WELCOME TO SDK PENABUR BANDA

 

Sebagai satu-satunya sekolah Indonesia di kota Bandung dengan status IB World School, SDK PENABUR Banda mengimplementasikan Program Dasar International Baccalaureate Organization (IBPYP) atau yang dikenal dengan sebutan Primary Years Programme. Pada bulan Mei 2014 lalu, SDK PENABUR Banda mendapatkan kunjungan Tim IBO dalam rangka “PYP Evaluation Visit” yang bertujuan untuk menilai kembali pelaksanaan program IBPYP di sekolah. Kunjungan ini juga membuktikan bahwa program unggulan IBPYP yang diterapkan di SDK PENABUR Banda berjalan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh IBO.

 

Selain program unggulan yang diterapkan dengan mengedepankan penggunaan Bahasa Inggris dan keterampilan berpikir, SDK PENABUR Banda juga tetap menerapkan Kurikulum Nasional KTSP. Di tahun pelajaran ini, KTSP diterapkan sedemikian rupa dengan dipadukan dalam program unggulan IBPYP. Alhasil KTSP semakin kaya dan penuh warna dalam proses belajar mengajar yang terjadi di kelas.
Pembelajaran siswa menjadi semakin aktif, inovatif, kreatif dan menarik. PAKEM ini juga menjadikan para siswa semakin menyenangi proses belajar (joy learning). PAKEM juga diterapkan dalam program unggulan yang berbasis konsep, inkuiri dan IT. Penerapan pembelajaran konsep mengacu pada delapan konsep utama dari IBPYP yakni,
1. Bentuk (Form)
2. Fungsi (Function)
3. Sebab-Akibat (Causation)
4. Perubahan (Change)
5. Hubungan (Connection)
6. Perspektif (Perspective)
7. Tanggung-Jawab (Responsibility)
8. Refleksi (Reflection)
Selain berbasis konsep, pembelajaran di SDK PENABUR Banda juga berbasis IT. Hal ini menjadikan kegiatan belajar mengajar yang berlangsung menjadi makin modern dan menarik.

 

Tenaga pendidik (guru) dan tenaga kependidikan di SDK PENABUR Banda adalah tenaga pilihan professional di bidangnya, dan mendapatkan pelatihan dan pengembangan diri berkelanjutan. Semua guru telah mendapatkan training penerapan program unggulan IBPYP karena hal ini menjadi persyaratan utama dalam implementasi program ini. Selain itu, Kepala Sekolah SDK PENABUR Banda merupakan seorang Trainer IBPYP yang sudah berpengalaman membawakan pelatihan tentang program IBPYP di kawasan Asia Pasifik, serta ikut aktif dalam pengembangan kurikulum baik di tingkat lokal, nasional dan internasional.

 

Para tenaga pendidik dan kependidikan di SDK PENABUR Banda juga menerapkan nilai-nilai Kristiani dalam mendidik, melayani dan membimbing anak didik di SDK PENABUR Banda. Sehingga, selain secara akademik para siswa mendapatkan program yang terbaik, secara non akademik pun, para siswa ini akan dibimbing secara terus-menerus dalam mengenal dan melayani Tuhan. Program sekolah disusun sedemikian rupa sehingga dapat menjadikan para siswa siap melanjutkan di sekolah lebih tinggi dengan tetap terus mengembangkan sikap belajar sepanjang hayat. Dengan pendekatan belajar berbasis konsep, inkuiri dan teknologi (IT), setiap kelas akan belajar tentang konsep sebagai patokan utama dalam kegiatannya.

Highlight News

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

Yayasan

NEWS - 13 July 2020
Pesan Yayasan BPK PENABUR

Choose Your School