BINA KARAKTER SISWA KELAS 7

News - 10 October 2022

Bina Karakter menjadi salah satu program unggulan yang dimiliki SMP BPK PENABUR Cianjur. Program ini dilaksanakan sesuai jenjang dengan fokus pembentukan karakter yang berbeda. Dimulai dari siswa kelas 7 yang telah melaksakan kegiatan pada tanggal 9 September 2022 dengan tema “AKU ANAK TERANG” melalui tema besar ini kegiatan Bina Karakter Siswa Kelas 7 menjadi anak percaya bahwa dirinya berharga . Tema besar Bina Karakter akan dibagi menjadi beberapa sub tema pada setiap sesinya.

Bina Iman siswa kelas 7 menghadirkan 3 Sesi penguatan bersama 3 fasilitator. Kegiatan ini dimulai dengan Ibadah yang dipimpin oleh Ibu Nenny Simammora, Pengurus yayasan BPK PENABUR Cianjur yang merupakan dosen di STT SAPPI dengan sub tema “Aku Berharga, Aku Anak Terang”.  Dalam ibadah ini siswa belajar untuk meyakini bahwa setiap orang berharga dan merupakan anak-anak terang yang ditunjukkan dengan perbuatan baik. Sesi 1 dipimpin oleh Pnt. Arum Agung Gumilar, calon Pendeta dari GKI Cianjur dengan sub tema “Tubuhku Bait Allah” pada sesi ini memiliki tujuan supaya siswa kelas 7 untuk lebih menghargai diri-sendiri dan menjaga seluruh anggota tubuh dengan baik dimana tubuh kita yang merupakan bait Allah. Sesi yang ke-2 dan ke-3 didampingi oleh Pendeta Samuel dari GKI Cicurug, pada Sesi 2 dengan sub tema “Control Your Self and Be Kind” yang memiliki tujuan agar siswa memilik pengendalian diri yang baik terutama dalam hal mengendalikan emosi nya dan juga menjadi seorang anak yang tidak jemu-jemu berbuat baik walaupun ridak selalu diperlakukan dengan baik dan sesi 3 merupakan Goals dari kegiatan Bina Karakter ini dengan sub tema “Berani Berubah” diharapkan setiap siswa untuk menghilangkan rasa insecure yang ada pada diri mereka dan menemukan kekuatan baru yaang mereka miliki serta mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka. Pada sesi ini siswa juga diajak untuk menuliskan komitmennya untuk menjadi anak – anak terang. Komitmen tersebut ditulis pada kertas yang sudah disediakan dan digantungkan pada pohon komitmen sebagai pengingat, siswa sadar bahwa dirinya adalah anak-anak terang yang ditunjukkan dengan melakukan perbuatan baik dimanapun mereka berada.

                            

Setiap siswa terlihat antusias dalam mengikuti setiap sesi yang diberikan oleh ketiga fasilitator. Untuk meningkatkan ketertarikan siswa pada materi yang dipaparkan, bagi siswa yang aktif akan mendapatkan sebuah reward. Setelah menyelesaikan pemaparan materi, dilanjutkan dengan Games Outdor secara berkelompok yang terbagi menjadi 3 pos dengan 6 team. Pada Sesi Games Outdor setiap pos dipimpin oleh Pak Adi, Pak Ardi dan Ibu Antika untuk melatih kerjasama dan menjalin keakraban bagi siswa kelas 7.

Melalui kegiatan ini diharapkan siswa kelas 7 semakin membentuk karakter berdasarkan nilai-nilai kristiani di tengah dunia ini sama seperti yang tercantum dalam Roma 12 : 2 “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

 

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

News - 10 July 2019
Sekolah Baru Semangat Baru
News - 29 July 2019
HUT BPK PENABUR Ke-69
News - 24 September 2019
Menjadi Pribadi yang Berkarakter
News - 19 October 2019
DIRGAHAYU INDONESIA KE 74
News - 17 October 2019
PERKEMAHAN PRAMUKA MELATIH KEBERANIAN DAN KEMANDI...
News - 19 October 2019
DIRGAHAYU INDONESIA KE 74
News - 17 October 2019
PERKEMAHAN PRAMUKA MELATIH KEBERANIAN DAN KEMANDI...
News - 07 February 2020
Seminar Siswa
Seminar
News - 27 April 2020
Melaksanakan Ujian Online
News - 05 April 2021
Vaksinasi Masal
Vaksinasi Masal
News - 27 April 2020
Melaksanakan Ujian Online
News - 05 April 2021
Vaksinasi Masal
Vaksinasi Masal
News - 20 April 2022
Perayaan Paskah
Paskah
News - 21 April 2022
HARI KARTINI
KARTINI
News - 20 September 2022
ASESMEN NASIONAL
ASESMEN NASIONAL

Choose Your School