Leadership Day "MAN FOR OTHERS"

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 26 April 2021

Ciri khas dari SMAK PENABUR Kota Wisata adalah kepemimpinan. Leadership Day menjadi salah satu kegiatan rutin tahunan yang mendukung terwujudnya peserta didik dengan karakter kepemimpinan tersebut. Tahun lalu, kegiatan leadership Day  ini tidak dapat dilakukan karna pelaksanaan yang tidak memungkinkan dilakukan dalam jaringan, sementara kegiatan dipersiapkan untuk dilaksanakan secara langsung. Hal ini terjadi karena virus covid-19 yang mulai merebak di Indonesia sehingga untuk menghindari munculnya kluster baru covid-19, pelaksanaan Leadership Day 2020 dibatalkan.

 

Perencanaan yang matang akhirnya mengantarkan keyakinan para guru untuk mengadakan Leadership Day 2021. Leadership Day 2021 bertemakan Man for Others  ini diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian para siswa. Leadership Day dilaksanakan pada Senin, 26 April 2021 dalam jaringan. Peserta  Leadership Day 2021 tidak peserta didik SMAK PENABUR Kota Wisata, tetapi juga siswa kelas IX SMPK PENABUR Kota Wisata dan SMPK PENABUR Depok. Pukul 06.30 WIB, para siswa bergabung di zoom dan mengikuti renungan pagi. Pukul 07.00 WIB, Bapak Bartholomeus Diaz selaku ketua panitia pelaksana dan Bapak Yanner, Kepala SMAK PENABUR Kota Wisata, menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka seluruh rangkaian kegiatan secara resmi. Adapun pewara dalam kegiatan ini adalah Ibu Melina Purba.

Kegiatan utama Leadership day terdiri dari seminar dan kelas workshop. Narasumber atau pembicara pada seminar adalah Ibu Pendeta Grace Bustami. Seminar leadership berlangsung selama 90 menit. Pendeta Grace tidak hanya memberikan materi terkait dengan tema Leadership day: Man for Others, beliau juga memberikan kuis di sela materi yang diberikan. Siswa yang mampu merespon dengan baik terhadap pertanyaan yang diberikan akan mendapatkan hadiah berupa vouchher ovvo atau gopay dari panitia pelaksana. 

Kegiatan utama yang kedua adalah kelas workshop. Terdapat tiga belas workshop yang ditawarkan kepada seluruh siswa, masing-masing siswa memilih workshop yang paling diminati. Adapun tiga belas workshop yang ditawarkan antara lain workshop otomotif, musisi, digital marketing and personal branding, manga, public speaking, cooking class, fashion design, make up, magician, travel vlogger and video editing, digital animation, desain komunikasi visual (DKV), dan investasi. Seluruh narasumber dari setiap workshop  merupakan persona yang ahli dalam bidangnya. 

Seluruh kelas workshop berlangsung selama 120 menit, dimulai pukul 09.30-11.30 WIB. Selain pembicara dan para siswa, di kelas workshop juga ada beberapa guru yang ikut bergabung, baik sebagai moderator dalam worksop maupun sebagai peserta. Secara umum, kegiatan workshop di setiap kelas terdiri dari perkenalan, penyampaian materi, tanya jawab, dan workshop sesuai dengan bidang.

Setelah mengikuti workshop, peserta berkumpul kembali di zoom utama. Di sini, panitia menyampaikan ketentuan workshop project. Workshop Project adalah kagiatan kompetisi yang dilakukan oleh peserta secara berkelompok dengan cara memberikan materi workshop yang telah mereka ikuti kepada teman-teman yang lain (menggunakan zoom). Kegiatan ini dikemas dalam bentuk video dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh panitia.

Seluruh kegiatan Leadership Day 2021: Man for Others berakhir pada pukul 13.00 WIB. Kegiatan diakhir dengan penyampaian terima kasih oleh panitia pelaksana dan doa penutup. Semoga setiap pihak yang terlibat, baik peserta, pembicara, ibu bapak guru, dan juga panitia memperoleh manfaat dari kegiatan ini. Percayalah bahwa setiap orang dianugerahi rahmat untuk menjadi pemimpin, minimal memimpin diri sendiri. Setelah kita mampu memimpin diri sendiri, kita juga diharapkan mampu menjadi pemimpin bagi orang lain dan seorang pemimpin sudah selayaknya mampu mengasihi dan menjadi “pelayan” bagi sesamanya. Manusia yang berguna adalah manusia yang memberi manfaat bagi orang lain.

Sampai jumpa di Leadership Day 2022! (Juliana Nainggolan)

Tags:

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 20 May 2020
Ujian Praktik TA 2019-2020
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 29 January 2021
Pelantikan Anggota Paskibra
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 29 January 2021
Pelantikan PMR
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 01 February 2021
Ibadah Spekta: Membuka Ruang
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 29 January 2021
Pelantikan Pramuka SMAK PENABUR Kota Wisata
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 10 May 2021
Upacara AKW
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 07 May 2021
Wisuda Angkatan VI SMAK PENABUR Kota Wisata
Wisuda Angkatan VI SMAK PENABUR Kota Wisata
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 08 May 2021
PERGELARAN DRAMA: WANDERLUST FOREST OF MAGIC
PERGELARAN DRAMA: WANDERLUST FOREST OF MAGIC
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 01 June 2021
UPACARA HARI LAHIR PANCASILA
UPACARA HARI LAHIR PANCASILA
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 03 June 2021
SPEKTA IBADAH MENJELANG PAT 2021
SPEKTA IBADAH MENJELANG PAT 2021
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 03 June 2020
SPEKTA TALK
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 09 July 2020
PLS SMAK PENABUR Kota Wisata
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 10 July 2020
PLS Hari 1 SMA Kristen PENABUR Kota Wisata
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 12 July 2020
PENGUMUMAN PLS DAY 1 (SENIN 13 Juli 2020)
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 14 July 2020
Absensi PLS SMA Kristen PENABUR Kota Wisata Hari 3
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 26 October 2020
Kebaktian Bulanan SMAK PENABUR Kota Wisata
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 02 November 2020
Kebaktian Bulanan siswa siswi SMAK PENABUR Kota W...
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 09 November 2020
Upacara Online SMAK PENABUR Kota Wisata
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 16 November 2020
Kebaktian persiapan PAS
BERITA BPK PENABUR JAKARTA - 28 November 2020
Parent Cell Group (PCG)
BERITA LAINNYA - 15 January 2021
Allah Mengenalku
BERITA LAINNYA - 21 January 2021
Stubborn
BERITA LAINNYA - 22 January 2021
Pengertian Yang Murni
BERITA LAINNYA - 28 January 2021
Otoritas Allah
BERITA LAINNYA - 29 January 2021
Tidak Terbawa Arus

Choose Your School