Retreat Siswa Kelas 6

Event - 11 October 2019
Retreat Siswa Kelas 6

Kata ‘Retret’ berasal dari kata dalam bahasa Inggris ‘retreat’, yang berarti menarik diri atau mengasingkan diri. Dari arti hurufiah itu, diambil pengertian yang dipakai secara umum yaitu menarik diri atau mengasingkan diri dari keramaian atau dari kesibukan rutin dan pergi ke suatu tempat yang tersendiri dan sepih selama waktu tertentu untuk beristirahat atau untuk memusatkan perhatian pada hal-hal atau tugas pelayanan khusus. Secara khusus, Retret di SDK BPK PENABUR Cicurug diartikan sebagai kegiatan mengasingkan diri dengan maksud untuk membentuk, membina dan memelihara iman dan kepribadian siswa-siswi kelas 6. Pola pembinaan melalui Retret telah dilakukan oleh Yesus beserta murid-muridNya. Cukup sering Yesus mengajak dan bersama murid-muridNya meninggalkan keramaian dengan tugas dan pelayanan mereka dan mengasingkan diri atau pergi ke tempat tersendiri dan sunyi. Di tempat ini mereka berdoa, menyanyikan pujian-pujian dan bercakap-cakap tentang hidup dan pelayanan mereka selanjutnya. (Lihat: Mat 6:31; Mark 3:7 dan 13; 4:1; 6:46-47; 9:2; dan 14:32).

Retret yang dilakukan di tempat yang sepi dan bebas dari keramaian akan membantu para siswa-siswi kelas 6 untuk dapat memusatkan perhatian dan melihat dengan cermat persoalan-persoalan yang menjadi pergumulan hidupnya untuk kemudian membaharui sikap dan tingkah lakunya dengan sesama dan khususnya dengan Tuhan. Retret menjadi tempat mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri, baik secara pribadi di dalam diri masing-masing yang dilakukan melalui perenungan-perenungan pribadi, maupun di dalam kelompok melalui bermacam  kegiatan.

Dalam kegiatan Retreat, siswa-siswi kelas 6 diajak untuk menemukan kemampuan-kemampuan atau talenta-talenta baru di dalam diri mereka dan di dalam kelompok sehingga kegiatan retreat mampu menjembatani jalinan hubungan yang lebih pribadi dan akrab; serta dapat membicarakan masalah-masalah yang dihadapi, baik pribadi maupun pelajar.

Kegiatan Retreat Kelas 6 SDK BPK PENABUR Cicurug pada tahun ini diselenggarakan di Kinasih Resort & Conference, Jalan Raya Sukabumi KM.17 Caringin-Bogor, Jawa Barat. Kegiatan Retreat kali ini diberi tema “ Dare to Change “ dengan harapan siswa-siswi dapat menghayati makna perubahan diri ke arah yang lebih baik. Siswa-siswi antusias dalam melakukan segala kegiatan retreat yang banyak mendapat dukungan dari pengurus yayasan.

Penanaman iman dan budi pekerti yang baik yang selalu diupayakan oleh bapak dan ibu guru kiranya akan dituai dalam kehidupan para siswa-siswi SDK BPK PENABUR Cicurug ketika kelak mereka dewasa. Sebuah kebanggaan bagi bapak dan ibu guru jika siswa-siswinya sukses dan berakhlak baik dalam kehidupannya. Tuhan memberkati.

 

Tags:

Choose Your School