PENGARUH SARANA PRASARANA KELAS TERHADAP PRODUKTIVITAS KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
BERITA LAINNYA - 09 April 2025
PENGARUH SARANA PRASARANA KELAS TERHADAP PRODUKTIVITAS KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
XI MIPA 2: Audrey /02, Maricel /25, Vina /35
Sarana pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan, khususnya proses belajar mengajar seperti gedung, ruang kelas, meja-kursi, alat-alat dan media pembelajaran. Adapun yang dimaksud prasarana adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan atau pengajaran seperti halaman, kebun, taman sekolah, dan jalan menuju sekolah. Sedangkan, Menurut Ibrahim Bafadal (2003:2), sarana pendidikan adalah “semua perangkatan peralatan, bahan dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah”. Wahyuningrum (2004:5) ,berpendapat bahwa sarana pendidikan adalah “segala fasilitas yang diperlukan dalam proses pembelajaran, yang dapat meliputi barang bergerak maupun barang tidak bergerak agar tujuan pendidikan tercapai.
Pengadaan sarana prasarana yang terus-menerus berkembang menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung kualitas pembelajaran. Teknologi pendidikan yang terus berinovasi memerlukan fasilitas yang dapat mengakomodasi perkembangan tersebut, seperti perangkat lunak pendidikan dan platform online. Aspek keamanan dan kesehatan siswa juga menjadi fokus, dengan adanya fasilitas yang memenuhi standar, menjadikan ruang kelas nyaman, sistem ventilasi yang baik, dan area olahraga yang aman. Dengan demikian, pembaruan dan pengembangan sarana prasarana memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang berkualitas.
Setelah mendapatkan hasil jawaban angket langkah selanjutnya adalah melakukan pengolahan data. Pengolahan data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif yaitu penjabaran soal angket dan jawaban angket penelitian yang terdiri dari 3 pertanyaan essay dan 7 pertanyaan pilihan dengan hasil 30 respon. Angket disebar untuk mengetahui efektifitas Ruang kelas dan kelengkapan barang yang ada di kelas
- Mayoritas siswa beranggapan kelengkapan sarana dan prasarana kelas mempengaruhi produktivitas kegiatan belajar.
- Viewboard dan temperatur suhu ruangan dinilai sebagai fasilitas paling penting yang harus ada dan baik keadaannya di kelas.
- Peralatan pembelajaran yang modern seperti viewboard meningkatkan motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran di kelas.
- Kondisi suhu fasilitas kelas yang baik akan meningkatkan kenyamanan para siswa sehingga meningkatkan fokus mereka di kelas.
Dari angket yang disebar, dapat diasumsikan bahwa kondisi fasilitas kelas yang baik dan lengkap memiliki dampak signifikan terhadap keterlibatan belajar siswa. Hal ini dikarenakan fasilitas kelas yang memadai menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, memberikan siswa kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Ruang kelas yang nyaman dilengkapi dengan peralatan pembelajaran modern, seperti viewboard yang memotivasi siswa untuk berpartisipasi dan berinteraksi dengan materi pelajaran. Kelengkapan sarana prasarana kelas juga membantu guru dalam menyediakan variasi model pembelajaran yang menarik bagi murid.
Pentingnya kondisi sarana & prasarana kelas juga terkait dengan aspek keamanan dan kesehatan. Ruang kelas yang bersih dan nyaman menciptakan lingkungan yang mendukung keaktifan belajar siswa, memberikan mereka rasa nyaman dan fokus pada proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kondisi fasilitas kelas yang baik dan lengkap bukan hanya mempengaruhi kenyamanan fisik siswa, tetapi juga secara positif memotivasi mereka untuk terlibat aktif dalam proses belajar mengajar.
Sarana prasarana di dalam kelas memiliki dampak signifikan terhadap produktivitas belajar siswa. Guru dan sekolah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan fokus pada perencanaan, pengadaan, dan pengelolaan fasilitas kelas. Dalam perencanaan, analisis kebutuhan yang mendalam dan penentuan prioritas berbasis kurikulum menjadi kunci. Pengadaan sarana prasarana kelas harus memperhatikan penyusunan anggaran yang mencukupi, serta pemilihan peralatan yang mendukung metode pembelajaran inovatif.
Implementasi sarana prasarana di dalam kelas memerlukan keterlibatan guru dalam menyusun dan mengawasi proses tersebut. Pelibatan siswa dalam penggunaan fasilitas juga perlu diperhatikan.
Dengan kelas yang dilengkapi sarana & prasarana yang memadai, kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan produktif. Rencana perencanaan yang matang membantu kita memahami apa yang dibutuhkan, dan pengadaan fasilitas yang tepat membuat kelas menjadi lebih nyaman. Hasilnya, siswa merasa lebih termotivasi dan terlibat, menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran yang berkualitas. Jadi, bisa disimpulkan bahwa sarana prasarana yang baik sangat membantu produktivitas kegiatan belajar mengajar di kelas.
Informasi Terkini seputar sekolah kristen BPK PENABUR
Daftar Indeks Berita Terbaru dari BPK Penabur