten pembelajaran yang menarik. Para guru pun dapat mengaplikasikannya di kelas dan membantu peserta didik dalam memperoleh pengetahuan belajar secara langsung melalui penggunaan media konkrit yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari. Juga menciptakan Pembelajaran Jarak Jauh yang mampu meningkatkan kreativitas anak.
Peningkatan Kreativitas Peserta Didik dalam Bentuk Karya
Di tengah pandemi Covid-19 ini, sistem pendidikan kita harus siap melakukan lompatan untuk melakukan transformasi Pembelajaran Jarak Jauh bagi peserta didik dan oleh semua guru. Kita memasuki era baru untuk membangun kreativitas, mengasah skill peserta didik, dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang, dan pola interaksi kita dengan teknologi. Karena kegiatan belajar mengajar harus tetap berjalan dalam kondisi apapun. Dengan demikian, teknologi dan digital di era pembelajaran visual sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.
Penggunaan media pembelajaran visual tersebut merupakan alat bantu bagi guru dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh. Dengan menggunakan media visual dalam proses pembelajaran, peserta didik mampu menghilangkan rasa jenuh bila dibandingkan dengan proses pembelajaran yang verbal semata, sehingga peserta didik lebih mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung serta memunculkan semangat belajar, kreativitas, berpikir kritis, motivasi, dan prestasi belajarnya juga meningkat.
Didapuk sebagai ‘sahabat Pembelajaran Jarak Jauh,’ penggunaan media pembelajaran visual menjadi pendukung penting dalam proses pembelajaran. Kini, para guru handal dalam menggunakan alat bantu pengajaran yang telah disesuaikan dengan keadaan saat ini. Alat bantu dapat merangsang tumbuhnya perhatian, sehingga dapat mengembangkan keterampilan, kreativitas, berpikir kritis, dan interaksi antara guru dan peserta didik. Dengan interaksi antara guru dan peserta didik, terbentuklah ruang diskusi yang memudahkan peserta didik untuk menyalurkan ide, pendapat, dan masukan.
Penulis: Tim 2
Siswa : Sabrina Audrey Madala Davita dan Cecilia Sharene Shevantya
Guru Pendamping : Brigitha Dina Anggraeni, S. S.
Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR
Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur