Juara III Jurusan MIPA - Tahun 2020 - Dea Gloria Anggreni Natalie (12 MIPA 2)

Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 May 2020

 

Nama Lengkap : Dea Gloria Anggreni Natalie

Kelas                  : XIIA2

Tahun lulus       : 2020

Predikat            :  Juara 3 Jurusan MIPA

           

            Berbicara soal pengalaman positif yang saya peroleh dari SMAK HI, sebenarnya lumayan banyak. Namun, hal yang paling berkesan adalah cara berorganisasi dan menyampaikan pendapat. Salah satu contohnya adalah saya menjabat selama 2 periode di OSIS. Nah, selain dari OSIS, saya juga menjadi panitia untuk event besar SMAK HI, yaitu EXCELSIOR. Tiga tahun berturut-turut menjadi panitia, divisinya berbeda-beda pula. Bagaimana dengan kegiatan belajarnya, apa tidak terganggu? Mungkin banyak yang mengira ketika sibuk kegiatan organisasi, kita lupa dengan tugas-tugas sekolah kita. Saya tentunya tidak lupa untuk mengerjakan tugas yang cukup banyak dengan Penilaian Harian (PH) yang hampir setiap hari, sedangkan masih ada kegiatan di luar seperti kepanitiaan tadi. Tak hanya itu, saya juga mengikuti ekstrakurikuler yang berbeda setiap tahunnya, mulai dari Pramuka, Debat, Teater, dan pernah menjadi salah satu anggota Cantate Choir.

            Sedikit sharing soal pengalaman lomba, saya pernah mengikuti lomba debat di SMAK PENABUR Kota Wisata. Ketika pada fase semifinal, tim kami diadu dengan tim yang dari SMAK HI juga. Jadi, salah satu dari tim AHI harus gugur. Tim yang gugur adalah tim saya. Dari hal ini saya belajar untuk tetap lapang dada dan profesional mengenai hasil yang didapatkan. Pengalaman lain yang cukup berkesan adalah ketika bergabung dengan Cantate Choir. Saya dilatih keras untuk disiplin terhadap waktu dan bersungguh-sungguh pada saat latihan. Hasilnya adalah Cantate Choir mendapatkan 2 gold medal dan 1 silver medal pada ajang Bali International Choir Festival (BICF). Selain itu, saya mendapatkan pengalaman positif tentang berani mencoba suatu hal yang baru. Hal ini saya dapatkan ketika guru Mandarin saya menawarkan untuk ikut lomba “Quiz Bahasa Mandarin” di Universitas Gunadarma. Karena selama ini saya mendengarkan guru di kelas Mandarin, saya tidak kesulitan mengerjakan soal dalam waktu yang singkat dengan jawaban yang tepat, maka saya mendapatkan juara I untuk lomba tersebut. Puji Tuhan.

            Selain pengalaman positif, saya melihat ada keunikan dari SMAK PENABUR Harapan Indah yang mengembangkan diri saya selama ini. Keunikan tersebut adalah adanya program-program tahunan seperti Character Camp, Bina Iman, Karyawisata, EXCELSIOR, dan Education Fair. Mungkin seluruh PENABUR mengadakan program-program serupa seperti ini. Namun, hal yang menjadikan SMAK HI berbeda adalah program tersebeut cukup lengkap dan sesuai dengan kebutuhan siswa-siswinya. Misalnya, karyawisata dari SMAK HI tahun saya ini melakukan kunjungan universitas di Bandung, seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, dan Universitas Maranatha. Tidak semua sekolah mendapatkan kesempatan yang sama. Ditambah lagi, pada ajang Education Fair, universitas-universitas yang datang juga cukup menarik dan bisa menambah wawasan siswa. Oleh karena itu, saya merasa SMAK HI telah memberikan usaha yang baik dalam memerancang masa depan lulusannya.

            Bagaimana saya mendapatkan prestasi selama ini? Sebelum itu, ada baiknya saya mengutarakan dulu prestasi yang dimaksud di sini seperti apa. Banyak sekali orang yang berpikiran sempit terhadap prestasi itu sendiri karena menganggap prestasi itu erat kaitannya dengan nilai akademis. Menurut saya sendiri, prestasi dapat dicapai semua orang sesuai dengan kemampuannya masing-masing asalkan itu tujuannya positif. Nah, ini erat kaitannya dengan hal-hal positif yang saya dapatkan di SMAK HI.

Dari sejumlah prestasi yang saya sebutkan di atas, kuncinya adalah berani mencoba hal baru. Hal yang terjadi pada saya adalah hal yang tidak saya duga, tetapi saya berusaha untuk mampu melakukannya, baik hal yang suka maupun hal yang tidak saya sukai. Kalau kita tidak menyukai suatu hal, jangan putus asa, tetapi lakukan latihan yang terus-menerus sehingga timbul rasa suka itu. Di sisi lain, untuk hal yang kita sukai, tetap konsisten dalam mempelajari dan menguasainya.

