Salam sejahtera bagi kita semua,


Civitas Akademik SMAK 1 BPK PENABUR Bandung yang saya kasihi saat ini kita memasuki suatu era dimana tingkat persaingan begitu ketat. Kita tidak hanya bersaing di tingkat lokal, namun seiring dengan perkembangan teknologi informasi, persaingan telah masuk ke tingkat global. Ke depan kita semua dituntut untuk lebih siap jika tidak mau tertinggal dan tereliminasi ditengah perkembangan jaman. Apa saja yang perlu kita siapkan ? Saya mencatat setidaknya ada 5 kompetensi di abad 21 yang perlu kita terus kembangkan, diantaranya: critical thinking, creativity, collaboration, communication, dan penguasaan ICT. Untuk itu kegiatan pembelajaran di lingkungan SMAK 1 diusahakan selalu mengacu pada hal-hal tersebut sehingga diharapkan para lulusan SMAK 1 akan menjadi pribadi-pribadi yang unggul di tengah masyarakat.

 

Hal yang tidak kalah penting adalah pendidikan spiritual dan pendidikan karakter bagi para siswa. Saya berharap civitas akademika SMAK 1 BPK PENABUR adalah pribadi yang unggul bukan hanya dalam sisi intelektualitas namun juga unggul dalam hal karakter. Salah satu program sekolah untuk mengembangkan pribadi yang unggul adalah program 5S singkatan dari senyum-salam-sapa-sopan-santun. Melalui program ini diharapkan keluarga besar SMAK 1 BPK PENABUR menjadi ikon positif di tengah-tengah masyarakat yang semakin individualistis dan tidak peduli pada sesama. Hal ini sesuai dengan motto sekolah SMAK 1 "B-E-D-A” yang merupakan singkatan dari Brilliant, Excellence Education, Dare to Innovate dan Admirable Attitude. Mengandung makna SMAK 1 ingin menunjukkan eksistensinya melalui kelebihan-kelebihan dan perbedaan-perbedaan positif yang dimilikinya dibandingkan sekolah-sekolah lainnya baik dalam hal akademik dan karakter.

 

Saya berharap motto ini bukan hanya menjadi sebatas motto namun menjadi spirit di tengah-tengah keluarga besar SMAK 1. Hal terakhir yang ingin saya tekankan adalah masalah kedisiplinan. Mari kita belajar dari negara-negara maju seperti Singapura dan Jepang dimana individu-individunya memiliki disiplin diri yang tinggi. Mereka bisa demikian maju karena masyarakatnya memiliki kesadaran disipliln yang tinggi. Mantan PM Singapura, Lee Kwan Yew pernah berkata jika kita memiliki tujuan namun kita tidak memiliki kedisiplinan maka kita akan sulit mengejar tujuan kita tersebut. Kedisiplinan yang terbaik muncul dari dalam diri kita sendiri, bukan kedisiplinan yang dipaksakan. Marilah kita menjadi pribadi-pribadi yang berpikiran bahwa kedisiplinan membantu kita menjadi lebih baik dan lebih maju. Sukses selalu untuk segenap komunitas SMAK 1 , Immanuel kiranya Tuhan senantiasa beserta dengan kita.

 

Kepala Sekolah SMAK 1 BPK PENABUR

Stephanus Abednego, S.T., M.Kom.

 

 

 

 

STUDENTS ACHIEVEMENT

 

 

Highlight News

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Yayasan

NEWS - 13 July 2020
Pesan Yayasan BPK PENABUR

SMAK 1 BPK PENABUR

2019 - 03 May 2019
GUBERNUR JABAR BERIKAN MOTIVASI DI “Murba Winaya ...

SMAK 1 BPK PENABUR

2019 - 14 February 2019
SAGARMATHA 2.0 - SMAK 1 BPK PENABUR BANDUNG

SMAK 1 BPK PENABUR

2019 - 10 January 2019
SHARING ALUMNI SMAK 1 BPK PENABUR BANDUNG

Choose Your School