ASESMEN NASIONAL

News - 20 September 2022

Pemerintah telah secara resmi menjadikan ANBK adalah sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dan dalam ANBK, proses penilaian tidak sembarangan dilakukan. Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK adalah program penilaian mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan di jenjang dasar dan menengah yang fokus melakukan tindakan evaluasi input, proses, dan output pembelajaran melalui serangkaian tahapan tertentu, kegiatan ini diikuti oleh Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa.

Tahun ini adalah tahun kedua SMP BPK PENABUR Cianjur melaksanakan ANBK, pada kegiatan ini Guru mengisi angket berupa survey lingkungan Belajar (SLB) sedangkan siswa melaksanakan serangkaian test meliputi AKM (Literasi dan Numerasi), survey karakter dan survey lingkungan belajar. Sebelum melaksanakan tes ANBK setiap siswa kelas 8 SMP BPK PENABUR Cianjur mengikuti pelatihan AKM baik dalam hal literasi dan numerasi yang dimulai dari bulan Agustus 2022 secara rutin hingga di bulan September 2022.

Kegiatan ANBK dimulai dari bulan Agustus – September 2022. Pada 11 – 19 Agustus 2022 seluruh Guru SMP BPK PENABUR Cianjur telah melakukan pengisian angket SLB secara mandiri melalui laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/.


Sebelum pelaksanaan ANBK siswa juga mengikuti simulasi ANBK. Simulasi ini diadakan satu hari, untuk memastikan saat ANBK bisa berjalan dengan lancar. Baik itu sistem, jaringan internet, maupun kesiapan peserta didik itu sendiri. Pada simulasi ini siswa mencoba untuk log in ke sistem, melihat tipe – tipe soal dan cara menjawabnya. Pasa simulasi ini dibagi menjadi 3 subtes yaitu Literasi, Numerasi dan SLB yang diwakili 5 orang siswa.

 

Pelaksanaan ANBK terbagi menjadi dua gelombang. SMP BPK PENBUR Cianjur melaksanakannya pada gelombang satu. Pada tanggal 12 -13 September dilaksakan Gladi Bersih ANBK sebagai upaya untuk mempersiapkan siswa saat pelaksanaan ANBK. Pada tanggal 19 -20 September Pelaksanaan ANBK yang terbagi menjadi 2 sesi.

Setiap siswa melaksanakan ANBK dengan baik serta pelaksanaan terbilang lancar pada hari pertama dengan tes literasi dan survey karakter meskipun terdapat sedikit kendala dari server pusat pada hari kedua dengan tes numerasi dan survey lingkungan belajar. Pelaksanaan ANBK ini cukup melatih daya pikir siswa untuk lebih berfikir secara kritis. Diharapakan dengan pelaksanaan ANBK mampu mengembangkan daya pikir siswa SMP BPK PENABUR Cianjur menjadi lebih baik lagi.

 

 

Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR

Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur

News - 10 July 2019
Sekolah Baru Semangat Baru
News - 29 July 2019
HUT BPK PENABUR Ke-69
News - 24 September 2019
Menjadi Pribadi yang Berkarakter
News - 19 October 2019
DIRGAHAYU INDONESIA KE 74
News - 17 October 2019
PERKEMAHAN PRAMUKA MELATIH KEBERANIAN DAN KEMANDI...
News - 19 October 2019
DIRGAHAYU INDONESIA KE 74
News - 17 October 2019
PERKEMAHAN PRAMUKA MELATIH KEBERANIAN DAN KEMANDI...
News - 07 February 2020
Seminar Siswa
Seminar
News - 27 April 2020
Melaksanakan Ujian Online
News - 05 April 2021
Vaksinasi Masal
Vaksinasi Masal
News - 27 April 2020
Melaksanakan Ujian Online
News - 05 April 2021
Vaksinasi Masal
Vaksinasi Masal
News - 20 April 2022
Perayaan Paskah
Paskah
News - 21 April 2022
HARI KARTINI
KARTINI
News - 20 September 2022
ASESMEN NASIONAL
ASESMEN NASIONAL

Choose Your School