            Mungkin sharing lagi nih, saya adalah salah satu orang yang gagal tes seleksi masuk NTU dan NUS 2020. Saya terus berjuang keras untuk mendapatkan nilai yang baik selama saya bersekolah di SMAK HI. Melalui nilai-nilai yang saya kumpulkan selama ini, saya berhasil mendapatkan offer dari Singapore Institute of Management yang terafiliasi dengan London School of Economics jurusan Data Science & Business Analytics. Menurut sebagian besar orang, masuk ke jurusan ini di LSE tidak mudah karena persaingannya cukup ketat dan saat ini lulusannya sangat dicari-cari orang. Kabar baiknya lagi, waktu studi kuliah ini hanya dalam 3 tahun. Justru karena kegagalan menuju NTU dan NUS itulah yang membuat saya bisa masuk ke sini dan itu didukung usaha saya selama di pembelajaran di kelas 10 – 12.

Untuk adik-adik kelasku baik yang sekarang masih di SMAK HI maupun yang nanti akan masuk, saya ingin berpesan jangan takut jika kita sudah berusaha dan hasilnya tidak sesuai dengan keinginan kita. Itu semua

sudah Tuhan rencanakan yang terbaik untukmu. Berusaha itu perlu dan sisanya serahkan kepada Tuhan. Dengan begitu, kita tidak akan kecewa karena pemberian Tuhan sudah pasti yang terbaik. Tetap semangat buat proses studinya selama di SMAK HI, Tuhan memberkati.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 May 2020
PELEPASAN SISWA ANGKATAN X
Berita BPK PENABUR Jakarta - 19 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 2 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 20 August 2021
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Countdown AMAZING BENEFIT- 1 Days to go
Berita BPK PENABUR Jakarta - 21 May 2020
LIBUR Kenaikan Isa Almasih
Berita BPK PENABUR Jakarta - 30 May 2020
Juara I Jurusan MIPA - Tahun 2020 - Kezia Alverta...
BERITA LAINNYA - 12 January 2021
Aksi Sosial Bina Iman Kelas XI 2020-2021
BERITA LAINNYA - 09 January 2021
Parents Gathering SMAK HI 9 Januari 2021
BERITA LAINNYA - 03 February 2021
PROJECT PELEPAS DAHAGA
PROJECT PELEPAS DAHAGA
BERITA LAINNYA - 01 February 2021
PELANTIKAN OSIS PERIODE 2021
BERITA LAINNYA - 04 February 2021
Ucap Syukur Pada Allah Setiap Hari - PA Guru BPK ...
BERITA LAINNYA - 11 April 2022
Vacation in Bali
BERITA LAINNYA - 12 April 2022
Greedy Palace
Greedy Palace
BERITA LAINNYA - 12 April 2022
Twenty Five Diamonds of Kindness
Twenty Five Diamonds of Kindness
BERITA LAINNYA - 16 April 2022
KESUNYIAN YANG MEMULIHKAN
KESUNYIAN YANG MEMULIHKAN
BERITA LAINNYA - 14 April 2022
Blessed-Cursed Chest
Blessed-Cursed Chest
BERITA LAINNYA - 18 August 2023
19 Siswa SMAK PENABUR Harapan Indah, penerima Anu...
BERITA LAINNYA - 18 August 2023
Daily Inspiration, 18 Agustus 2023
Daily Inspiration, 18 Agustus 2023
BERITA LAINNYA - 20 August 2023
Daily REMINDER, Minggu 20 Agustus 2023
Daily REMINDER, Minggu 20 Agustus 2023
BERITA LAINNYA - 19 August 2023
Proklamasi dan Makna Kemerdekaan, sebuah Essay..
Proklamasi dan Makna Kemerdekaan, sebuah Essay..
BERITA LAINNYA - 28 August 2023
Ibadah Bersama , 28 Agustus 2023 : Bertumbuh dala...
Ibadah Bersama , 28 Agustus 2023 : Bertumbuh dala...
BERITA LAINNYA - 01 December 2023
Berkolaborasi lewat Choipan...
BERITA LAINNYA - 02 December 2023
Nasi Kuning Banjarmasin...
Nasi Kuning Banjarmasin...
BERITA LAINNYA - 03 December 2023
Sei Sapi, siapa yang mau??
 Sei Sapi, siapa yang mau??
BERITA LAINNYA - 04 December 2023
Pertama kali memasak Soto Lamongan
Pertama kali memasak Soto Lamongan
BERITA LAINNYA - 06 December 2023
Mie Gomak, Horasss...
Mie Gomak, Horasss...

Choose Your School

GO