Catatan dari Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2019

May 2, 2019 by

Catatan dari Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2019

Para Guru, Siswa, pejabat struktural, operasional, karyawan dan Pengurus yang dikasihi Tuhan,

Hari ini Tanggal 2 Mei 2019, kita semua memperingati Hari Pendidikan Nasional yang tahun ini mengambil tema Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan.

Bagi Yayasan BPK PENABUR yang tahun ini akan memasuki usia yang ke 69, tema HARDIKNAS 2019 kembali mengingatkan kita – sebagai keluarga besar BPK PENABUR di 15 Kota -, bahwa BPK PENABUR mempunyai tanggung jawab yang besar pada Bangsa ini untuk terus berperan aktif mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia sambil terus menjaga serta memelihara keharmonisan keberagaman yang dimiliki Indonesia sebagaimana itu juga dimiliki BPK PENABUR di 15 Kota.

Sungguh menjadi suatu kebanggaan, BPK PENABUR telah ikut berperan dalam pembangunan Sumber Daya Manusia di Indonesia melalui 164 sekolah yang tersebar di 15 Kota serta peran aktif yang telah diemban dalam diri para guru dan karyawan yang saat ini berjumlah 5.442 orang yang secara serius dan sungguh-sungguh mendidik serta mengajar 51.015 siswa mulai dari Jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, Internasional.

HARDIKNAS 2019 ini kembali mengingatkan kita semua pada semboyan yang diperkenalkan Bapak Ki Hadjar Dewantara, Pahlawan Nasional Pendidikan Indonesia, yaitu ” ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani ” ( “di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan”).

Sejak awal setiap insan yang berkiprah di dunia pendidikan sudah dituntut untuk selalu menjadi role-model , panutan, teladan, inspirator bagi orang yang dididiknya. Demikian juga hal yang sama sekarang harus juga menjadi semboyan keluarga besar BPK PENABUR sehingga pekerjaan dan pelayanan BPK PENABUR akan semakin menjadi berkat.

Selain semboyan yang fenomenal itu, Bapak Ki Hadjar Dewantara juga selalu mendeskripsikan ‘Sekolah’ itu sebagai sebuah Taman – karena itu dikenal istilah Taman Siswa -, mengutip pendapat Bapak Muhadjir (Menteri Pendidikan) – merujuk ajaran Ki Hajar Dewantara proses pendidikan adalah taman yang mengasyikkan, bukan menjadi momok dan membuat orang yang terlibat di dalamnya tertekan -.

Ini sejalan dengan upaya keras yang sedang dilakukan dalam pengelolaan sekolah-sekolah dalam lingkup Yayasan BPK PENABUR, supaya sekolah-sekolah menjadi tempat yang ramah dan nyaman buat siswanya maupun gurunya, menjadi rumah kedua yang selalu dirindukan semua orang yang mencintai pendidikan.

Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional 2019, Mari kita :

  • Terus menerus membangun semangat kebersamaan sebagai suatu keluarga besar yang tersebar di 15 kota,
  • Terus menerus meningkatkan kemampuan diri untuk menjadi pendidik-pendidik yang takut pada Tuhan,
  • Terus menerus para siswa rajin belajar dan berkreatifitas menjadi generasi muda yang cinta Tuhan dan bangsanya,
  • Terus menerus semua kita melakukan segala yang terbaik yang harus dilakukan demi kemajuan BPK PENABUR dan untuk Kemuliaan nama Tuhan.

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2019.
Tuhan memberkati selalu kita semua.

Salam,
Adri Lazuardi
Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR