Kasih Mengalahkan Segalanya

BERITA LAINNYA - 02 February 2021

Kasih Mengalahkan Segalanya

Orang bilang cinta itu buta. Dulu gue bertanya-tanya kenapa cinta itu buta. Apakah cinta itu bisa membuat orang menutup mata melihat keadaan orang lain yang dia cintai? Atau apa maksudnya cinta itu bisa benar-benar membuat mata orang buta?

Gue teringat akan hakikat manusia yang memang sudah pasti berdosa. Ada seseorang yang tetap memandang manusia yang hina itu tetap terlihat baik, yaitu Tuhan Yesus. Alasannya jelas tertulis dalam Yoh 3:16. Dalam hal ini gue bukan bermaksud memaksa orang untuk mencintai orang lain sebesar Tuhan Yesus mengasihi manusia, melainkan gue mau ajak kita melihat alasan Tuhan Yesus sampai Dia rela mati di kayu salib untuk menebus manusia dari dosa dan kita bisa belajar untuk melakukannya dalam kehidupan kita. Mungkin kalau Tuhan Yesus itu egois, Dia bisa saja melihat manusia yang selalu berbuat dosa tanpa menyadari betapa besar kasihNya kepada manusia sehingga membuat Dia tidak mau berkorban bagi manusia berdosa. Ibaratnya, manusia tidak tahu diri. Sudah dikasihi dengan kasih yang sangat besar, tetapi manusia tidak sadar ada Tuhan Yesus yang memiliki kasih yang sangat besar kepadanya sehingga manusia tetap melakukan dosa. But you know what? KasihNya mengalahkan segalanya. KasihNya mengalahkan rasa egoisNya. KasihNya mengalahkan hati yang akhirnya tetap mau berkorban meskipun manusia terus melakukan dosa.

Sebenarnya dalam hubungan kita dengan orang yang kita kasihi, kita bisa belajar untuk menerapkan prinsip mengasihi seperti yang Tuhan Yesus lakukan untuk manusia. Mungkin orang yang berpikiran negatif akan mencibir kita bahwa kita dibutakan oleh cinta. Cibiran-cibiran seperti “Serius lo mau terima dia? Dia kan begini. Dia kan begitu.” “Cinta itu buta, bro. Jangan-jangan kambing dibedakin juga lo mau.” “Lo masih mau maafin dia? Dia kan udah begini begitu.” akan terdengar di telinga kita. Namun jika dilihat dari sudut pandang yang positif, itulah cara kita belajar mengasihi orang yang kita kasihi meskipun memiliki banyak kekurangan. Sekarang bagaimana dengan pasangan lo? Apa dia sempurna? Seberapa besar kesalahan yang dia lakukan atau dulu pernah lakukan?

Kalau pertanyaan di atas sudah dijawab, muncul pertanyaan berikutnya. Apakah lo mengasihi dia? Seberapa besar lo mengasihi dia? Tetapi jangan bandingkan seperti besarnya kasih Tuhan Yesus untuk manusia ya. Maksud gue nanya itu adalah besarnya kasih yang lo miliki itu sudah bisa mengalahkan rasa kesal atau benci yang lo rasakan nggak? Memang sewajarnya lo kesal. Memang sewajarnya lo benci. Mungkin dia nggak layak juga untuk mendapatkan lo yang lo piker lebih sempurna dari dia. Tetapi kalau lo mau belajar cara Tuhan Yesus mengasihi, harusnya rasa kasih yang lo miliki ke dia bisa mengalahkan semua rasa kesal dan benci itu, sehingga dia pantas dan layak untuk mendapatkan kasih syang lo.

Nah, buat lo yang sedang galau apa mau menerima dia atau enggak jadi kekasih, hal di atas tentu jangan juga membuat lo menutup mata ya. Tetap harus berpikir rasional dan realistis tentang keadaan si dia. Kalau menurut lo, lo bisa rendah hati dan sanggup mengasihi orang yang seperti itu, ajak dia sama-sama belajar mengasihi supaya bisa saling menguatkan di tengah-tengah banyaknya kekurangan yang ada. Buat lo yang udah jadian, yuk praktikkan sama-sama cara mengasihi seperti ini. Ya mungkin susah, tetapi namanya juga belajar. Kalau memang serius dan benar-benar mengasihi, pasti bisa. Sebisa mungkin kita berusaha agar memiliki kasih seperti Tuhan Yesus. (Septian Bonardo-Guru Bahasa Inggris)

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 20 May 2020
Ujian Praktik TA 2019-2020
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 29 January 2021
Pelantikan Anggota Paskibra
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 29 January 2021
Pelantikan PMR
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 01 February 2021
Ibadah Spekta: Membuka Ruang
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 29 January 2021
Pelantikan Pramuka SMAK PENABUR Kota Wisata
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 10 May 2021
Upacara AKW
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 07 May 2021
Wisuda Angkatan VI SMAK PENABUR Kota Wisata
Wisuda Angkatan VI SMAK PENABUR Kota Wisata
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 08 May 2021
PERGELARAN DRAMA: WANDERLUST FOREST OF MAGIC
PERGELARAN DRAMA: WANDERLUST FOREST OF MAGIC
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 01 June 2021
UPACARA HARI LAHIR PANCASILA
UPACARA HARI LAHIR PANCASILA
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 03 June 2021
SPEKTA IBADAH MENJELANG PAT 2021
SPEKTA IBADAH MENJELANG PAT 2021
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 03 June 2020
SPEKTA TALK
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 09 July 2020
PLS SMAK PENABUR Kota Wisata
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 10 July 2020
PLS Hari 1 SMA Kristen PENABUR Kota Wisata
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 12 July 2020
PENGUMUMAN PLS DAY 1 (SENIN 13 Juli 2020)
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 14 July 2020
Absensi PLS SMA Kristen PENABUR Kota Wisata Hari 3
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 26 October 2020
Kebaktian Bulanan SMAK PENABUR Kota Wisata
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 02 November 2020
Kebaktian Bulanan siswa siswi SMAK PENABUR Kota W...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 09 November 2020
Upacara Online SMAK PENABUR Kota Wisata
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 16 November 2020
Kebaktian persiapan PAS
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 28 November 2020
Parent Cell Group (PCG)
BERITA LAINNYA - 15 January 2021
Allah Mengenalku
BERITA LAINNYA - 21 January 2021
Stubborn
BERITA LAINNYA - 22 January 2021
Pengertian Yang Murni
BERITA LAINNYA - 28 January 2021
Otoritas Allah
BERITA LAINNYA - 29 January 2021
Tidak Terbawa Arus

Choose Your School