Home Learning di Tengah Pandemi Covid-19 - SMPK 4 PENABUR Jakarta

Aktivitas Siswa - 23 March 2020

Home Learning di Tengah Pandemi Covid-19


Siapa sih yang menyangkan akan melakukan Work From Home selama beberapa bulan secara mendadak. Siap tak siap kita memang harus melakukannya. Berbagai upaya penerapan pembatasan sosial harus dilaksanakan demi mencegah meluasnya penyebaran virus korona. Salah satunya adalah ”merumahkan” dunia pendidikan, antara lain meminta pendidikan di berbagai jenjang menerapkan pembelajaran jarak jauh dari rumah masing-masing. Keharusan berada di rumah membuat anak-anak melakukan semua aktivitas yang seharusnya dilakukan di sekolah diganti dengan Home Learning.


Home learning memang menjadi hal baru bagi pendidikan di Indonesia. Kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan tatap muka, kini diganti dengan tatap layar monitor untuk mengecek materi yang diupload oleh para pengajar. Oleh karena itu, masih banyak kendala yang dihadapi oleh pengajar dan pembelajar. Tak arang jika masih ditemui salah persepsi antar satu individu. Belajar dari rumah ternyata tidak semudah yang dibayangkan.


Jika diperhatikan dari segi pengajar, mungkin Home Learning membuat mereka tidak secara maksimal dalam penyampaian materi. Selain itu, mereka juga tidak mengetahui psikologi anak ketika mereka mengerjakan soal. Walaupun sudah diupayakan lewat Google Zoom atau Google Meeting, tetapi tetap saja tidak maksimal bagi pengajar. Mungkin itu salah satu kendala yang dihadapi guru. Di sisi lain, peserta didik juga tidak mendapat info secara jelas. Ketika mereka bertatap muka mereka dapat bertanya kepada guru ketika tidak mengerti dan mungkin setiap peserta didik berbeda dalam situasi seperti ini. Ada yang merasa senang karena bisa di rumah saja dan bisa bermain game tanpa harus terganggu ke sekolah, ada juga yang merasa bosan, atau ada yang menyepelekan tugas dari guru. Hal ini menyebabkan kendala yang mengakibatkan pengumpulan tugas menjadi terlambat. Itu sebabnya kita tidak mengetahui psikologi anak selama pembelajaran di rumah.


Terlepas dari itu, guru sudah berupaya mengaplikasikan pembelajaran yang menarik. Menggunakan teknologi yang belum pernah dilakukan di sekolah dengan upaya menumbuhkan kreativitas peserta didik untuk menghindari rasa bosan yang dirasakan selama pembelajaran di rumah. Seperti kata Florence Beetlestone dalam bukunya “Creative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreativitas Siswa.” Dalam buku tersebut dijelaskan tiga unsur pembelajaran kreatif, yaitu guru, siswa, dan konteks. Maksudnya guru harus mengetahui karakteristik dan psikologi siswa dalam pembelajaran untuk terciptanya pembelajaran bermakna. Yah, semoga ditengah pandemi seperti ini pembelajaran bermakna yang dilakukan di rumah masih bisa dilaksanakan antar elemen sekolah dan menghasilkan output yang sama, seperti halnya pembelajaran di sekolah.


Tetapi tidak ada yang bisa dilakukan untuk segera mengakhiri pandemi ini, selain di rumah saja. Tidak ada yang mau berlama-lama dalam situasi seperti ini. Maka, mari kita sama-sama untuk saling berupaya mengakhiri pandemi ini. Tetap lakukan imbauhan pemerintah dan tetap di rumah saja supaya kegiatan pembelajaran di sekolah kembali sedia kala. Tuhan memberkati J

 

Guru SMPK 4 PENABUR

Cicilia Kumara H

Tags:

Read More

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Aktivitas Siswa - 11 November 2019
Pelantikan MPK (Majelis Perwakilan Kelas) Tahun A...
Aktivitas Siswa - 31 October 2019
Karyawisata Kelas 7 SMPK 4 PENABUR Jakarta 2019
Aktivitas Siswa - 23 March 2020
Home Learning di Tengah Pandemi Covid-19 - SMPK 4...
Aktivitas Siswa - 02 September 2020
P4RT (P4 Real Talent) 2020
Aktivitas Siswa - 08 November 2019
Pengalaman Jonathan (9G) Mendaki Gunung ELBRUS
Aktivitas Siswa - 23 March 2020
Home Learning di Tengah Pandemi Covid-19 - SMPK 4...
Aktivitas Siswa - 02 September 2020
P4RT (P4 Real Talent) 2020
Aktivitas Siswa - 08 November 2019
Pengalaman Jonathan (9G) Mendaki Gunung ELBRUS
Aktivitas Siswa - 27 July 2020
PLS SMPK 4 PENABUR Jakarta "SaHABAT" P4
Aktivitas Siswa - 28 August 2020
Semarak Kemerdekaan RI Ke-75th di Tengah Pandemi

Choose Your School